PENGARUH EFIKASI DIRI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA KULIAH ANALISA INFORMASI KEUANGAN PADA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN 2018 UNIVERSITAS NEGERI MANADO
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpeunima.v3i1.4045Keywords:
Self-efficacy, Learning Independence, Learning AchievementAbstract
ABSTRAK< strong>< p>
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: efikasi diri dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar mata kuliah analisa informasi keuangan pada Mahasiswa jurusan pendidikan ekonomi angkatan 2018 Universitas Negeri Manado Sedangkan metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan survey Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner observasi dan dokumentasi Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa jurusan pendidikan ekonomi Angkatan 2018 yang berjumlah 80 orang Sementara sempel dalam penelitian ini berjumlah 67 orang Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1 Efikasi diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi belajar mata kuliah analisa informasi keuangan pada mahasiswa jurusan pendidikan ekonomi angkatan 2018 Universitas Negeri Manado 2 Kemandirian belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi belajar mata kuliah analisa informasi keuangan pada mahasiswa jurusan pendidikan ekonomi angkatan 2018 Universitas Negeri Manado 3 Efikasi diri dan Kemandirian belajar secara Bersama sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi belajar mata kuliah analisa informasi keuangan pada mahasiswa jurusan pendidikan ekonomi angkatan 2018 Universitas Negeri Manado < p>
Kata Kunci: Efikasi Diri Kemandirian Belajar Prestasi Belajar< em>< strong>< p>
nbsp;< em>< strong>< p>
nbsp; nbsp; nbsp; ABSTRACK< strong>< p>
This study aims to determine the effect of: Self efficacy and learning independence on learning achievement in financial information analysis courses for students majoring in economic education class 2018 Manado State University This study uses a quantitative method with a survey approach Data collection techniques used in this study were questionnaires observation and documentation The population in this study were 80 students majoring in economics education class 2018 While the sample in this study amounted to 67 people The data analysis technique used is multiple linear regression The results of this study indicate that: 1 Self efficacy has a positive and significant effect on learning achievement in the financial information analysis course for students majoring in economic education class 2018 Manado State University 2 Learning independence has a positive and significant effect on learning achievement in the financial information analysis course for students majoring in economic education class 2018 Manado State University 3 Self efficacy and learning independence together have a positive and significant effect on learning achievement in the financial information analysis course for students majoring in economic education class 2018 Manado State University < p>
Keywords: Self efficacy Learning Independence Learning Achievement < strong>< p>
References
Adman M 2017 Peran Efikasi Diri dan Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 1 2 110 117
Aflan Rustam Dewi Sri Wahyuni 2020 Pengaruh Efikasi Diri dan Regulasi Diri terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Alkhairaat 1 Palu Jurnal pendidikan dan pembelajaran 3 1 61 68
Aini P N Taman A 2012 Pengaruh kemandirian dan lingkungan belajar siswa terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sewon Bantul tahun ajaran 2010 2011 Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia 10 1
Arikunto S 2009 Dasar dasar Evaluasi Pendidikan Jakarta: Bumi Aksara
Bandura A 1997 Self Efficacy: The Exercise of Control New York: W H Freeman and Company
Bungsu T K Vilardi M Akbar P Bernard R 2019 Pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika di SMKN 1 Cihampelas Journal on Education 1 2 382 389
Djamarah S B 2011 Psikologi Belajar Jakarta: PT Rineka Cipta
Haris rofiqi Dewi kusuma wardani Jonet ariyanto nugroho Pengaruh efikasi diri dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa program keahlian pemasaran SMK Negeri 1 Sukoharjo tahun ajaran 2015 2016 BISE: Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi 2 2 2016
Hidayat M A Sutirna S S 2020 Pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar matematika Prosiding Sesiomadika 2 1c
Ningsih R Nurrahmah A 2016 Pengaruh Kemandirian belajar dan perhatian orang tuaterhadap prestasi belajar matematika Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 6 1
Ningsih R Nurrahmah A 2016 Pengaruh Kemandirian belajar dan perhatian orang tuaterhadap prestasi belajar matematika Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 6 1
Oroh C M Tamboto H J Watung S R 2020 Pengaruh kemampuan berpikir tingkat tinggi dan kemandirian belajar terhadap kemampuan kognitif siswa di SMA Negeri 7 Manado kelas XI IPS Literacy jurnal Pendidikan Ekonomi 1 2 147 165
Peraturan Rektor Universitas Negeri Manado Bab VIII Pasal 49 ayat 1 tentang Pelaporan Penilaian
Prayuda R Thomas Y Basri M 2014 Pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran khatulistiwa 3 8
Sugiyono 2018 Metode penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R D Bandung: Alfabeta
Tung K Y 2015 Pembelajaran dan Perkembangan Belajar Jakarta: PT Indeks
Winkel dalam Sunarto 2009 Pengertian Prestasi Belajar Jurnal di akses 3 april 2010
Wulanningtyas Melania eva Hendrikus mikku ate Pengaruh efikasi diri siswa terhadap prestasi belajar matematika KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional 2 1 2020 : 166 169

ÂÂÂÂÂ