PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN PERCAYA DIRI TERHADAP PERILAKU MENYONTEK SISWA KELAS X IPS SMAN 1 CAMPURDARAT TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Authors

  • Rif Ngatus Salma Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung
  • Maria Aghata Sri W H Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v2i1.3688

Keywords:

discipline learn, self-confidence, cheating behavior

Abstract

ABSTRACT

The research was conducted class X IPS SMAN 1 Campurdarat Tulungagung in the academic year 2020/2021. With a population of 69 students using the proportional random sampling technique, data collection techniques using a questionnaire method that have been tested with validity and reliability tests. Analytical techniques used are multiple linear regression, t test and F test. In this study the independent variable are (X1) is discipline learn, (X2) self-confidence while the dependent variable (Y) in this study is cheating behavior. Based on the results of data analysis it is obtained the following multiple linear regression equation Y = 0,531 + 0,264X1 + 0,680X2, it means that students cheating behavior in influenced by learning discipline and self-confidence. From the data analysis based on the T-test, it can be concluded that there is an influence of learning discipline on cheating behavior, This is based on the value of thitung (2,384) > ttabel (1,66792). It can be concluded that there is an influence of confidence on cheating behavior from this based on the value of thitung (7,915) > ttabel (1,66792). While the data analysis based on the F test can be concluded that there is a significant contribution of the variables of learning discipline learn (X1) dan self-confidence (X2) to the cheating behavior (Y) students class X IPS SMAN 1 Campurdarat Tulungagung. This is based on the value Fhitung  (90,027) > Ftabel (3,984) and significant 0,000 < 0,05, then H0 is rejected and Ha is accepted, which means it is significant. The results of this study can be used as suggestion and consideration for the students to always be honest and self- confidence with themselves, thus those can reduce bad ability that is cheating behavior which can damage themselves especially in the education field.

Keywords : discipline learn, self-confidence, cheating behavior

 

 

ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X IPS SMAN 1 Campurdarat Tulungagung tahun pelajaran 2020/2021. Dengan populasi 69 siswa dengan menggunakan teknik Proportional Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket yang telah diujicobakan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda, uji t, uji F.Dalam penelitian ini variable bebas (X1) adalah Disiplin belajar, (X2) Percaya diri sedangkan variable terikat (Y) dalam peneitian ini adalah Perilaku menyontek. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh persamaan regresi linier berganda sebagai berikut Y = 0,531 + 0,264X1 + 0,680X2 , artinya perilaku menyontek mahasiswa dipengaruhi oleh disiplin belajar dan percaya diri. Dari analisis data berdasarkan uji t dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh disiplin belajar terhadap perilaku menyontek, hal ini berdasarkan nilai thitung (2,384) > ttabel (1,66792). Dapat disimpulkan ada pengaruh percaya diri terhadap perilaku menyontek, hal ini berdasarkan nilai thitung (7,915) > ttabel (1,66792). Sedangkan analisis data berdasarkan uji f dapat disimpulkan bahwa ada kontribusi yang signifikan dari variable disiplin belajar (X1), dan percaya diri (X2) terhadap perilaku menyontek (Y) siswa kelas X IPS SMAN 1 Campurdarat Tulungagung, hal ini berdasarkan nilai Fhitung  (90,027) > Ftabel (3,984) dan nilai signifikasi 0,000 < 0,05 maka  H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya signifikan. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai masukan dan bahan pertimbangan bagi siswa untuk selalu bersikap jujur dan percaya pada diri sendiri sehingga dapat mengurangi perilaku-perilaku yang merugikan dirinya sendiri terkhususnya di dunia pendidikan yaitu perilaku menyontek.

Kata Kunci : Disiplin Belajar, Percaya Diri , Perilaku Menyontek

References

Irianto, A. F. dan A. (n.d.). Pengaruh kemandirian belajar, disiplin belajar dan motivasi berprestasi terhadap perilaku menyontek mahasiswa fakultas ekonomi universitas negeri padang.

Kushartanti, A. (2009). Perilaku menyontek ditinjau dari kepercayaan diri.

Liza Mardian1, Nora Susanti2, D. G. (n.d.). PENGARUH KONFORMITAS TEMAN SEBAYA, KEPERCAYAAN DIRI, MINAT BELAJAR, DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PERILAKU MENYONTEK MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII SMP NEGERI 3 BATANG ANAI.

Mahari, O. J. (2016). Perbedaan sikap mahasiswa terhadap perilaku menyontek ditinjau dari kepercayaan diri dan lingkungan belajar.

Moch Aden Harwendra S, S. M. J. S. (n.d.). Hubungan Kepercayaan Diri Dan Kecemasan Dengan Perilaku Menyontek Saat Menghadapi Ujian Nasional Pada Siswa Kelas Xii Sman 8 Bekasi, 4(3), 87–97.

Sipayung, H. N. (2019). PERILAKU MENYONTEK DITINJAU DARI KEPERCAYAAN DIRI, 9(1), 69–75.

Tehranian, N. (2019). PENGARUH KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP INTENSITAS PERILAKU MENYONTEK PADA PESERTA DIDIK SMP YANG PERNAH MENYONTEK.

Wahyudiati, N. P. (2014). Hubungan Antara Tingkat Self-Efficacy Dengan Perilaku Menyontek Pada Mahasiswa Di Universitas Muhammadiyah Gresik, 54–66.

Wigiyanti, S. (2015). pengaruh motivasi belajar, kepercayaan diri dan disiplin sekolah terhadap kecenderungan menyontek pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IPS di SMA NEGERI 1 SITIUNG KABUPATEN DHARMASRAYA.

Rahajeng Kurniasari,2017 Pengaruh Konformitas Teman Sebaya Dan Rasa Percaya Diri Terhadap Perilaku Menyontek Mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi Semester VI STKIP PGRI Tulungagung Tahun Akademik 2017/2018.

Additional Files

Published

2021-06-28

How to Cite

Salma , R. N. ., & Aghata Sri W H, M. . (2021). PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN PERCAYA DIRI TERHADAP PERILAKU MENYONTEK SISWA KELAS X IPS SMAN 1 CAMPURDARAT TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 2(1), 254-262. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v2i1.3688

Issue

Section

Articles