PENGEMBANGAN KONTEN MATERI PEMBELAJARAN KORESPONDENSI BERBASIS MEDIA INSTAGRAM DI SMK NEGERI 1 MANADO
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpeunima.v2i2.3634Keywords:
Correspondence learning media, Instagram application, learning outcomeAbstract
ABSTRAK< strong>< p>
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengembangan Media Pembelajaran Korespondensi Berbasis Media Instagram di SMK NEGERI 1 Manado Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan Research amp; Development R amp;D Hasil identifikasi masalah dan analisis kebutuhan yang dilaksanakan dengan siswa SMK Negeri 1 Manado menggambarkan saat ini lebih menyukai media sebagai alat untuk proses belajar mengajar dikarenakan siswa cepat bosan ketika guru menjelaskan menggunakan lewat buku panduan atau media cetak yang ada Dalam hal siswa sangat membutuhkan materi yang menarik lewat salah satu media yang mereka sukai yaitu Instagram< em> Dari hasil paparan dalam identifikasi masalah dan analisis kebutuhan yang dapat disimpulkan bahwa siswa di SMK Negeri 1 Manado sangat membutuhkan akan pemahaman dan pengetahuan dalam proses pembelajaran korespondensi dengan menggunakan nbsp; media sosial berbasis Instagram< em> Penggunaan Instagram< em> dalam proses pembelajaran bagi siswa tersebut di mungkinkan karena semua responden memiliki Instagram dalam berkomunikasi serta bersosialisasi dan intensitas pemakaian Instagram< em> dari siswa sangat tinggi Salah seorang responden mengatakan bahwa pemakaian Instagram< em> dalam proses pembelajaran Korespondensi sangat membantu dan memudahkan mereka untuk belajar < p>
Kata Kunci : Media pembel< strong>a< strong>jaran korespondensi < strong> aplikasi inst< strong>a< strong>gram hasil belajar< strong>< p>
nbsp;< strong>< p>
ABSTRACT< strong>< p>
This study aims to determine the Development of Correspondence Learning Media for Instagram at SMK NEGERI 1 Manado This research is a type of research and development Research amp; Development R amp;D The results of problem identification and needs analysis carried out with students of SMK Negeri 1 Manado illustrate that currently they prefer media as a tool for the teaching and learning process because students get bored easily when the teacher explains using existing manuals or print media In terms of students really need interesting material through one of the media they like namely Instagram From the results of the exposure in problem identification and needs analysis it can be concluded that students at SMK Negeri 1 Manado really need understanding and knowledge in the correspondence learning process using Instagram based social media The use of Instagram in the learning process for students is possible because all respondents have Instagram in communicating and socializing and the intensity of using Instagram from students is very high One respondent said that the use of Instagram in the Correspondence learning process was very helpful and made it easier for them to learn < p>
Keywords: Correspondence learning media Instagram application learning outcom< strong>e< strong>< p>
nbsp;< p>
References
Arief Sadiman 2002 Media Pembelajaran dan Proses Belajar Mengajar Pengertian Pengembangan dan Pemanfaatannya Jakarta: Raja Grafindo Persada
Arifin Z 2012 EVALUASI PEMBELAJARAN BANTEN: Direktorat Jendral Pendidikan Islam Kementerian Agama RI
Arifin Zainal 2012 Penelitan pengembangan Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Arikunto S 2014 Prosedur Penelitian Jakarta: Rineka Cipta
Arsyad M Azhar 2008 Media Pembelajaran Jakarta : Raja Grafindo Persada
Asrul Ananda R Rosnita 2014 Evaluasi Pembelajaran Bandung: Citapustaka Media
Danim S Khairil H 2013 PROFESI KEPENDIDIKAN Bandung: ALFABETA
Mulyatiningsih Endang 2011 Riset Terapan Bidang Pendidikan Teknik Yogyakarta: UNY Press
Puslitjaknov 2008 Metode Penelitian Pengembangan Departemen Pendidikan Nasional http: www infokursus net diakses 10 Juli 2015
Puspitasari 2012 Kontribusi Empirisme Terhadap Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Doi Vol 1 No 1 2012
Restu Nugroho Bambang Ruwanto 2015 Pengembangan Media pembelajaran fisika berbasis media social instagram sebagai sumberbelajar mandiri untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar fisika kelas XI SMA
Rifki afandi 2018 Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dan Hasil Belajar Ips Di Sekolah Dasar
Soemantri 2001 Karakteristik Pendidikan Ilmu Sosial Pembaruan pengajaran IPS
Suarsini Wesnawa Wayan 2020 Pengembangan Media Pembelajaran Geografi Berbasis Media Sosial Instagram Untuk Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa
Sugiyono 2015 Metode Penelitian Pendidikan Pendidikan Kuantitatif Kualitatif Dan R D Bandung: Alfabeta h 297
Sugiyono 2012 Memahami Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R D Bandung : Alfabeta
Sugiyono Metode Penelitian pengembangan Kuantitatif Kualitatif dan R D Bandung: Alfabeta 2013

ÂÂÂÂÂ