STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PADA USAHA KERIPIK SINGKONG MGR DUSUN SELOREJO DESA MLINJON KECAMATAN SURUH KABUPATEN TRENGGALEK TAHUN 2021
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpeunima.v1i1.3166Keywords:
Marketing Strategy, SWOT AnalysisAbstract
ABSTRAK< strong>< p>
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan pada Usaha Keripik Singkong MGR Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif nbsp; dengan analisis SWOT dan teknik pengumpulan data terdiri dari wawancara observasi dan dokumentasi Hasil dari penelitian ini Factor lingkungan internal kekuatan dan kelemahan yaitu sumber daya manusia produk harga tempat dan promosi Faktor lingkungan eksternal peluang dan ancaman yaitu pesaing bahan baku konsumen dan teknologi Untuk strategi yang digunakan dalam meningkatkan penjualan usaha keripik singkong MGR adalah strategi S O yaitu menjaga kualitas dan ketersediaan keripik singkong serta memanfaatkan tempat yang ramai strategi S T yaitu menambah daerah pemasaran dan meningkatkan produksi dengan menambah keterampilan dan kemampuan strategi W O yaitu melakukan kerjasama antar pengusaha dan pengusaha memberi nama pada rombong dan strategi W T bekerjasama dengan pemasok bahan baku dan meningkatkan promosi Strategi yang bisa dibuat pertimbangan untuk meningkatkan penjualan yaitu 1 Segi produk : Menambah rasa yang dibuat secara alami seperti rasa pedas manis pedas dan pedas gurih 2 Segi Harga : Tetap menjaga kualitas produk 3 Segi Tempat : Memperluas daerah pemasaran misal di sekitar Tulungagung 4 Segi promosi : meningkatkan promosi melalui media sosial seperti instagram dan facebook < p>
Kata Kunci: Analisis SWOT Strategi Pemasaran< strong>< p>
nbsp;< p>
ABSTRACT< strong>< p>
nbsp;The purpose of this study was to find out how the marketing strategy to increase sales at MGR s Cassava Chips Business In this study using a qualitative descriptive method with SWOT analysis and data collection techniques consisting of interviews observations and documentation The results of this study are internal environmental factors strengths and weaknesses namely human resources products prices places and promotions External environmental factors opportunities and threats are competitors raw materials consumers and technology For the strategy used in increasing sales of MGR s cassava chips business is the S O strategy namely maintaining the quality and availability of cassava chips and utilizing crowded places the S T strategy is adding marketing areas and increasing production by adding skills and abilities The W O strategy is to collaborate between entrepreneurs and entrepreneurs to give names to the group and the W T strategy is to cooperate with suppliers of raw materials and increase promotions Strategies that can be considered to increase sales are 1 In terms of products: Adding flavors that are made naturally such as sweet spicy spicy and savory flavors 2 In terms of price: Maintain product quality 3 Location: Expanding the marketing area for example around Tulungagung 4 Promotion: increasing nbsp; nbsp; nbsp;promotion through social media such as Instagram and Facebook < p>
Keywords < strong>: SWOT Analysis Marketing Strategy< p>
nbsp;< em>< p>
References
Ainul M F 2012 Analisis Strategi Pemasaran pada Sentra Gula Merah 6 42
Amalia A 2016 Perencanaan Strategi Pemasaran dengan Pendekatan Bauran Pemasaran dan SWOT pada Perusahaan Popsy Tubby Jurnal Manajemen Dan Start Up Bisnis 1 3 297 306
Arikunto 2010 Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Jakarta: Rineka Cipta
Atmoko T P H 2018 Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Di Cavinton Hotel Yogyakarta Journal of Indonesian Tourism Hospitality and Recreation 1 2 83 96 https: doi org 10 17509 jithor v1i2 13769
Fatimah F N D 2020 Teknik Analisis SWOT Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia
Kereh F Tumbel A L Loindong S S R Manajemen J Sam U Manado R 2018 Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Motor Yamaha Mio Pada Pt Hasjrat Abadi Outlet Yamaha Sam Ratulangi Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi Manajemen Bisnis Dan Akuntansi 6 2 968 977 https: doi org 10 35794 emba v6i2 20024
Killer P K dan K L 2009 Manajemen Pemasaran Edisi kedu; J Purba ed Indonesia: PT Macanan Jaya Cemerlang
Makmur S 2015 Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Studi Pada S Mart Swalayan Pasir Pengaraian Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos 3 1 41 56
Moelong L 2016 Metodologi Penelitian Kualitatif Bandung: Rosda Karya
Monigir R Mandey S L Ogi I W 2016 Penerapan Strategi Pemasaran Untuk Mencapai Keunggulan Bersaing Studi Kasus Pada Multi Mart Ranotana Manado Jurnal EMBA 4 4 932 940
Raco J 2018 Metode penelitian kualitatif: jenis karakteristik dan keunggulannya https: doi org 10 31219 osf io mfzuj
Shinta A 2011a Manajemen Pemasaran Cetakan Pe; S Al Manshur Ali Farisi ed Malang Indonesia: Universitas Brawijaya Press UB Press
Shinta A 2011b Manajemen Pemasaran Cetakan Pe; A M dan S Al Faris ed Retrieved from https: books google co id books?hl=id lr= id=5OiZDwAAQBAJ oi=fnd pg=PR5 dq=manajemen pemasaran ots=3cmjp9h1F0 sig=bH61pkJsvftzLmn286jsxz3iORQ redir_esc=y v=onepage q=manajemen pemasaran f=false
Sugiyono 2015 memahami penelitian kualitatif cetakan ke Bandung: Alfabeta CV
Sugiyono 2017 Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R D Cetakan ke Bandung: Alfabeta CV
Widharta W P Sugiharto S 2013 Penyusunan Strategi Dan Sistem Penjualan Dalam Rangka Meningkatkan Penjualan Toko Damai Manajemen Pemasaran Petra 2 1 1 15 Retrieved from https: www neliti com id publications 134744 penyusunan strategi dan sistem penjualan dalam rangka meningkatkan penjualan tok
Wisnubroto P Freitas J M 2013 Strategi Pemasaran Guna Meningkatkan Volume Penjualan dengan Pendekatan Technologi Altas Project Method Strategi Pemasaran Guna Meningkatkan Volume Penjualan Dengan Pendekatan Technologi Altas Project Method 1 1 161 168

ÂÂÂÂÂ