PENGEMBANGAN APLIKASI E-SBT BERBASIS E-LEARNING BAGI KARYAWAN BARU PT. BANK SULTRA
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpeunima.v2i2.3632Keywords:
E-learning based application, learning method, development, new employeeAbstract
ABSTRACT
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan metode pembelajaran yang efektif dan efisien secara online dimana penelitian ini dapat membuat metode belajar lebih flexibel, tdk menyita waktu kerja, menghemat biaya, materi dpt didownload dgn mudah, komunikasi/ruang diskusi dan pemateri tersedia dlm waktu kapan saja. Metode pembelajaran online ini telah melalui proses Focus Group Discussion (FGD) bersama Pimpinan dan Staff SDM, Accounting, Customer service baik pegawai lama dan pegawai baru. Dimana hasil FGD tersebut seluruh bagian sepakat membutuhkan suatu aplikasi pembelajaran online yg dapat dilakukan secara komperhensif. Aplikasi ini juga sangat sesuai dengan kondisi pandemik saat ini, dan juga membawa suatu perubahan mindset terkait dengan metode pembelajaran sebelumnya yang konvensional. Diharapkan melalui pengembangan aplikasi E-SBT berbasis E-Leaening dapat memberi kontribusi positif kepada perusahaan-perusahaan yang menerapkannya dan juga dapat dikembangkan lebih dinamis kedepannya.
Kata kunci : Aplikasi berbasis E-learning, Metode pembelajaran, pengembangan, Karyawan baru.
ABSTRACT
This study aims to develop effective and efficient online learning methods where this research can make learning methods more flexible, less time consuming, save costs, materials can be downloaded easily, communication/discussion space and presenters are available anytime. This online learning method has gone through a Focus Group Discussion (FGD) process with HR leaders and staff, accounting, customer service for both old and new employees. Where the results of the FGD all agreed that it needed an online learning application that could be done comprehensively. This application is also very suitable for the current pandemic conditions, and also brings a change of mindset related to the previous conventional learning methods. It is hoped that through the development of the E-SBT application based on E-Leaening it can make a positive contribution to companies that implement it and can also be developed more dynamically
In Keywords: E-learning based application, learning method, development, new employee
References
Anggriamurti, Ranty Aditya, 2009. Pembelajaran Transformasi dengan pendekatan Konstruktivis Untuk Meningkatkan Penalaran Logis.
Bank Indonesia, 1992. UU No.7 Tahun 1992, Tentang Perbankan, Jakarta
Bank Indonesia, 1998. Undang-undang Nomor 10 Tahun 1998 Tentang perubahan
Bell Gredler, M.E (1986), Learning and Instruction. New York: Macmilan Publishing
Borg and Gall 1987: 772, Research and Development, Penelitian pengembangan
Cashman Shelly, 2007, discovering Computers, Menjelajah dunia Komputer Fundamental, edisi 3, Salemba Infotek : Jakarta
Coombs (1973), Philip, H. Ahmad Manzoor, Memerangi Kemiskinan di pedesaan Melalui Pendidikan Nonformal, Jakarta; Rajawali, 1984
Depnaker, UU No.14 Tahun 1969 tentang “ Ketentuan-Ketentuan Pokok Tenaga Kerja”, (Jakarta, 1969) pasal 1.
Depdiknas, 2003, Undang-undang Nomor 20 tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional
Dhanta, Rizky.2009. Pengantar Ilmu Komputer, Surabaya: Indah Endang Mulyatiningsih, (2014), Metode penelitian Terapan Bidang Pendidikan, Bandung; ALFABETA
Fahyuni, E (2011). Penggunaan media cerita bergambar terhadap peningkatan kemampuan membaca siswa, Surabaya: IAIN SUPEL
Hasibuan, Malayu, 2005. Dasar-dasar Perbankan, Bumi Aksara, Jakarta
Knowless, (1979)” The Andragogical Model”, North Carolina State University
Sugiyono. (2016), Metode Penelitian kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung, PT. Alfabet
Udin Saefuddin Sa’ud, (2008), Inovasi Pendidikan, Bandung: Alfabeta
Undang-undang No.7 tahun 1992 tentang Perbankan, Jakarta : Gramedia
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Novalyna Vera Trisnawaty Hutabarat, Edwin Wantah, Jerry R.H Wuisang
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.