PENGARUH PENGAWASAN ORANG TUA DAN PEMANFAATAN IPTEK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XII IPA DAN XII IPS DI SMA N 1 DUMOGA

Authors

  • Jeisi Aprilia Manoppo Universitas Negeri Manado
  • Yance Tawas Universitas Negeri Manado
  • Listriyanti Palangda Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v3i1.3929

Keywords:

Parental Supervision, Use of science and Technology, Learning Outcomes

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk memgetahui seberapa besar Pengawasan Orang Tua Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Siswa kelas XII IPA Dan XII IPS di SMA N 1 DUMOGA, Pemanfaatan IPTEK Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Siswa kelas XII IPA dan XII IPS di SMA N1 DUMOGA  serta Pengawasan Orang Tua dan Pemanfaatan IPTEK secara bersama-sama Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Siswa kelas XII IPA dan XII IPS di SMA N 1 DUMOGA. Penelitian ini merupakan penelitian Ex Post Facto dan dilakukan di SMA N 1 DUMOGA pada kelas XII jurusan IPA IPS dengan jumlah sampel sebanyak 65 sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan angket. Hasil penelitian di analisis dengan metode analisis regresi berganda, analisis korelasi sederhana. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan (1) Pengawasan Orang Tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap Hasil Belajar siswa sebesar 90% dengan jumlah hitung t hitung > t tabel atau 16,62.1,66 dan jumlah f hitung > f tabel atau 600,39 > 3,99 (2) Pemanfaatan IPTEK berpengaruh positif dan signifikan terhadap Hasil Belajar siswa sebesar 90% dengan jumlah hitung  t hitung > t tabel atau 19,21 > 1,66 dan jumlah f hitung > f tabel atau 700,14 >3,99 (3) Pengawasan Orang Tua dan Pemanfaatan IPTEK berpengaruh positif dan signifikan terhadap Hasil Belajar kelas XII IPA DAN XII IPA di SMA N 1 DUMOGA sebesar 90% dengan jumlah hitung t hitung > t tabel = 132,15 >3,15                      

Kata Kunci : Pengawasan Orang Tua, Pemanfaatan IPTEK dan Hasil Belajar

 

 

ABSTRACT

This study aims to determine how much parental supervision affects the learning outcomes of students in class XII Sciense and Social science at SMA N 1 DUMOGA, the use of science and technology affects student learning outcomes in clas XII science dan social science at SMA N 1 DUMOGA, as well as parental supervision. And the use of science and technology together affect the learning outcomes of students in clas XII science and social science at SMA N 1 DUMOGA. This research is n ex pos facto study and was conducted at SMA N 1 DUMOGA in clas XII science and social science department with a total sample of 65 samples. The data collection technique used is using a questionnaire. The research results were analyzed using multiple regression analysis metod, simple correlation analysis. As for the results of this study, (1) Parental supervision has a positive dan significant effect on student learning outcomes in class XII science and XII social science at SMA N 1 DUMOGA by 9-% with a count t count > t table or 16,62 > 1,66 and the number of f arithmetic > f table or 600,39 > 3,99 (2) The use of science and technology has a positive and significant effect on student learning outcomes in class XII science and XII social science at SMA N 1 DUMOGA as much as 90% with a count t count > t table or 19,21 > 1,66 and the number of f count > f table or 700,14 > 3,99 (3) Parental supervision and the use of technology have a positive and significan effect on student learning outcomes in clas XII science and XII social science at SMA N 1 DUMOGA by 90% with the number of t count > t table or 132,15 > 3,15.

Keywords : Parental Supervision, Use of science and Technology, Learning Outcomes

 

 

Author Biography

Jeisi Aprilia Manoppo, Universitas Negeri Manado

Ilmu Amalia Amal Ilmiah

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu pendekatan praktik Jakarta: Rineka Cipta.

Darmadi, Hamid. 2010. Kemampuan Dasar Mengajar Landasan Konsep dan Implementasi Bandung: Alfabeta.

Edward. D (2006). Ketika Anak Sulit Diatur: Panduan Orang Tua Untuk Mengubah Masalah Perilaku Anak. Bandung PT. Mizan Utama.

Handerson dan Mapp, (2002): Hasil-Hasil Penelitian National Standars For Parents/Familly Involment Program, 2004.

Kusuma. Rindi 2013. Macam-macam Pengawasan Orang Tua Terhadap Anak: Bandung: PT Remaja Rosda Kaya.

Leman(2006). Anakku. Http/Leman or.id/anakku/antu.html.

Sudibyo, Lies. 2011. “ Peranan dan Dampak Teknologi Infomrasi dalam Dunia Pendiidikan di Indonesia”. Jurnal WIDYATAMA Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharja. Vol. 20, No 2: 175-185.

Sugiyono (2012 : 166), (Burhan< 2008 : 122) Bungin, M. Burhan 2007. Penelitian Kualitatif, Komunikasi, Ekonomi, Jakarta : Kencana Preenada Media Group.

Sudjana, Nana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT, Raja Grafindo Persada, 2003.

Suripto. Fatmasari R. Purwantiningsih.” Penggunaan Teknologi dan Informasi dan Dampaknya Dalam Dunia Pendidikan: Makalah disajikan dalam seminar Citizen Journalism dan Keterbukaan Informasi Publik Untuk Semua, Jakarta, 16 April 2014.

Tu”u, Tulus 2004 Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta Grasindo.

World Bank.2014 World Bank and Education in Indonesia. Diakses dari http:/www/worldbank.org/en//country/Indonesia/brief/worldbank-and-education-in-indonesia-pada-november-2015.

Zakiah Daradjat . (1989) . Pendekatan psikologis dan fungsi keluarga dalam menanggulangikenakalan remaja. Semarang.

Additional Files

Published

2022-06-28

How to Cite

Manoppo, J. A. ., Tawas, Y. ., & Palangda, L. . (2022). PENGARUH PENGAWASAN ORANG TUA DAN PEMANFAATAN IPTEK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XII IPA DAN XII IPS DI SMA N 1 DUMOGA. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(1), 52-58. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v3i1.3929

Issue

Section

Articles