PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DAN MODEL E LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DI KELAS XII ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK KRISTEN SINGKANAUNG TANAH PUTIH

Authors

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v1i1.3448

Keywords:

Inquiry learning model, E-learning model, Learning Outcomes

Abstract

Abstract< strong>< p>

Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui bagaimana hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri Mengetahui bagaimana hasil belajar siswa dengan menggunakan model E learning Mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri dan model E learning di kelas XII Administrasi Perkantoran SMK Kr Singkanaung Tanah Putih Penelitian ini menggunakan eksperimen dengan Desain nbsp; Pretest Postest Control Group Design Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMK Kr Singkanaung Tanah Putih tahun ajaran 2020 2021 Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelompok dalam satu kelas Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan test Hasil penelitian menunjukan: bahwa dengan penggunaan model pembelajaran Inkuiri nbsp; di kelas XII Administrasi Perkantoran kelompok A mengalami peningkatan setelah penerapan menggunakan model pembelajaran inkuiri Berdasarkan penelitian diketahui bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan model E learning kelas XII Administrasi Perkantoran nbsp; kelompok B mengalami peningkatan setelah penerapan menggunakan model E learning Berdasarkan pembahasan dan penelitian yang dilakukan diketahui bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri dan model E learning di kelas XII Administrasi Perkantoran berbeda Bila t hitung lebih kecil dari t table maka Ho diterima yang berarti tidak terdapat perbedaan hasil belajar dan sebaliknya bila t hitung lebih besar dari t table maka Ha yang diterima yang artinya terdapat perbedaan hasil belajar siswa dari penerapan yang dilakukan pada nbsp; kelas eksperimen tersebut < p>

Kata kunci : model pembelajaran Inkuiri model E learning Hasil Belajar < strong>< p>

nbsp;< p>

Abstract< strong>< p>

This study aims to determine how student learning outcomes using the inquiry learning model Knowing how student learning outcomes by using the E learning model Knowing the differences in student learning outcomes using the Inquiry learning model and the E learning model in class XII Office Administration at SMK Kr Singkanaung Tanah Putih This study uses an experiment with a Pretest Posttest Control Group Design The population in this study were students of SMK Kr Singkanaung Tanah Putih for the academic year 2020 2021 The sample of this study consisted of two groups in one class Methods of data collection using documentation and tests The results showed that the use of the inquiry learning model in class XII Office Administration group A experienced an increase after the application of the inquiry learning model Based on the research it is known that student learning outcomes using the E learning model for class XII Office Administration group B have increased after the application of using the E learning model Based on the discussion and research conducted it is known that student learning outcomes using the inquiry learning model and the E learning model in class XII Office Administration are different If t count is smaller than t table then Ho is accepted which means there is no difference in learning outcomes and conversely if t count is greater than t table Ha is accepted which means that there are differences in student learning outcomes from the application carried out in the experimental class < p>

Keywords: Inquiry learning model E learning model Learning Outcomes < strong>< p>

References

Ahmad Rohani 2004 Pengelolaan Pengajaran Jakarta: PT Rineka Cipta

Arief S Sadiman dkk 2006 Media Pendidikan: Pengertian Pengembangan dan Pemanfaatannya Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Azhar Arsyad 2009 Media Pembelajaran Jakarta: Rajawali Pers

Dimyati dan Mudjiono 2006 Belajar dan Pembelajaran Jakarta: PT Rineka Cipta

Allen Michael 2013 Michael Allen s Guide to E learning Canada : John Wiley Sons Chandrawati Sri Rahayu 2010 Pemanfaatan E learning dalam Pembelajaran No 2 Vol 8 http: jurnal untan ac id

GM Fajar Tanpa tahun KONSEP E LEARNING Pengertian Teori Teori yang Melandasi Karakteristik Keunggulan Fungsi dan Model Modelnya Online fajargm net files konsep e learning pdf diakses 18 Maret 2014

Additional Files

Published

2020-06-28

Issue

Section

Articles

How to Cite

PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DAN MODEL E LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DI KELAS XII ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK KRISTEN SINGKANAUNG TANAH PUTIH. (2020). Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 1(1), 22 27. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v1i1.3448