PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWER POINT MELALUI MATERI KEARSIPAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 9 MANADO
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpeunima.v2i2.3948Keywords:
Power Point, Learning Media, ArchivesAbstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk Mengembangkan Media Pembelajaran Power Point Melalui Materi Kearsipan Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Penelitian ini adalah penelotian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development or Production, Implementation or Delivery and Evaluations). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan Angket Validasi (validasi ahli media dan validasi ahli materi) dan angket respon siswa. Hasil dari angket validasi ahli materi termasuk dalam kriteria “sangat layak” dengan presentase 93,3%, hasil dari angket validasi ahli media termasuk dalam kriteria “sangat layak” dengan presentase 78%. Media Pembelajaran dinyatakan sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci : Power Point, Media Pembelajaran, Arsip
ABSTRACT
This study aims to develop Power Point learning media through archival materials to increase student interest in learning. This research is a development research using the ADDIE model (Analysis, Design, Development or Production, Implementation or Delivery and Evaluations). The data collection technique in this study used a Validation Questionnaire (validation of media experts and validation of material experts) and student response questionnaires. The results of the material expert validation questionnaire are included in the "very feasible" criteria with a percentage of 93.3%, the results from the media expert validation questionnaire are included in the "very feasible" criteria with a percentage of 78%. Learning Media is declared very suitable to be used in the learning process.
Keywords: Power Point, Learning Media, Archives
References
A.Sobandi2, Siti Nurhasanah1. (2016) “Minat Belajar Sebagai Determinasi Hasil Belajar Siswa (Learning Interest as Determinant Student Learning outcomes)”. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran Vol. 1 No. 1 Agustus 2016.
Indra Sakti, Yuniar Mega Puspasari, dan Eko Risdianto (2012) “ Pengaruh Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) Melalui Media Animasi Berbasis Macromedia Flash Terhadap Konsep Fisika Siswa Di SMA Plus Negeri 7 Kota Bengkulu” . Jurnal Exacta, Vol. X No. 1 Juni 2012.
Sanaky, Hujair AH. 2015. Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: KAUKABA DIPANTARA
M. Sobry Sutikno, (2009) Belajar dan Pembelajaran, (Bandung: Prospect), 32
Nasution, (1987). Teknologi Pendidikan. Bandung: Jemmars.
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Elisa Silalahi, Yance Tawas, Jety Lempas
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.