PROBLEMATIKA DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING ONLINE SELAMA MASA PANDEMI COVID 19 PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI SMAN 1 TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2020 2021
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpeunima.v2i1.3643Keywords:
Online learning, ProblematicAbstract
Abstrak< strong>< p>
Tujuan yang hendak dicapai dari penelitian ini adalah 1 Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran daring di SMAN 1 Tulungagung tahun pelajaran 2020 2021 2 Untuk mengetahui problematika atau permasalahan pembelajaran daring pada mata pelajaran ekonomi kelas XI di SMAN 1 Tulungagung tahun pelajaran 2020 2021 3 Untuk mengetahui upaya nbsp; apa yang dilakukan dalam menyelesaikan permasalahan pembelajaran daring mata pelajaran ekonomi di SMAN 1 Tulungagung tahun pelajaran 2020 2021 Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik wawancara observasi dan dokumentasi Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa 1 Proses pembelajaran daring online< em> di kelas XI SMAN 1 Tulungagung tahun pelajaran 2020 2021 berlangsung secara daring 2 Problematika atau masalah yang dihadapi dalam proses pembelajaran daring online< em> di SMAN 1 Tulungagung tahun pelajaran 2020 2021 adalah keterbatasan fasilitas dan penguasaan teknologi yang dimiliki guru dan juga siswa penjelasan yang tidak detail peserta didik kurang memahami materi kejenuhan peserta didik terhadap tugas yang diperoleh jaringan internet yang tidak stabil dan harga kuota internet yang mahal 3 Upaya yang dilakukan dalam mengatasi problematika saat pembelajaran daring online< em> di SMA Negeri 1 Tulungagung tahun pelajaran 2020 2021 yaitu meningkatkan kompetensi guru menggunakan atau mengoperasionalkan teknologi meminjamkan fasilitas seperti handphone< em> apabila terdapat siswa yang tidak memilikinya Bekerjasama antara wali kelas wali murid dan BK dalam pendampingan belajar peserta didik < p>
Kata kunci< strong> : Pembelajaran daring Problematika < p>
nbsp;< p>
nbsp;< p>
Abstract< strong>< p>
The objectives to be achieved from this research are 1 To find out the implementation of online learning at SMAN 1 Tulungagung in the 2020 2021 academic year 2 To find out the problems or problems of online learning in economics class XI at SMAN 1 Tulungagung in the 2020 2021 school year 3 To find out what efforts are being made to solve the problems of online learning of economic subjects at SMAN 1 Tulungagung for the 2020 2021 academic year This study uses a descriptive qualitative approach The technique used in this research is the technique of interview observation and documentation The results of this study concluded that 1 The online learning process in class XI of SMAN 1 Tulungagung for the 2020 2021 academic year takes place online 2 Problems or problems faced in the online learning process at SMAN 1 Tulungagung in the 2020 2021 academic year are limited facilities and mastery of technology owned by teachers and students explanations that are not detailed students do not understand the material student saturation of assignments given by the teacher unstable internet network and expensive internet quota prices 3 Efforts are being made to overcome the problems of online learning at SMA Negeri 1 Tulungagung for the 2020 2021 academic year namely increasing teacher competence in using or operating technology lending facilities such as mobile phones if there are students who do not have them Collaborate between homeroom teachers student guardians and BK in mentoring student learning < p>
Keywords< strong>: Online learning Problematic < p>
References
Asmuni A 2020 Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid 19 dan Solusi Pemecahannya Jurnal Paedagogy 7 4 281 https: doi org 10 33394 jp v7i4 2941
Basar A M 2021 Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid 19 Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan 2 1 208 218 https: doi org 10 51276 edu v2i1 112
Daulae T H 2014 Menciptakan Pembelajaran yang Efektif Forum Pedagogik 06 02 545
Dewi R P 2019 Studi Kasus Metode Penelitian Kualitatif April 2015 31 46 https: doi org 10 31227 osf io f8vwb
Fey 2020 CNN Indonesia 2020
Fitriani A 2019 Implementasi Pembelajaran Yang Efektif Bagi Siswa Madrasah Ibtidaiyah AR RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar 3 1 45 https: doi org 10 29240 jpd v3i1 624
Hanifah Nurazkiyah Nurul Agustin Dian Trihartini Intan Maelanajimah R U 1392 DAMPAK PANDEMI COVID 19 TERHADAP PEMBELAJARAN DARING DI SEKOLAH DASAR Pembelajaran Daring 4 3 57 71 Retrieved from http: marefateadyan nashriyat ir node 150
Harahap S A Dimyati Purwanta E 2021 Problematika Pembelajaran Daring dan Luring Anak Usia Dini bagi Guru dan Orang tua di Masa Pandemi Covid 19 Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5 2 1825 1836 https: doi org 10 31004 obsesi v5i2 1013
Henndy G 1978 Perubahan Perilaku sebagai Respon terhadap Wabah COVID 19 Journal of Safety Research 1970 1978 1978
Indawati P Medida V A Okta P 2020 Problematika Pada Pembelajaran Daring Dan Tingkat Pencapaian Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ajar Ips: Sebuah Studi Kasus Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid 19 Seminar Nasional Pendidikan IPS 2 371 382
J Moleong lexy 2014 METODE PENELITIAN Bandung: Remaja Rosdakarya
Maliyeh M 2015 Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pai Interaktif: Studi Di Kelas 1 Dan 5 Sekolah Dasar Al Falah Surabaya Thesis April 2015 24 50
Marthaningrum E 2013 PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN E LEARNING BAGI GURU KELAS RENDAH DI TENGAH PANDEMI COVID 19 Journal of Chemical Information and Modeling 53 9 1689 1699
Mulyawan U 2020 PROBLEMATIKA ONLINE LEARNING; HAMBATAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS SISWA 9 2
Ota M K Maria A Djou G Numba F F 2021 PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN DARING SISWA KELAS VII SMPN 1 ENDE SELATAN KABUPATEN ENDE 2 1 74 81

ÂÂÂÂÂ