PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DAN LITERASI EKONOMI TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF SISWA KELAS X DAN XI JURUSAN IPS DI SMA JAWAAHIRUL HIKMAH KEC.BESUKI TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2020/2021
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpeunima.v2i2.3162Keywords:
Parents' Socio-Economic Status, Economic Literacy, Consumptive BehaviorAbstract
ABSTRAK
Perilaku konsumtif adalah suatu kegiatan atau tindakan membeli atau menggunakan suatu produk tanpa adanya tindakan atau pertimbangan rasional yang tidak semata-mata untuk memenuhi kebutuhan tetapi hanya untuk memenuhi keinginan atau kepuasan. Dua komponen yang berperan dalam mempengaruhi perilaku konsumtif adalah status sosial ekonomi orang tua dan literasi ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh status sosial ekonomi orang tua dan literasi ekonomi terhadap perilaku konsumtif siswa kelas X dan XI Jurusan IPS SMA Jawaahirul Hikmah Kec. Besuki Tulungagung pada tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, karena data yang diperoleh berupa angka-angka dan analisisnya menggunakan statistik. Populasi terdiri dari siswa kelas X dan XI IPS, sampel dalam penelitian ini adalah 44 siswa dari populasi kelas X dan XI IPS. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji t (parsial) dan uji F (simultan).
Hasil uji t X1 terhadap Y menunjukkan bahwa nilai thitung (2,067) > ttabel (2,020) dan nilai signifikansi 0,045 < 0,05 yang berarti signifikansi menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan Sosial Ekonomi status orang tua terhadap perilaku konsumtif, nilai thitung (2,769) > t tabel (2,020) dan nilai signifikansi 0,008 < 0,05 yang berarti signifikan yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan literasi ekonomi terhadap perilaku konsumtif. Hasil uji F menunjukkan bahwa Fhitung(7.873) > ttabel(3.23) dan nilai signifikansi 0,01 < 0,05 yang berarti signifikan. Hasil analisis data diperoleh persamaan regresi linier berganda sebagai berikut: hasil regresi linier berganda dapat dilihat dari tabel koefisien, persamaan Y = a + b1X1 + b2X2 adalah Y = 27,704 + 0,286X1 + 0,375X2. Koefisien determinasi pada angka R Square pada tabel ringkasan adalah 0,272, hal ini menunjukkan bahwa 27,2% perubahan variabel Y dipengaruhi oleh perubahan variabel X1 dan sisanya 72,8% dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan masukan dan pertimbangan bagi pihak sekolah, guru, siswa, orang tua dan peneliti lainnya.
Kata Kunci: Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Literasi Ekonomi, Perilaku Konsumtif
ABSTRACT
Consumptive behavior is an activity or act of buying or using a product without any rational action or consideration that is not solely to meet needs but only to fulfill desires or satisfaction. Two components that play a role in influencing consumptive behavior are the socioeconomic status of parents and economic literacy. This study aims to measure the effect of parents' socio-economic status and economic literacy on the consumptive behavior of students in class X and XI Social Studies Department at SMA Jawaahirul Hikmah Kec. Besuki Tulungagung in the academic year 2020/2021. This research is a quantitative research, because the data obtained in the form of numbers and analysis using statistics. The population consisted of students of class X and XI Social Studies Department, the sample in this study were 44 students from the population of class X and XI Social Sciences Department. The instrument for data collection in this study used a questionnaire questionnaire. The data analysis technique used was multiple linear regression analysis, t test (partial) and F test (simultaneous).
The results of the t-test X1 against Y indicate that the value of tcount (2.067) > ttable (2.020) and a significance value of 0.045 <0.05, which means that the significance indicates that there is a significant influence of the socioeconomic status of parents on consumptive behavior, the value of tcount (2.769) > t table (2.020) and a significance value of 0.008 <0.05, which means that it is significant, indicating that there is a significant effect of economic literacy on consumptive behavior. The results of the F test show that Fcount(7.873) > ttable(3.23) and a significance value of 0.01 <0.05, which means it is significant. The results of data analysis obtained multiple linear regression equations as follows: the results of multiple linear regression can be seen from the coefficients table, the equation Y = a + b1X1 + b2X2 is Y = 27.704 + 0.286X1 + 0.375X2. The coefficient of determination on the R Square number in the summary table is 0.272, this shows that 27.2% of changes in Y variable are influenced by changes in X1 variables with the remaining 72.8% influenced by other factors. The results of this study can be used as input and consideration for schools, teachers, students, parents and other researchers.
Keywords: Parents' Socio-Economic Status, Economic Literacy, Consumptive Behavior
References
Agustin, L. (2020). Pengaruh Literasi Ekonomi dan Kontrol Diri terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas BHINEKA PGRI Tulungagung Tahun Akademik 2019/2020.
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revi). PT Asdi Mahasatya.
Ghazali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete. Universitas Diponegoro.
Kanserina, D. (2015). Perilaku Konsumtif Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi UNDIKSHA 2015. 1.
Kurniawan, R. Y. (2016). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Literasi Ekonomi terhadap Perilaku Konsumsi Siswa Kelas X IPS di SMA Negeri 2 Tuban.
Nawari. (2010). Analisis Regresi dengan MS EXCEL 2007 dan SPSS 17. PT Elek Media Komputindo.
Nikita, D. A., & Hadi, N. U. (2018). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Rumah Tangga dan Lingkungan Keluarga terhadap Perilaku Konsumtif Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Karangrejo Tahun Ajaran 2017/2018. JURNAL INOVASI PENDIDIKAN EKONOMI. https://doi.org/10.24036/01104480
Nurul Lailiya, S. (2019). Pengaruh status sosial ekonomi rumah tangga danliterasi ekonomi terhadap perilaku konsumtif siswa. Pendidikan Ekonomi, 12(1), 1–9.
Pristian, R. (2016). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Literasi Ekonomi dan Life Style terhadap Perilaku Konsumsi Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi IKIP PGRI Bojonegoro.
Puspitasari, ayu. (2019). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Literasi Ekonomi terhadap Perilaku Konsumsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Pendidikan Ilmu Penegtahuan Sosial IKIP PGRI Bojonegoro.
Rangkuti, P. (2017). Customer Care Excellence. PT. Gramedia Pustaka Utama.
Riduwan. (2010). Dasar- Dasar Statiska. Alfabeta.
Sina, P. G. (2012). Analisis Literasi Ekonomi. Jurnal Economia.
Soekanto, S. (2010). Sosiologi Suatu Pengantar. PT RAJAGRAFINDO PERSADA.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif dan R & D. Alfabeta.
Sujarweni, V. W. (2015). Metodologi Penelitian - Bisnis & Ekonomi.
Sumartono. (2002). Terperangkap dalam Iklan. Alfabeta.
Waryanti, T. (2018). Perilaku Konsumtif Mahasiswa yang Memiliki Usaha dan Tidak Memiliki Usaha (Studi Kasus Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah Angkatan 2016 IAIN Metro). In Jurnal Ekonomi.
Wulandari, A. M. & S. (2018). Pengaruh Literasi Ekonomi dan Gaya Hidup terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswi Ekonomi STKIP YPM Bangko.
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Syara Gita Kusnina, Justia Ernajati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.