MANAJEMEN BUMDES “LANGGENG MAKMUR” PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI DESA BANGUN KECAMATAN MUNJUNGAN KABUPATEN TRENGGALEK

Authors

  • Lilik Nuryani Universitas Bhinneka PGRI, Tulungagung
  • Hari Subiyantoro Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v2i1.3258

Keywords:

Management, Village Owned Enterprises (BUMDES)

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk memotret apakah pengurus dan pengawas memahami serta menjalankan tugas pokok dan fungsinya, serta apakah nasabah memahami dan menjalankan hak dan kewajiban sebagai penerima kredit. Metode penelitian ini menggunakan metode deskripstif kualitatif, semua fenomena dalam hasil penelitian disajikan dalam bentuk deskripsi. Penelitian ini menggunakan jenis data primer dan sekunder, dengan teknik pengumpulan data dengan wawancara dan dokumentasi yang dilakukan di BUMDes Langgeng Makmur. Teknik analisis data Reduksi data, Penyajian data dan Penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pemahaman pengurus dan pengawas cukup paham terhadap tugas pokok dan fungsinya. Tetapi dalam mejalankan tugas nya masih kurang maksimal, pengelolaan atau manajemen dari berjalannya usaha masih belum bisa dikategorikan baik. Pengurus dan pengawas yang ada didalamnya belum bisa sepenuhnya mengelola kegiatan usaha yang saat ini berjalan karena masih ada saja kendala yang dihadapi dalam mengembangkan dan menjalankan usaha. Evaluasi dalam pengelolaan BUMDes dilakukan bulan mengetahui perkembangan usaha. Pengurus dan pengawas menjalankan usaha yang ada di BUMDes belum memiliki manajemen yang baik. Menjalankan tugas pokok dan fungsinya karena adanya perintah atau tuntutan yang didapatkan dari pihak desa terutama dari bapak kepala desa yang sekarang ini sedang menjabat. Pada penelitian ini menunjukakan adanya pemahaman hak dan kewajiban oleh nasabah, tetapi disini banyak nasabah yang tidak menjalankan kewajiban mereka seperti kesepakatan yang telah dibuat bersama pihak BUMDes Langgeng makmur. Perjanjian usaha yang mereka jalankan tidak sesuai dengan apa yang diharapkan oleh pihak BUMDes Langgeng Makmur. Banyak nasabah yang melakukan keterlambatan membayar angsuran sehingga BUMDes Langgeng Makmur mengalami permasalahan dalam usahanya. Nasabah memberikan alasan bahwa pendapatan dan usaha yang mereka kelolah mengalami penurunan dan sedang tidak stabil. Nasabah menjalankan hak dan kewajiban tersebut karena mereka merasa ada beban dan tanggungan. Dalam pencapaian pihak pengurus, pengawas dan nasabah termasuk dalam kategori cukup.

Kata Kunci : Manajemen, Badan Usaha Milik Desa (BUMDES)

 

 

ABSTRACT

This study aims to capture whether the management and supervisors understand and carry out their main duties and functions, as well as whether customers understand and carry out their rights and obligations as credit recipients. This research method uses a qualitative descriptive method, all phenomena in the research results are presented in the form of a description. This study uses primary and secondary data types, with data collection techniques with interviews and documentation conducted at BUMDes Langgeng Makmur. Data analysis techniques Data reduction, data presentation and conclusion drawing. The results of this study indicate that the understanding of the management and supervisors is quite understanding of the main tasks and functions. However, in carrying out their duties, they are still not optimal, the management or management of the running of the business still cannot be categorized as good. The management and supervisors in it have not been able to fully manage the business activities that are currently running because there are still obstacles faced in developing and running a business. Evaluation in the management of BUMDes is carried out to find out the progress of the business. Managers and supervisors running businesses in BUMDes do not yet have good management. Carry out their main duties and functions because of orders or demands obtained from the village, especially from the village head who is currently in office. This study shows an understanding of the rights and obligations of customers, but here many customers do not carry out their obligations such as the agreement that has been made with the BUMDes Langgeng Prosperous. The business agreement they run is not in accordance with what is expected by the BUMDes Langgeng Makmur. Many customers are late in paying installments so that BUMDes Langgeng Makmur has problems in their business. Customers give reasons that the income and business they manage have decreased and are not stable. Customers exercise these rights and obligations because they feel there are burdens and responsibilities. In the achievement of the management, supervisors and customers are included in the sufficient category.

Keywords: Management, Village Owned Enterprises (BUMDES)

References

Hasibuan. (2009). No Title. 1.

Hermawan, D. (2018). Optimalisasi peran badan usaha milik tiyuh (bumt) artha jaya terhadap perekonomian masyarakat kecamatan tulang bawang tengah kabupaten tulang bawang barat. 1–89.

Jumiyanti, N. I. H. A. R. A. D. W. K. R. (2021). Manajemen Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa Di Kecamatan Bulawa. Insan Cita Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Univeristas Gorontalo, 3(1).

Kasmir. (2016). analisis Pengukuran risiko kredit dengan menggunakan Non Performing loan, risiko likuiditas mengguanakan Loan To Deposit Ratiod dan Rentabilitas dengan menggunakan Return On Assets. 73.

keputusan kepala desa bangun nomor : 03 tahun 2011 tentang tata cara pembentukan dan pengelolaan badan usaha milik desa bangun. (2011).

Moleong. (2016). Metodologi Penelitian (Vol. 53, Issue 9).

Papendang, A. A. (2016). Hak dan Kewajiban Nasabah Menurut Undang-undang Nomor 10 Tahun 1998. IV(3), 77–86.

Pranoto, H., Gumilang, D., Hidayat, A. R., & Zamroni, A. (2019). Aspek Agunan Pemberian Kredit Bank Pengkreditan Rakyat. Jurnal Ilmu Hukum, 15(9), 1–9.

Purwanto, A. (2018). Departemen Pendidikan Nasional, Pendirian Dan Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa. Jurnal Pendidikan, 84(5), 487–492. http://ir.obihiro.ac.jp/dspace/handle/10322/3933

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (2017th ed.). Alfabeta, cv.

Terry, G. (2006). No Title. 4.

Wijayanti, L. H. (2018). Strategi Pengelolahan Badan Usaha Milik Desa Untuk Mengembangkan Ekonomi Masyarakat Di Desa Ngabar Kecamatan Siman Kabupaten Ponorogo. 1–12.

Additional Files

Published

2021-06-28

How to Cite

Nuryani, . L. ., & Subiyantoro, H. . (2021). MANAJEMEN BUMDES “LANGGENG MAKMUR” PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI DESA BANGUN KECAMATAN MUNJUNGAN KABUPATEN TRENGGALEK. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 2(1), 11-18. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v2i1.3258

Issue

Section

Articles