PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR GURU TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA DI SMA NEGERI 1 TOULUAAN SELATAN

Authors

  • Wiliam Lolowang Universitas Negeri Manado
  • Shopia Pongoh Universitas Negeri Manado
  • Devyano Ranti Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v1i2.4027

Keywords:

Teaching Skills, Teachers, Students, Cognitive Ability

Abstract

ABSTRAK

taraf signifikan (????????) = 0,05, Fhitung> Ftabel = 35,738 > 4,10 maka H0 ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan mengajar guru terhadap kemampuan kognitif siswa. Mencari besarnya sumbangan kontribusi variabel keterampilan mengajar guru (X) terhadap variabel kemampuan kognitif (Y) dengan rumus KD = r2 x 100% = 0,692 x 100% = 0,476 = 48 %. Artinya variabel keterampilan mengajar guru (X) memberikan kontribusi terhadap variabel kemampuan kognitif siswa (Y) sebesar 48 % dan sisanya 52% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Nilai thitung variabel keterampilan mengajar guru (X) adalah sebesar 5,90. Karena nilai thitung 5,90 > ttabel1,98, maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti ada hubungan yang signifikan antara variabel keterampilan mengajar guru dan kemampuan kognitif siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh dari hasil analisis regresi sederhana diperoleh persamaan regresi Y = a +Bx. Uji parsial (t) diperoleh thitung = 5,90. Karena thitung 5,90>ttabel 1,98, maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara variabel ketermpilan mengajar guru dengan kemampuan kognitif siswa.
Kata Kunci: Keterampialan Mengajar, Guru, Kemampuan Kognitif Siswa

 

ABSTRACT
Based on the significant test criteria with a significant level (α) = 0.05, Fcount > Ftable = 35,738 > 4,10 then H0 is rejected and Ha is accepted, meaning that there is a significant relationship between teacher teaching skills and students' cognitive abilities. Look for the contribution of the teacher's teaching skills variable (X) to the cognitive ability variable (Y) with the formula KD = r2 x 100% = 0.692 x 100% = 0.476 = 48%. This means that the teacher's teaching skills variable (X) contributes to the student's cognitive ability variable (Y) by 48% and the remaining 52% is influenced by other variables not examined. The t-count value of the teacher's teaching skills variable (X) is 5.90. Because the value of tcount 5.90 > ttable 1.98, it can be concluded that H0 is rejected and Ha is accepted, which means that there is a significant relationship between the variables of teacher teaching skills and students' cognitive abilities. Based on the research results obtained from the results of simple regression analysis obtained the regression equation Y = a + Bx. Partial test (t) obtained tcount = 5.90. Because tcount 5.90> ttable 1.98, it can be concluded that there is a significant relationship between the variables of teacher teaching skills and students' cognitive abilities.
Keywords: Teaching Skills, Teachers, Students' Cognitive Ability

References

Darmadi, H. 2010. Kemampuan dasar mengajar Landasan dan konsep implementasi. Bandung: Alfabeta.

Departemen Pendidikan Nasional. 2012. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Djamarah, S. B. 2010. Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta

Habibati. (2017). Strategi Belajar Mengajar. Darusalam, Banda Aceh: Syiah Kuala University Press.

Huda, M. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kebudayaan, I. d. (n.d.). Pengertian Pendidikan dan Makna Pendidikan. Retrieved mei 16, 2021, from https://www.silabus.web.id/pengertian-pendidikan-dan-makna-pendidikan/

Khadija. (2016). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini, hlm 31. Medan: Perdana Publishing.

Krathwohl, L. W. (2010). Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen (Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mularsih, K. d. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafinfo Persada.

Palupi, I. G. (2016). TAKSONOMI BLOOM – REVISI RANAH KOGNITIF: Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Penilaian. Retrieved from file:///C:/Users/ASUS/Downloads/50-95-1-SM%20(1).pdf

Priansa, D. J. (2014). Kinerja dan Profesional Guru. Bandung: Alfabeta.

Rombot, O. (2020, July 06). Keterampilan Mengajar. Retrieved from https://pgsd.binus.ac.id/2020/07/06/keterampilan-mengajar/

Wikipedia. (2019, February 27). Taksonomi Bloom. Retrieved from https://id.wikipedia.org/wiki/Taksonomi_Bloom

Additional Files

Published

2020-12-28

How to Cite

Lolowang, W., Pongoh, S. ., & Ranti, D. (2020). PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR GURU TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA DI SMA NEGERI 1 TOULUAAN SELATAN. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 1(2), 345-256. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v1i2.4027

Issue

Section

Articles