PENGEMBANGAN KONTEN MATERI PEMBELAJARAN KORESPONDENSI BERBASIS MEDIA INSTAGRAM DI SMK NEGERI 1 MANADO
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpeunima.v2i2.3634Keywords:
Correspondence learning media, Instagram application, learning outcomeAbstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengembangan Media Pembelajaran Korespondensi Berbasis Media Instagram di SMK NEGERI 1 Manado Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan Research & Development (R&D). Hasil identifikasi masalah dan analisis kebutuhan yang dilaksanakan dengan siswa SMK Negeri 1 Manado, menggambarkan saat ini lebih menyukai media sebagai alat untuk proses belajar mengajar dikarenakan siswa cepat bosan ketika guru menjelaskan menggunakan lewat buku panduan atau media cetak yang ada. Dalam hal siswa sangat membutuhkan materi yang menarik lewat salah satu media yang mereka sukai yaitu Instagram. Dari hasil paparan dalam identifikasi masalah dan analisis kebutuhan yang dapat disimpulkan bahwa siswa di SMK Negeri 1 Manado sangat membutuhkan akan pemahaman dan pengetahuan dalam proses pembelajaran korespondensi dengan menggunakan media sosial berbasis Instagram. Penggunaan Instagram dalam proses pembelajaran bagi siswa , tersebut di mungkinkan karena semua responden memiliki Instagram dalam berkomunikasi serta bersosialisasi dan intensitas pemakaian Instagram dari siswa sangat tinggi. Salah seorang responden mengatakan bahwa pemakaian Instagram dalam proses pembelajaran Korespondensi sangat membantu dan memudahkan mereka untuk belajar.
Kata Kunci : Media pembelajaran korespondensi, aplikasi instagram, hasil belajar
ABSTRACT
This study aims to determine the Development of Correspondence Learning Media for Instagram at SMK NEGERI 1 Manado. This research is a type of research and development Research & Development (R&D). The results of problem identification and needs analysis carried out with students of SMK Negeri 1 Manado, illustrate that currently they prefer media as a tool for the teaching and learning process because students get bored easily when the teacher explains using existing manuals or print media. In terms of students really need interesting material through one of the media they like, namely Instagram. From the results of the exposure in problem identification and needs analysis, it can be concluded that students at SMK Negeri 1 Manado really need understanding and knowledge in the correspondence learning process using Instagram-based social media. The use of Instagram in the learning process for students is possible because all respondents have Instagram in communicating and socializing and the intensity of using Instagram from students is very high. One respondent said that the use of Instagram in the Correspondence learning process was very helpful and made it easier for them to learn.
Keywords: Correspondence learning media, Instagram application, learning outcome
References
Arief Sadiman. 2002. Media Pembelajaran dan Proses Belajar Mengajar, Pengertian Pengembangan dan Pemanfaatannya, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Arifin, Z. (2012). EVALUASI PEMBELAJARAN. BANTEN: Direktorat Jendral Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.
Arifin, Zainal. 2012. Penelitan pengembangan. (Bandung: PT Remaja Rosdakarya)
Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, M.Azhar. 2008. Media Pembelajaran. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Asrul, Ananda, R., & Rosnita. (2014). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Citapustaka Media.
Danim, S., & Khairil, H. (2013). PROFESI KEPENDIDIKAN. Bandung: ALFABETA.
Mulyatiningsih, Endang (2011) Riset Terapan Bidang Pendidikan & Teknik. Yogyakarta: UNY Press.
Puslitjaknov. 2008. “Metode Penelitian Pengembangan”. Departemen Pendidikan Nasional. http://www.infokursus.net diakses 10 Juli 2015.
Puspitasari.(2012). Kontribusi Empirisme Terhadap Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial,Doi Vol 1 No 1,2012
Restu Nugroho Bambang Ruwanto 2015, Pengembangan Media pembelajaran fisika berbasis media social instagram sebagai sumberbelajar mandiri untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar fisika kelas XI SMA
Rifki afandi (2018), Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dan Hasil Belajar Ips Di Sekolah Dasar
Soemantri 2001, Karakteristik Pendidikan Ilmu Sosial, Pembaruan pengajaran IPS
Suarsini, Wesnawa, Wayan (2020) Pengembangan Media Pembelajaran Geografi Berbasis Media Sosial Instagram Untuk Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa
Sugiyono, (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D) (Bandung: Alfabeta).,h.297
Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta
Sugiyono. Metode Penelitian pengembangan (Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. 2013.
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Milka Najoan, Edwin Wantah, Allen Manongko
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.