PENGARUH PENGAWASAN ORANG TUA DAN PEMANFAATAN IPTEK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XII IPA DAN XII IPS DI SMA N 1 DUMOGA

Authors

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v3i1.3929

Keywords:

Parental Supervision, Use of science and Technology, Learning Outcomes

Abstract

ABSTRAK< strong>< p>

Penelitian ini bertujuan untuk memgetahui seberapa besar Pengawasan Orang Tua Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Siswa kelas XII IPA Dan XII IPS di SMA N 1 DUMOGA Pemanfaatan IPTEK Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Siswa kelas XII IPA dan XII IPS di SMA N1 DUMOGA nbsp;serta Pengawasan Orang Tua dan Pemanfaatan IPTEK secara bersama sama Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Siswa kelas XII IPA dan XII IPS di SMA N 1 DUMOGA Penelitian ini merupakan penelitian Ex Post Facto < em>dan dilakukan di SMA N 1 DUMOGA pada kelas XII jurusan IPA IPS dengan jumlah sampel sebanyak 65 sampel Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan angket Hasil penelitian di analisis dengan metode analisis regresi berganda analisis korelasi sederhana Adapun hasil penelitian ini menunjukkan 1 Pengawasan Orang Tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap Hasil Belajar siswa sebesar 90 dengan jumlah hitung t hitung gt; t tabel atau 16 62 1 66 dan jumlah f hitung gt; f tabel atau 600 39 gt; 3 99 2 Pemanfaatan IPTEK berpengaruh positif dan signifikan terhadap Hasil Belajar siswa sebesar 90 dengan jumlah hitung nbsp; t hitung gt; t tabel atau 19 21 gt; 1 66 dan jumlah f hitung gt; f tabel atau 700 14 gt;3 99 3 Pengawasan Orang Tua dan Pemanfaatan IPTEK berpengaruh positif dan signifikan terhadap Hasil Belajar kelas XII IPA DAN XII IPA di SMA N 1 DUMOGA sebesar 90 dengan jumlah hitung t hitung gt; t tabel = 132 15 gt;3 15 nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp;< p>

Kata Kunci : Pengawasan Orang Tua Pemanfaatan IPTEK dan Hasil Belajar< em>< strong>< p>

nbsp;< em>< strong>< p>

nbsp;< p>

ABSTRACT< strong>< p>

This study aims to determine how much parental supervision affects the learning outcomes of students in class XII Sciense and Social science at SMA N 1 DUMOGA the use of science and technology affects student learning outcomes in clas XII science dan social science at SMA N 1 DUMOGA as well as parental supervision And the use of science and technology together affect the learning outcomes of students in clas XII science and social science at SMA N 1 DUMOGA This research is n ex pos facto < em>study and was conducted at SMA N 1 DUMOGA in clas XII science and social science department with a total sample of 65 samples The data collection technique used is using a questionnaire The research results were analyzed using multiple regression analysis metod simple correlation analysis As for the results of this study 1 Parental supervision has a positive dan significant effect on student learning outcomes in class XII science and XII social science at SMA N 1 DUMOGA by 9 with a count t count gt; t table or 16 62 gt; 1 66 and the number of f arithmetic gt; f table or 600 39 gt; 3 99 2 The use of science and technology has a positive and significant effect on student learning outcomes in class XII science and XII social science at SMA N 1 DUMOGA as much as 90 with a count t count gt; t table or 19 21 gt; 1 66 and the number of f count gt; f table or 700 14 gt; 3 99 3 Parental supervision and the use of technology have a positive and significan effect on student learning outcomes in clas XII science and XII social science at SMA N 1 DUMOGA by 90 with the number of t count gt; t table or 132 15 gt; 3 15 < p>

Keywords : Parental Supervision Use of science and Technology Learning Outcomes< em>< strong>< p>

nbsp;< em>< strong>< p>

nbsp;< em>< strong>< p>

Author Biography

  • Jeisi Aprilia Manoppo, Manado State University

    Ilmu Amalia Amal Ilmiah

References

Arikunto Suharsimi 2010 Prosedur Penelitian: Suatu pendekatan praktik Jakarta: Rineka Cipta

Darmadi Hamid 2010 Kemampuan Dasar Mengajar Landasan Konsep dan Implementasi Bandung: Alfabeta

Edward D 2006 Ketika Anak Sulit Diatur: Panduan Orang Tua Untuk Mengubah Masalah Perilaku Anak Bandung PT Mizan Utama

Handerson dan Mapp 2002 : Hasil Hasil Penelitian National Standars For Parents Familly Involment Program 2004

Kusuma Rindi 2013 Macam macam Pengawasan Orang Tua Terhadap Anak: Bandung: PT Remaja Rosda Kaya

Leman 2006 Anakku Http Leman or id anakku antu html

Sudibyo Lies 2011 Peranan dan Dampak Teknologi Infomrasi dalam Dunia Pendiidikan di Indonesia Jurnal WIDYATAMA Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharja Vol 20 No 2: 175 185

Sugiyono 2012 : 166 Burhan< 2008 : 122 Bungin M Burhan 2007 Penelitian Kualitatif Komunikasi Ekonomi Jakarta : Kencana Preenada Media Group

Sudjana Nana Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar Bandung: PT Raja Grafindo Persada 2003

Suripto Fatmasari R Purwantiningsih Penggunaan Teknologi dan Informasi dan Dampaknya Dalam Dunia Pendidikan: Makalah disajikan dalam seminar Citizen Journalism dan Keterbukaan Informasi Publik Untuk Semua Jakarta 16 April 2014

Tu u Tulus 2004 Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa Jakarta Grasindo

World Bank 2014 World Bank and Education in Indonesia Diakses dari http: www worldbank org en country Indonesia brief worldbank and education in indonesia pada november 2015

Zakiah Daradjat 1989 Pendekatan psikologis dan fungsi keluarga dalam menanggulangikenakalan remaja Semarang

Additional Files

Published

2022-06-28

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENGARUH PENGAWASAN ORANG TUA DAN PEMANFAATAN IPTEK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XII IPA DAN XII IPS DI SMA N 1 DUMOGA. (2022). Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(1), 52 58. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v3i1.3929