PENGARUH LITERASI EKONOMI DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP EEFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SISWA JURUSAN AKUNTANSI KEUANGAN DAN LEMBAGA SMK NEGERI 2 TONDANO
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpeunima.v3i1.4050Keywords:
Economic Literacy, Learning Motivation, Learning EffectivenessAbstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Literasi Ekonomi dan Motivasi Belajar Terhadap Efektivitas Pembelajaran Siswa Jurusan Akuntansi Keuangan dan Lembaga Smk Negeri 2 Tondano. Metode penelitian ini adalah metode survey dengan sampel 80 siswa. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah teknik kuesioner (angket), observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian dianalisis dengan metode analisis regresi linear ganda, dan analisis korelasi sederhana dan analisis korelasi ganda. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukan (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Literasi Ekonomi terhadap Efektivitas Pembelajaran Siswa Jurusan AKL SMK Negeri 2 Tondano, yang berarti Ha1 diterima. Hal tersebut menggambarkan bahwa semakin baik Penerapan Literasi Ekonomi yang diberikan maka akan meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Siswa. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Motivasi Belajar terhadap Efektivitas Pembelajaran Siswa Jurusan AKL SMK Negeri 2 Tondano, yang berarti Ha2 diterima. Hal tersebut menggambarkan bahwa semakin terjangkaunya Motivasi Belajar, Sehingga dapat memperkecil kekecewaan dan meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Siswa. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara Literasi Ekonomi dan Motivasi Belajar terhadap Efektivitas Pembelajaran Siswa Jurusan AKL SMK Negeri 2 Tondano, secara simultan yang berarti Ha3 dalam penelitian ini diterima.
Kata Kunci : Literasi Ekonomi, Motivasi Belajar, Efektivitas Pembelajaran
ABSTRACT
This study aims to determine the effect of economic literacy and learning motivation on the effectiveness of students' learning in the Department of Financial Accounting and Smk Negeri 2 Tondano. This research method is a survey method with a sample of 80 students. The technique used in data collection is a questionnaire technique (questionnaire), observation and documentation. The research results were analyzed using multiple linear regression analysis methods, and simple correlation analysis and multiple correlation analysis. The results of this study indicate (1) There is a positive and significant influence between Economic Literacy on the Learning Effectiveness of Students in the AKL Department of SMK Negeri 2 Tondano, which means Ha1 is accepted. This illustrates that the better the application of economic literacy is given, it will increase the effectiveness of student learning. (2) There is a positive and significant influence between Learning Motivation on Learning Effectiveness of Students of AKL Department at SMK Negeri 2 Tondano, which means Ha2 is accepted. This illustrates that the more affordable learning motivation is, so that it can reduce disappointment and increa-se the effectiveness of student learning. (3) There is a significant effect between Economic Literacy and Learning Motivation on the Learning Effectiveness of Students in the AKL Department of SMK Negeri 2 Tondano, simultaneously, which means that Ha3 in this study is accepted.
Keywords: Economic Literacy, Learning Motivation, Learning Effectiveness
References
Arikunto, S. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Agung Edy, W. d. (2012). Aplikasi praktis SPSS dalam Penelitian, edisi ke dua. Yogyakarta: Penerbit Gaya Media..
A Haryono-Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (JPP) 2013
Conny Semiawan. (2010). Lingkungan Keluarga yang Mempengaruhi Motivasi
Henry Febryanto. 2012. Hubungan Antara Efektivitas Pembelajaran Praktek dan Motivasi Belajar Siswa Studi Teknik Kendaraan Ringan Kelas XI SMK Taman Siswa Kota Yogyakarta.
Hasbullah. (2012). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Ir. Syofian Siregar, M. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana.
Margono, S. (2004). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Riduwan. 2012. Metode dan Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta:PT. Rineka Cipta.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sudjana, N. (2004). Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung:
Remaja Rosdakarya, hal 12.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suroyo, A. (2009). Pemahaman Individu Observasi Cheklist, Interview,
Kuesioner dan Sosiometri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, hal 168.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sisca Loway. (2019). Pengaruh Disiplin Belajar Dan Kreativitas Terhadap
Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sina, Peter Garlans. (2012). Analisis Literasi Ekonomi. Salatiga : Alumni Magister Manajemen UKSW
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Iwan Kandori, Sjedie Watung, Ray Mambu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.