PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DAN LITERASI EKONOMI TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF SISWA KELAS X DAN XI JURUSAN IPS DI SMA JAWAAHIRUL HIKMAH KEC BESUKI TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2020 2021
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpeunima.v2i2.3162Keywords:
Parents' Socio-Economic Status, Economic Literacy, Consumptive BehaviorAbstract
ABSTRAK< strong>< p>
Perilaku konsumtif adalah suatu kegiatan atau tindakan membeli atau menggunakan suatu produk tanpa adanya tindakan atau pertimbangan rasional yang tidak semata mata untuk memenuhi kebutuhan tetapi hanya untuk memenuhi keinginan atau kepuasan Dua komponen yang berperan dalam mempengaruhi perilaku konsumtif adalah status sosial ekonomi orang tua dan literasi ekonomi Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh status sosial ekonomi orang tua dan literasi ekonomi terhadap perilaku konsumtif siswa kelas X dan XI Jurusan IPS SMA Jawaahirul Hikmah Kec Besuki Tulungagung pada tahun ajaran 2020 2021 Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif karena data yang diperoleh berupa angka angka dan analisisnya menggunakan statistik Populasi terdiri dari siswa kelas X dan XI IPS sampel dalam penelitian ini adalah 44 siswa dari populasi kelas X dan XI IPS Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner angket Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda uji t parsial dan uji F simultan < p>
Hasil uji t X1 terhadap Y menunjukkan bahwa nilai thitung 2 067 gt; ttabel 2 020 dan nilai signifikansi 0 045 lt; 0 05 yang berarti signifikansi menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan Sosial Ekonomi status orang tua terhadap perilaku konsumtif nilai thitung 2 769 gt; t tabel 2 020 dan nilai signifikansi 0 008 lt; 0 05 yang berarti signifikan yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan literasi ekonomi terhadap perilaku konsumtif Hasil uji F menunjukkan bahwa Fhitung 7 873 gt; ttabel 3 23 dan nilai signifikansi 0 01 lt; 0 05 yang berarti signifikan Hasil analisis data diperoleh persamaan regresi linier berganda sebagai berikut: hasil regresi linier berganda dapat dilihat dari tabel koefisien persamaan Y = a b1X1 b2X2 adalah Y = 27 704 0 286X1 0 375X2 Koefisien determinasi pada angka R Square pada tabel ringkasan adalah 0 272 hal ini menunjukkan bahwa 27 2 perubahan variabel Y dipengaruhi oleh perubahan variabel X1 dan sisanya 72 8 dipengaruhi oleh faktor lain Hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan masukan dan pertimbangan bagi pihak sekolah guru siswa orang tua dan peneliti lainnya < p>
Kata Kunci: Status Sosial Ekonomi Orang Tua Literasi Ekonomi Perilaku Konsumtif< strong>< p>
nbsp;< p>
nbsp;< p>
nbsp;< p>
nbsp;< strong>< p>
ABSTRACT< strong>< p>
Consumptive behavior is an activity or act of buying or using a product without any rational action or consideration that is not solely to meet needs but only to fulfill desires or satisfaction nbsp; Two components that play a role in influencing consumptive behavior are the socioeconomic status of parents and economic literacy nbsp; This study aims to measure the effect of parents socio economic status and economic literacy on the consumptive behavior of students in class X and XI Social Studies Department at SMA Jawaahirul Hikmah Kec Besuki Tulungagung in the academic year 2020 2021 nbsp; This research is a quantitative research because the data obtained in the form of numbers and analysis using statistics nbsp; The population consisted of students of class X and XI Social Studies Department the sample in this study were 44 students from the population of class X and XI Social Sciences Department nbsp; The instrument for data collection in this study used a questionnaire questionnaire nbsp; The data analysis technique used was multiple linear regression analysis t test partial and F test simultaneous < p>
The results of the t test X1 against Y indicate that the value of tcount 2 067 gt; ttable 2 020 and a significance value of 0 045 lt;0 05 which means that the significance indicates that there is a significant influence of the socioeconomic status of parents on consumptive behavior the value of tcount 2 769 gt; nbsp; t table 2 020 and a significance value of 0 008 lt;0 05 which means that it is significant indicating that there is a significant effect of economic literacy on consumptive behavior nbsp; The results of the F test show that Fcount 7 873 gt; ttable 3 23 and a significance value of 0 01 lt;0 05 which means it is significant nbsp; The results of data analysis obtained multiple linear regression equations as follows: the results of multiple linear regression can be seen from the coefficients table the equation Y = a b1X1 b2X2 is Y = 27 704 0 286X1 0 375X2 nbsp; The coefficient of determination on the R Square number in the summary table is 0 272 this shows that 27 2 of changes in Y variable are influenced by changes in X1 variables with the remaining 72 8 influenced by other factors nbsp; The results of this study can be used as input and consideration for schools teachers students parents and other researchers < p>
Keywords: Parents Socio Economic Status Economic Literacy Consumptive Behavior< strong>< p>
References
Agustin L 2020 Pengaruh Literasi Ekonomi dan Kontrol Diri terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas BHINEKA PGRI Tulungagung Tahun Akademik 2019 2020
Arikunto S 2006 Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revi PT Asdi Mahasatya
Ghazali I 2016 Aplikasi Analisis Multivariete Universitas Diponegoro
Kanserina D 2015 Perilaku Konsumtif Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi UNDIKSHA 2015 1
Kurniawan R Y 2016 Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Literasi Ekonomi terhadap Perilaku Konsumsi Siswa Kelas X IPS di SMA Negeri 2 Tuban
Nawari 2010 Analisis Regresi dengan MS EXCEL 2007 dan SPSS 17 PT Elek Media Komputindo
Nikita D A Hadi N U 2018 Pengaruh Status Sosial Ekonomi Rumah Tangga dan Lingkungan Keluarga terhadap Perilaku Konsumtif Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Karangrejo Tahun Ajaran 2017 2018 JURNAL INOVASI PENDIDIKAN EKONOMI https: doi org 10 24036 01104480
Nurul Lailiya S 2019 Pengaruh status sosial ekonomi rumah tangga danliterasi ekonomi terhadap perilaku konsumtif siswa Pendidikan Ekonomi 12 1 1 9
Pristian R 2016 Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua Literasi Ekonomi dan Life Style terhadap Perilaku Konsumsi Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi IKIP PGRI Bojonegoro
Puspitasari ayu 2019 Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Literasi Ekonomi terhadap Perilaku Konsumsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Pendidikan Ilmu Penegtahuan Sosial IKIP PGRI Bojonegoro
Rangkuti P 2017 Customer Care Excellence PT Gramedia Pustaka Utama
Riduwan 2010 Dasar Dasar Statiska Alfabeta
Sina P G 2012 Analisis Literasi Ekonomi Jurnal Economia
Soekanto S 2010 Sosiologi Suatu Pengantar PT RAJAGRAFINDO PERSADA
Sugiyono 2015 Metode Penelitian Kuantitatif dan R D Alfabeta
Sujarweni V W 2015 Metodologi Penelitian Bisnis Ekonomi
Sumartono 2002 Terperangkap dalam Iklan Alfabeta
Waryanti T 2018 Perilaku Konsumtif Mahasiswa yang Memiliki Usaha dan Tidak Memiliki Usaha Studi Kasus Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah Angkatan 2016 IAIN Metro In Jurnal Ekonomi
Wulandari A M S 2018 Pengaruh Literasi Ekonomi dan Gaya Hidup terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswi Ekonomi STKIP YPM Bangko

ÂÂÂÂÂ