PENGARUH EFIKASI DIRI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA KULIAH ANALISA INFORMASI KEUANGAN PADA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN 2018 UNIVERSITAS NEGERI MANADO
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpeunima.v3i1.4045Keywords:
Self-efficacy, Learning Independence, Learning AchievementAbstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: efikasi diri dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar mata kuliah analisa informasi keuangan pada Mahasiswa jurusan pendidikan ekonomi angkatan 2018 Universitas Negeri Manado. Sedangkan metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan survey. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner, observasi dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa jurusan pendidikan ekonomi Angkatan 2018 yang berjumlah 80 orang. Sementara sempel dalam penelitian ini berjumlah 67 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Efikasi diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi belajar mata kuliah analisa informasi keuangan pada mahasiswa jurusan pendidikan ekonomi angkatan 2018 Universitas Negeri Manado. 2) Kemandirian belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi belajar mata kuliah analisa informasi keuangan pada mahasiswa jurusan pendidikan ekonomi angkatan 2018 Universitas Negeri Manado. 3) Efikasi diri dan Kemandirian belajar secara Bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi belajar mata kuliah analisa informasi keuangan pada mahasiswa jurusan pendidikan ekonomi angkatan 2018 Universitas Negeri Manado.
Kata Kunci: Efikasi Diri, Kemandirian Belajar, Prestasi Belajar
ABSTRACK
This study aims to determine the effect of: Self-efficacy and learning independence on learning achievement in financial information analysis courses for students majoring in economic education class 2018 Manado State University. This study uses a quantitative method with a survey approach. Data collection techniques used in this study were questionnaires, observation and documentation. The population in this study were 80 students majoring in economics education class 2018. While the sample in this study amounted to 67 people. The data analysis technique used is multiple linear regression. The results of this study indicate that: 1) Self-efficacy has a positive and significant effect on learning achievement in the financial information analysis course for students majoring in economic education class 2018 Manado State University. 2) Learning independence has a positive and significant effect on learning achievement in the financial information analysis course for students majoring in economic education class 2018 Manado State University. 3) Self-efficacy and learning independence together have a positive and significant effect on learning achievement in the financial information analysis course for students majoring in economic education class 2018 Manado State University.
Keywords: Self-efficacy, Learning Independence, Learning Achievement
References
Adman, M. (2017). “Peran Efikasi Diri dan Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan”. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. 1(2), 110-117.
Aflan Rustam, Dewi Sri Wahyuni (2020). “Pengaruh Efikasi Diri dan Regulasi Diri terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Alkhairaat 1 Palu”. Jurnal pendidikan dan pembelajaran. 3(1), 61-68.
Aini, P. N., & Taman, A, (2012). Pengaruh kemandirian dan lingkungan belajar siswa terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sewon Bantul tahun ajaran 2010/2011. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10(1).
Arikunto, S. (2009). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Bandura, A. (1997). Self-Efficacy: The Exercise of Control. New York: W. H Freeman and Company
Bungsu, T.K., Vilardi, M, Akbar, P & Bernard, R. (2019). Pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika di SMKN 1 Cihampelas. Journal on Education, 1(2), 382-389.
Djamarah, S. B. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Haris rofiqi, Dewi kusuma wardani, & Jonet ariyanto nugroho. “Pengaruh efikasi diri dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa program keahlian pemasaran SMK Negeri 1 Sukoharjo tahun ajaran 2015/2016”. BISE: Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi 2.2 (2016).
Hidayat, M. A., & Sutirna, S. S. (2020). Pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar matematika. Prosiding Sesiomadika, 2(1c).
Ningsih, R., & Nurrahmah, A. (2016). Pengaruh Kemandirian belajar dan perhatian orang tuaterhadap prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1).
Ningsih, R., & Nurrahmah, A. (2016). Pengaruh Kemandirian belajar dan perhatian orang tuaterhadap prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1).
Oroh, C. M., Tamboto, H. J., & Watung, S. R. (2020). Pengaruh kemampuan berpikir tingkat tinggi dan kemandirian belajar terhadap kemampuan kognitif siswa di SMA Negeri 7 Manado kelas XI IPS. Literacy-jurnal Pendidikan Ekonomi, 1(2), 147-165
Peraturan Rektor Universitas Negeri Manado Bab VIII Pasal 49 ayat 1 tentang Pelaporan Penilaian
Prayuda, R., Thomas, Y., & Basri, M. (2014). Pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran khatulistiwa, 3(8).
Sugiyono, (2018). Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tung, K.Y. (2015). Pembelajaran dan Perkembangan Belajar. Jakarta: PT Indeks.
Winkel (dalam Sunarto, 2009). Pengertian Prestasi Belajar. Jurnal, di akses 3 april 2010.
Wulanningtyas, Melania eva, & Hendrikus mikku ate. “Pengaruh efikasi diri siswa terhadap prestasi belajar matematika”. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional 2.1 (2020): 166-169.
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Sjeddie Rianne Watung, Jones Xaverius Pontoh , Hill Gelfry Sau
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.