STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PADA USAHA KERIPIK SINGKONG MGR DUSUN SELOREJO DESA MLINJON KECAMATAN SURUH KABUPATEN TRENGGALEK TAHUN 2021

Authors

  • Infa Dianita Fitriana Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung
  • Tutut Suryaningsih Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v1i1.3166

Keywords:

Marketing Strategy, SWOT Analysis

Abstract

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan pada Usaha Keripik Singkong MGR. Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif  dengan analisis SWOT dan teknik pengumpulan data terdiri dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini Factor lingkungan internal (kekuatan dan kelemahan) yaitu sumber daya manusia, produk, harga, tempat, dan promosi. Faktor lingkungan eksternal (peluang dan ancaman) yaitu pesaing, bahan baku, konsumen, dan teknologi. Untuk strategi yang digunakan dalam meningkatkan penjualan usaha keripik singkong MGR adalah strategi S-O yaitu menjaga kualitas dan ketersediaan keripik singkong serta memanfaatkan tempat yang ramai, strategi S-T yaitu menambah daerah pemasaran dan meningkatkan produksi dengan menambah keterampilan dan kemampuan. strategi W-O yaitu melakukan kerjasama antar pengusaha dan pengusaha memberi nama pada rombong, dan strategi W-T bekerjasama dengan pemasok bahan baku dan meningkatkan promosi. Strategi yang bisa dibuat pertimbangan untuk meningkatkan penjualan yaitu 1) Segi produk : Menambah rasa yang dibuat secara alami, seperti rasa pedas manis, pedas, dan pedas gurih. 2) Segi Harga : Tetap menjaga kualitas produk. 3) Segi Tempat : Memperluas daerah pemasaran, misal di sekitar Tulungagung. 4) Segi promosi : meningkatkan promosi melalui media sosial seperti instagram dan facebook.

Kata Kunci: Analisis SWOT, Strategi Pemasaran

 

ABSTRACT

 The purpose of this study was to find out how the marketing strategy to increase sales at MGR's Cassava Chips Business. In this study using a qualitative descriptive method with SWOT analysis and data collection techniques consisting of interviews, observations, and documentation. The results of this study are internal environmental factors (strengths and weaknesses) namely human resources, products, prices, places, and promotions. External environmental factors (opportunities and threats) are competitors, raw materials, consumers, and technology. For the strategy used in increasing sales of MGR's cassava chips business is the S-O strategy, namely maintaining the quality and availability of cassava chips and utilizing crowded places, the S-T strategy is adding marketing areas and increasing production by adding skills and abilities. The W-O strategy is to collaborate between entrepreneurs and entrepreneurs to give names to the group, and the W-T strategy is to cooperate with suppliers of raw materials and increase promotions. Strategies that can be considered to increase sales are 1) In terms of products: Adding flavors that are made naturally, such as sweet spicy, spicy and savory flavors. 2) In terms of price: Maintain product quality. 3) Location: Expanding the marketing area, for example around Tulungagung. 4) Promotion: increasing    promotion through social media such as Instagram and Facebook.

Keywords : SWOT Analysis, Marketing Strategy

 

References

Ainul, M. F. (2012). Analisis Strategi Pemasaran pada Sentra Gula Merah. 6–42.

Amalia, A. (2016). Perencanaan Strategi Pemasaran dengan Pendekatan Bauran Pemasaran dan SWOT pada Perusahaan Popsy Tubby. Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 1(3), 297–306.

Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Atmoko, T. P. H. (2018). Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Di Cavinton Hotel Yogyakarta. Journal of Indonesian Tourism, Hospitality and Recreation, 1(2), 83–96. https://doi.org/10.17509/jithor.v1i2.13769

Fatimah, F. N. D. (2020). Teknik Analisis SWOT. Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia.

Kereh, F., Tumbel, A. L., Loindong, S. S. R., Manajemen, J., Sam, U., & Manado, R. (2018). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Motor Yamaha Mio Pada Pt. Hasjrat Abadi Outlet Yamaha Sam Ratulangi. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(2), 968–977. https://doi.org/10.35794/emba.v6i2.20024

Killer, P. K. dan K. L. (2009). Manajemen Pemasaran (Edisi kedu; J. Purba, ed.). Indonesia: PT Macanan Jaya Cemerlang.

Makmur, S. (2015). Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Pada S-Mart Swalayan Pasir Pengaraian). Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos, 3(1), 41–56.

Moelong, L. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda Karya.

Monigir, R., Mandey, S. L., & Ogi, I. W. (2016). Penerapan Strategi Pemasaran Untuk Mencapai Keunggulan Bersaing (Studi Kasus Pada Multi Mart Ranotana Manado). Jurnal EMBA, 4(4), 932–940.

Raco, J. (2018). Metode penelitian kualitatif: jenis, karakteristik dan keunggulannya. https://doi.org/10.31219/osf.io/mfzuj

Shinta, A. (2011a). Manajemen Pemasaran (Cetakan Pe; S. Al Manshur, Ali & Farisi, ed.). Malang, Indonesia: Universitas Brawijaya Press (UB Press).

Shinta, A. (2011b). Manajemen Pemasaran (Cetakan Pe; A. M. dan S. Al Faris, ed.). Retrieved from https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=5OiZDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR5&dq=manajemen+pemasaran&ots=3cmjp9h1F0&sig=bH61pkJsvftzLmn286jsxz3iORQ&redir_esc=y#v=onepage&q=manajemen pemasaran&f=false

Sugiyono. (2015). memahami penelitian kualitatif (cetakan ke). Bandung: Alfabeta CV.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Cetakan ke). Bandung: Alfabeta, CV.

Widharta, W. P., & Sugiharto, S. (2013). Penyusunan Strategi Dan Sistem Penjualan Dalam Rangka Meningkatkan Penjualan Toko Damai. Manajemen Pemasaran Petra, 2(1),1–15. Retrieved from https://www.neliti.com/id/publications/134744/penyusunan-strategi-dan-sistem-penjualan-dalam-rangka-meningkatkan-penjualan-tok

Wisnubroto, P., & Freitas, J. M. (2013). Strategi Pemasaran Guna Meningkatkan Volume Penjualan dengan Pendekatan Technologi Altas Project Method. Strategi Pemasaran Guna Meningkatkan Volume Penjualan Dengan Pendekatan Technologi Altas Project Method, 1(1), 161–168.

Additional Files

Published

2020-06-28

How to Cite

Fitriana, I. D. ., & Suryaningsih, T. . (2020). STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PADA USAHA KERIPIK SINGKONG MGR DUSUN SELOREJO DESA MLINJON KECAMATAN SURUH KABUPATEN TRENGGALEK TAHUN 2021. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 1(1), 44-52. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v1i1.3166

Issue

Section

Articles