PENGARUH PENDAPATAN ORANG TUA DAN BIAYA PENDIDIKAN TERHADAP MINAT MELANJUTKAN PENDIDIKAN STUDI KASUS PADA SISWA SMK N 1 TENGA KECAMATAN TENGA KABUPATEN MINAHASA SELATAN

Authors

  • Iwan Kandori Universitas Negeri Manado
  • Nicholas F. Wuryaningrat Universitas Negeri Manado
  • Chrisly Walangitan Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v3i1.3935

Keywords:

Parents' income, education costs, interest in continuing education

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh pendapatan orang tua dan biaya pendidikan terhadap minat melanjutkan pendidikan (studi kasus pada anak-anak smk negeri 1 tenga di desa pakuure kecamatan tenga kabupaten minahasa selatan). Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif metode survey. Populasi dalam penelitian ini adalah 363  dan sampel penelitian 78. Untuk menjawab hipotesis ketiga dalam peneliti melakukan pengujian hipotesis dengan analisis regresi ganda, koefisien korelasi ganda, koefisien determinan dan uji signifikan (uji f) karena data yang diperoleh memenuhi parameter untuk melakukan analisis regresi yaitu data berdistribusi normal dan berpola linear. Di temui konstanta 2,666 artinya, jika variabel pendapatan orang tua dan pembiayaan pendidikan tidak ada, maka nilai variabel minat melanjutkan studi adalah sebesar 2,666. Koefisien regresi variabel pendapatan orang tua 0,425 mengandung arti bahwa setiap penambahan 1 (satu) poin variabel pendapatan orang tua maka hal itu akan meningkatkan minat melanjutkan studi 0,425 kali. Koefisien regresi variabel pembiayaan pendidikan 0,420 mengandung arti bahwa setiap penambahan 1 (satu) poin variabel pembiayaan pendidikan maka hal itu akan meningkatkan minat melanjutkan studi sebesar 0,420 kali. Hasil koefisien korelasi ganda 0,764 artinya, ada hubungan yang  kuat pendapatan orang tua dan pembiayaan pendidikan dengan minat melanjutkan studi Hasil koefisien determinan sebesar 58,3% artinya, pengaruh bersama sama pendapatan orang tua dan pembiayaan pendidikan terhadap minat melanjutkan studi sebesar 58,3%. Di temui f hitung sebsar 52,521 lebih besar dari f tabel sebesar 3,119 Artinya pengaruh bersama sama pendapatan orang tua dan pembiayaan pendidikan terhadap minat melanjutkan studi signifikan sebesar 58,3%. Berdasarkan hasil penelitan ini maka hipotesis ketiga (H3) secara bersama-sama pendapatan orang tua dan pembiayaan pendidikan berpengaruh terhadap minat melanjutkan studi di terima. artinya, jika pendapatan orang tua dan  pembiayaan pendidikan sebaya bertambah secara bersama-sama maka minat melanjutkan studi sebesar akan meningkat menjadi lebih baik.

Kata kunci : Pendapatan orang tua, biaya pendidikan, dan minat melanjutkan pendidikan

 

 

ABSTRACT

This study aims to determine the extent of the influence of parental income and education costs on interest in continuing education (a case study of children from SMK Negeri 1 Tenga in Pakuure village, Tenga sub-district, South Minahasa district). The method used in this study uses a quantitative research type survey method. The population in this study was 363 and the research sample was 78. To answer the third hypothesis, the researcher tested the hypothesis with multiple regression analysis, multiple correlation coefficients, determinant coefficients and significant test (f test) because the data obtained met the parameters to perform regression analysis, namely data normal distribution and linear pattern. A constant of 2.666 was found, meaning that if the variables of parental income and education financing did not exist, then the value of the variable of interest in continuing their studies was 2.666. The regression coefficient for the parental income variable is 0.425, which means that for every additional 1 (one) point of the parent's income variable, it will increase the interest in continuing the study by 0.425 times. The regression coefficient for the education financing variable is 0.420, which means that for every additional 1 (one) point in the education financing variable, it will increase the interest in continuing studies by 0.420 times. The results of the double correlation coefficient of 0.764 means that there is a strong relationship between parental income and education financing with interest in continuing studies. The determinant coefficient results is 58.3%, meaning that the joint influence of parental income and education financing on interest in continuing studies is 58.3%. It was found that f arithmetic was 52.521 which was greater than f table of 3.119. This means that the joint influence of parents' income and education financing on interest in continuing their studies is significant at 58.3%. Based on the results of this study, the third hypothesis (H3) together with parents' income and education financing affects the acceptance of their interest in continuing their studies. that is, if parents' income and peer education funding increase together, the interest in continuing their studies will increase for the better.

Keywords: Parents' income, education costs, and interest in continuing education.

 

References

Badruin. (2014). Manajemen Peserta didik. Jakarta : PT Indeks.

Tamboto, J.D Henry, Allen A. Ch. Manongko.2017. Filsafat dalam perspektif pendidikan. Kampus UNIMA di Tondano: UNIMA PRESS.

Al Kadri, Hanif. (2011). Makalah : Efektifitas dan Efisiensi Pembiayaan Pendidikan. Padang

Budaya, Budi. Manajemen Pembiayaan Pendidikan Pada Sekolah Dasar Yang Efektif. Jurnal Ilmiah.Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Vol. 18, Nomor 1, hal 42-59

Fattah, Nanang. (2008). Pembiayaan Pendidikan: Landasan Teori dan Studi Empiris. Jurnal Pendidikan, No. 9

Hallak, J. (1985). Analisis Biaya dan Pengeluaran Untltk Pendidikun. International Institute For Planning, UNESCO : Paris

Mulyono. (2010). Konsep Pembiayaan Pendidikan. Jogjakarta : Ar-Ruzz Media Grup

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2012 tentang Pungutan dan Sumbangan Biaya Pendidikan pada Satuan Pendidikan Dasar.

Sumardi. Mulyanto, Dieveter, Hans,1991:96. Factor yang mempengaruhi pendapatan.

Soediyono, 1992:21-22. Cara mengukur pendapatan.

Maftuhah, 2011:19. Pendapatan orangtua. Nursiyah.

Sukirno. Sadano. 2015:49. Pendapatan Disposebel.

Levin,1987. Pembiayaan pendidikan.

Sulistyonongirum, 2010. Pembiayaan pendidikan.

Sardiman (2011: 76), pengertian minat. Dikutip dari artikel https://eprints.uny.ac.id/7821/3/BAB%202-08403241004.pdf

Slameto (2010:54), faktor yang mempengaruhi minat minat belajar siswa. Dikutip dari artikel https://eprints.uny.ac.id/7821/3/BAB%202-08403241004.pdf.

Ghozali. 2011:19. Teknik analisis data statistika deskriptif.

Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta

Additional Files

Published

2022-06-28

How to Cite

Kandori, I., Wuryaningrat, N. F. ., & Walangitan, C. (2022). PENGARUH PENDAPATAN ORANG TUA DAN BIAYA PENDIDIKAN TERHADAP MINAT MELANJUTKAN PENDIDIKAN STUDI KASUS PADA SISWA SMK N 1 TENGA KECAMATAN TENGA KABUPATEN MINAHASA SELATAN. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(1), 59-69. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v3i1.3935

Issue

Section

Articles