PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DAN KELOMPOK TEMAN SEBAYA TERHADAP PERILAKU KONSUMSI SISWA KELAS X IPS DI SMA NEGERI 1 KARANGREJO TAHUN PELAJARAN 2020/2021
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpeunima.v3i1.3686Keywords:
socioeconomic status, peers, consumtion behaviorAbstract
ABSTRAK
Status sosial ekonomi adalah kedudukan atau posisi yang dimiliki oleh orang tua dalam bermasyarakat. Status sosial ekonomi orang tua memberikan pengaruh terhadap pemilihan kelompok teman sebaya serta memberikan pengaruh dalam melakukan kegiatan konsumsi dalam sehari-harinya. Semakin tinggi status sosial ekonomi orang tua maka akan tinggi pula tinggkat konsumsi nya, dan sebaliknya jika status sosial ekonomi orang tua rendah maka tingkat konsumsinya juga akan rendah. Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh status sosial ekonomi dan kelompok teman sebaya baik secara parsial maupun secara simultan terhadap perilaku konsumsi siswa kelas X IPS SMA N 1 Karangrejo. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA N 1 Karangrejo kelas X IPS tahun pelajaran 2020/2021. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan random sampling dengan jumlah responden sebanyak 59 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara. Teknik analisis data adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Ada pengaruh yang signifikan status sosial ekonomi terhadap perilaku konsumsi siswa kelas X IPS SMA N 1 Karangrejo. (2) Ada pengaruh yang signifikan kelompok teman sebaya terhadap peilaku konsumsi siswa kelas X IPS SMA N 1 Karangrejo. (3) Ada pengaruh ststus sosial ekonomi dan kelompok teman sebaya secara simultan terhadap perilaku konsumsi siswa kelas X IPS SMA 1 Karangrejo. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi untuk siswa dan untuk peneliti yang akan melakukan penelitian kedepanya.
Kata kunci: status sosial ekonomi, teman sebaya, perilaku konsumsi.
ABSTRACT
Socioeconomic status is the position or position that parents have in society. The socioeconomic status of parents has an influence on the selction of peer groups and has an influence in carrying out consumtion activities in their daily lives. The higher the socioeconomis status of parents, the higher the level of consumtion, and vice versa if the socioeconomic status of the parents is low, the level of consumtion will also be low. This study aims to determine the effect of socioeconomic status and peer groups either partially or simultaneously on the consumtion behavior of class X IPS students of SMA N 1 Karangrejo. This research with a quantitative approach. The population in this study were students of SMA N 1 Karangrejo class X IPS in the academic year 2020/2021. Sampling in this study using random sampling with the number of respondents as many as 59 students. Daya collection tehhniques using questionnaires and interviews. The analysis technique is multiple regression analysis. The result showed: (1) There was a significant effect of socioeconomic status on the consumtion behavior of class X IPS students at SMA N 1 Karangrejo. (2) There is a significant influence of peer groups on the consumtion behavior of class X IPS students of SMA N 1 Karangrejo. (3) There is a simultaneous influence of socioeconomic status and peer groups on the consumtion behavior of students in class X IPS SMA N 1 Karangrejo. The results of this study can be used as a reference for students and for research who will conduct future research.
Keywords: socioeconomic status, peers, consumtion behavior.
References
Afiati, B., Kurniawan, Y., Ekonomi, F., & Surabaya, K. K. (2013). PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DAN KONSUMSI SISWA KELAS XI IPS MAN SIDOARJO. PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DAN KONSUMSI SISWA KELAS XI IPS MAN SIDOARJO, 1–17.
Astut, R. P. F. (2014). PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA, LITERASI EKONOMI DAN LIFE STYLE TERHADAP PERILAKU KONSUMSI MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI IKIP PGRI BOJONEGORO Rika. 49–58.
Collins, D. H., Discombe, G., With, T. K., Woolf, A. L., Watson, A. J., & Ua Conchubhair, S. (1961). Reprints. The Lancet, 277(7175), 507–508. https://doi.org/10.1016/S0140-6736(61)90091-5
Drifanda, V. (2017). Pengaruh Literasi Ekonomi Dan Teman Sebaya Terhadap Perilaku Konsumsi Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Pgri Semarang. Equilibria Pendidilan, 2(2), 45–48.
Egziabher, T. B. G., & Edwards, S. (2013a). PENGARUH STATUS SOSIAL DAN LITERASI EKONOMI TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMSI MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI. Africa’s Potential for the Ecological Intensification of Agriculture, 53(9), 1689–1699.
Egziabher, T. B. G., & Edwards, S. (2013b). 済無No Title No Title. Africa’s Potential for the Ecological Intensification of Agriculture, 53(9), 1689–1699.
F, K. Ge. (1967). 済無No Title No Title No Title. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 12–49.
Habibullah. (2013). Metode Penelitian. Universitas Pendidikan Indonesia, 34–46.
Hartiyani Sadu Budanti, M. I. & M. S. (n.d.). PENGARUH LINGKUNGAN SOSIAL DAN GAYA HIDUP TERHADAP PERILAKU KONSUMSI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI FKIP UNS. 1–14.
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2016). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. (June).
Kiki, W. (2017). PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI DAN KELOMPOK TEMAN SEBAYA TERHADAP PERILAKU KONSUMSI SISWA KELAS XI IPS DI SMA N 1 REMBANG PURBALINGGA. PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI DAN KELOMPOK TEMAN SEBAYA TERHADAP PERILAKU KONSUMSI SISWA KELAS XI IPS DI SMA N 1 REMBANG PURBALINGGA SKRIPSI KIKI WINARYO, 187.
Kusniawat, M. R. Y. K. (n.d.). PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DAN LITERASI EKONOMI TERHADAP PERILAKU KONSUMSI SISWA KELAS X IPS DI SMA NEGERI 2 TUBAN Mu ’ afifah Kusniawati Riza Yonisa Kurniawan. 1–9.
Memperoleh, U., Sarjana, G., Universitas, P., Semarang, N., & Sagita, M. (2017). Jurusan pendidikan ekonomi fakultas ekonomi universitas negeri semarang 2017.
Nikita, D. A., & Hadi, N. U. (2018). PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI RUMAH TANGGA DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 KARANGREJO TAHUN AJARAN 2017 / 2018 15 | P a g e 16 | P a g e. 8(1), 15–21.
Pandanwangi, S. S. (2018). Sampling Jenuh. Journal of Applied Business Administration, 1, 1–197. Retrieved from http://repository.unika.ac.id/17266/1
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Nurul Hidayah, Sri Wulan Yanuari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.