Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Universitas Bhinneka Pgri Tulungagung
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpeunima.v1i2.3349Keywords:
Learning, Pandemic, COVID-19Abstract
Abstrak.
Makhluk hidup memerlukan pendidikan guna mengembangkan potensi yang ada pada dirinya tanpa adanya pendidikan manusia akan kesulitan dalam melaksanakan kehidupan. Saat ini pendidikan di Indonesia sedang mengalami permasalahan dikarenakan adanya penyebaran virus COVID-19 yang mengakibatkan kegiatan yang mengakibatkan kerumunan untuk di hindari salah satunya yakni kegiatan belajar mengajar, oleh karena itu kegiatan pembelajaran yang semula dilakukan secara tatap muka maka kegiatan pembelajaran untuk saat ini dilaksanakan secara online akan tetapi untuk pembelajaran yang mengharuskan adanya praktik maka dapat dilaksanakan secara offline dengan tetap mematuhi potokol kesehatan. Dalam penelitian ini memotret apakah partisipan (dosen, mahasiswa dan tenaga kependidikan) telah melaksanakan pembelajaran pada masa pandemi COVID-19 sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran pada masa pandemi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, semua fenomena dalam hasil penelitian disajikan dalam bentuk deskripsi. Teknik pengumpulan data yakni wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran pada masa pandemi COVID-19 di Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung cukup berjalan dengan baik. Partisipan (dosen, mahasiswa, dan tenaga kependidikan) telah memahami langkah-langkah apa saja yang perlu dilaksanakan dalam melakukan pembelajaran pada masa pandemi ini, akan tetapi ada beberapa partisipan yang tidak menjalankan langkah – langkah pembelajaran sesuai dengan aturan yang berlaku hal ini dikarenakan adanya beberapa kendala yang dialami oleh partisipan selama melaksanakan pembelajaran pada masa pandemi ini.
Kata kunci: Pembelajaran, Pandemi, COVID-19
Abstract.
Living things need education in order to develop the potential that exists in themselves without human education it will be difficult to carry out life. Currently, education in Indonesia is experiencing problems due to the spread of the COVID-19 virus which results in activities that result in crowds being avoided, one of which is teaching and learning activities, therefore learning activities that were originally carried out face-to-face then learning activities are currently carried out in a private manner. online, but for learning that requires practice, it can be carried out offline while still complying with health protocols. In this study, we photographed whether the participants (lecturers, students and education staff) had carried out learning during the COVID-19 pandemic in accordance with the learning steps during the pandemic. This research is a descriptive qualitative research, all phenomena in the research results are presented in the form of a description. Data collection techniques are interviews, and documentation. Data analysis was carried out by data reduction, data presentation and conclusion drawing. The result of this study is that the implementation of learning during the COVID-19 pandemic at the University of Bhinneka PGRI Tulungagung went quite well. Participants (lecturers, students, and education staff) have understood what steps need to be taken in carrying out learning during this pandemic, but there are some participants who do not carry out the learning steps in accordance with the applicable rules, this is due to several the obstacles experienced by participants while carrying out learning during this pandemic.
Keywords: Learning, Pandemic, COVID-19
References
Alfonsius, A. (2021). Penyelenggaraan Pembelajaran Perguruan Tinggi Swasta Di Masa Pandemi Covid-19. Journal of Accounting and Management …, 5(1), 1–10.
Dhawan, S. (2020). Online Learning: A Panacea in the Time of COVID-19 Crisis. Journal of Educational Technology Systems, 49(1), 5–22.
Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. (2020). Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19). Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2O2O, 021, 1–20.
Nisa, Choirun, L. (2018). Pengaruh Pembelajaran E-Learning Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Statistics Mahasiswa Tadris Bahasa Inggris Fakultas Tarbiyah Iain Walisongo. Jurnal Phenomenon, 2, 7–27.
Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 60 Tahun 1999 tentang Pendidikan Tinggi Presiden Republik Indonesia.
prof. ir. Tian Belawati, M.ed., P. D. (2020). Buku pembelajaran online 179.
Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2),
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Thobroni, M. (2015). Belajar dan Pembelajaran Teori dan Praktik (M. Sandra (ed.)). 978-602-313-030-6
Undang - Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, (1945).
W.S, W. (1996). Psikologi Pengajaran.
Statuta STKIP PGRI Tulungagung, (2017).
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Krista Vika Daryanti Kusuma Enike , Hari Subiyantoro
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.