PENGARUH KOMPETENSI AKUNTANSI KEUANGAN DAN PENGALAMAN PRAKERIN TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XII AK SMKN 1 REJOTANGAN TAHUN AJARAN 2020/2021
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpeunima.v1i2.3350Keywords:
Accounting Competence, Industrial Work PracticesAbstract
ABSTRAK
Kesiapan kerja akan terbentuk apabila faktor-faktor dari kesiapan kerja terpenuhi, beberapa faktor diantaranya ialah kompetensi akuntansi dan juga pengalaman prakerin. Rumusan masalah pada penelitian ini ialah “Adakah Pengaruh antara variabel Kompetensi Akuntansi Keuangan (X1) dan Pengalaman Prakerin (X2) terhadap Kesiapan Kerja (Y). Metode pengumpulan data ialah angket dan dokumentasi. Dokumentasi dilakukan untuk pengumpulan data variabel (X1) dan (X2). Instrumen angket digunakan untuk pengumpulan data (Y) dengan penskoran sangat setuju(SS), setuju (S), tidak setuju (TS), sangat tidak setuju (STS). Sampel penelitian yang digunakan ialah 72 siswa dengan menggunakan teknik random sampling. Untuk mengetahui pengaruh antara variabel X1, X2 dan Y menggunakan analisis regresi berganda. Dari hasil analisis data bahwa Fhitung 251,430 > F tabel 3,13, dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil uji koefisiensi determinasi mendapatkan nilai sebesar 0,879, artinya secara simultan pengaruh X1 dan X2 terhadap Y sebesar 87,9%. Dapat disimpulkan bahwa “Terdapat Pengaruh yang Signifikan antara Kompetensi Akuntansi Keuangan dan Pengalaman Prakerin terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII AK SMKN 1 Rejotangan Tulungagung Tahun Ajaran 2021/2022. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi untuk memperbaiki kebijakan maupun progam-progam yang berkaitan dengan kesiapan kerja siswa.
Kata Kunci : Kompetensi Akuntansi, Prakerin, Kesiapan Kerja.
ABSTRACT
Work readiness will be formed if the factors of job readiness are met, several factors including accounting competence and internship experience. The formulation of the problem in this study is "Is there any influence between the variables of Financial Accounting Competence (X1) and Prakerin Experience (X2) on Work Readiness (Y). Data collection methods are questionnaires and documentation. Documentation was carried out for data collection on variables (X1) and (X2). The questionnaire instrument was used for data collection (Y) with a score of strongly agree (SS), agree (S), disagree (TS), strongly disagree (STS). The research sample used was 72 students using random sampling technique. To determine the effect of variables X1, X2 and Y using multiple regression analysis. From the results of data analysis that Fcount 251.430 > F table 3.13, thus H0 is rejected and Ha is accepted. Based on the results of the coefficient of determination test, the value is 0.879, meaning that the simultaneous effect of X1 and X2 on Y is 87.9%. It can be concluded that “There is a Significant Influence between Financial Accounting Competence and Prakerin Experience on Work Readiness of Class XII AK Students at SMKN 1 Rejotangan Tulungagung for the Academic Year 2021/2022. The results of this study can be used as a reference to improve policies and programs related to student work readiness.
Keywords : Accounting Competence, Industrial Work Practices, c
References
Citra, E. (2018). Peran efikasi diri sebagai variabel moderating dari pengaruh pengalaman praktik kerja industri terhadap kesiapan kerja, 2(1), 23–41.
Husnurrosyidah, H., & Suendro, G. (2018). Pengaruh Sistem Akuntansi dan Kompetensi Akuntansi Terhadap Potensi Penyalahgunaan Dana Desa (Studi Kasus Di Kabupaten Demak). AKTSAR: Jurnal Akuntansi Syariah, 1(1), 41. https://doi.org/10.21043/aktsar.v1i1.4077
Khadifa, A., Indriayu, M., & Sudarno. (2018). Pengaruh Praktik Kerja Industri dan Efikasi Diri Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Banyudono 2017/2018. Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Ekonomi, 4(1), 14–41.
Nurhayati, & Kusmuriyanto. (2019). Pengaruh Kompetensi Produktif Akuntansi, Prakerin, dan Lingkungan Keluarga Melalui Efikasi Diri Terhadap Kesiapan Kerja. Economic Education Analysis Journal, 8(2), 568–587. https://doi.org/10.15294/eeaj.v8i2.31484
Nursyidah, A. (2018). Pengaruh praktik kerja industri dan motivasi kerja terhadap kesiapan Kerja siswa tata kecantikan smk negeri se kota makassar. Jurnal Pendidikan, (1). Retrieved from http://eprints.unm.ac.id/11609/
Riyanti, S., & Kasyadi, S. (2021). Motivasi dan Pengalaman Praktek Kerja Industri Mempengaruhi Kesiapan Kerja Siswa : Studi pada SMK Swasta di Kabupaten Bogor, 4(58), 43–57.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabet,CV.
Zelvi Ainun Naja, Nur Diana, Mawardi, M. C. (2020). Pengaruh Sistem A kuntansi dan Kompetensi Akuntansi Terhadap Penyalahgunaan Dana Desa di Kecamatan Bluto Kabupaten Sumenep, 9(12), 88–103.
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Hilda Istikomah, Hari Subiyantoro
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.