PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP MINAT KUNJUNG PADA OBJEK WISATA YANG ADA DIPULAU SARA’A KABUPATEN KEPULAUAN TALAUD
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpeunima.v3i1.4080Keywords:
Service Quality, Customer Satisfaction, Visiting InterestAbstract
Abstrak
Penelitan ini bertujuan untuk Pengaruh Kualitas Pelayanan dan dan kepuasan konsumen terhadap minat kunjung pada objek wisata yang ada dipulau Sara’a kabupaten kepulauan Talau. Dengan menggunakan pendekatan penelitan kuantitatif, untuk mengetahui pengaruh Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Konsumen.Dengan sampel berjumlah 50. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara variabel kualitas pelayanan (X1)dan minat kunjung wisatawan (Y). Hal ini ditunjukkan dengan thitung sebesar = 4.96. Derajat keabsahannya (db =50-2 = 48) pada taraf signifikan 0,05 diperoleh ttabel sebesar 1,67. Karena nilai thitung lebih besar dari ttabel (4.96 , H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti ada hubungan yang signifikan dan positif antara kualitas pelayanan terhadap minat kunjung wisatawan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa hipotesis kedua yaitu terdapat hubungan antara variable kepuasan konsumen (X2) dengan minat kunjung wisatawan Y). Hal ini ditunjukkan dengan diperoleh diperoleh thitung sebesar = 5,37. Derajat keabsahannya (db =50-2 = 48) pada taraf signifikan 0,05 diperoleh ttabel sebesar 1,67. Karena nilai thitung lebih besar dari ttabel (5,37 , H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti ada hubungan yang signifikan dan positif antara kepuasan konsumen terhadap minat kunjung wisatawan.Hasil uji simultan (bersama-sama ) menujukkan bahwa kualitas pelayanan (X1) dan kepuasan konsumen (X2) berpengaruh signifikan dan positif terhadap variable minat kunjung wisatawan (Y). Nilai Fhitung yang diperoleh sebesar 114,73 artinya Fhitung Ftabel = Fhitung Ftabel =114,73 3,20 pada taraf signifikan 0,05 atau 5%. Nilai R square sebesar 0.830atau 83,0 % yang berarti bahwa hubungan antara varaibel kualitas pelayanan (X1) dan kepuasan konsumen (X2) dengan minat kunjung wisatawan (Y) memiliki hubungan yang kuat. Dalam penelitian ini juga diperoleh persamaan regresi Y = 7,24 + 0,58X1+0,39X2
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasan konsumen,Minat Kunjung
ABSTRACT
This research aims to influence the quality of service and consumer satisfaction on interest in visiting tourist objects on the island of Sara'a, the district of the Talau islands. By using a quantitative research approach, to determine the effect of Service Quality and Consumer Satisfaction. With a sample of 50. The results of data analysis show that there is a relationship between service quality variables (X1) and tourist interest in visiting (Y). This is indicated by tcount = 4.96. The degree of validity (db = 50-2 = 48) at a significant level of 0.05 obtained a t table of 1.67. Because the value of count is greater than t table (4.96 > 1.67), H0 is rejected and Ha is accepted, which means that there is a significant and positive relationship between service quality and interest in visiting tourists. The results of data analysis indicate that the second hypothesis is that there is a relationship between the variable consumer satisfaction (X2) and the interest of visiting tourists Y). This is indicated by the obtained tcount = 5.37. The degree of validity (db = 50-2 = 48) at a significant level of 0.05 obtained a ttable of 1.67. Because the value of tcount is greater than ttable (5.37 > 1.67), H0 is rejected and Ha is accepted which means that there is a significant and positive relationship between consumer satisfaction and interest in visiting tourists. The results of the simultaneous test (together) show that service quality (X1) and consumer satisfaction (X2) have a significant and positive effect on the variable of tourist interest in visiting (Y). The Fcount value obtained is 114.73 which means Fcount > Ftable = Fcount > Ftable = 114.73 > 3.20 at a significant level of 0.05 or 5%. The value of R square is 0.830 or 83.0%, which means that the relationship between the service quality variable (X1) and customer satisfaction (X2) and the interest in visiting tourists (Y) has a strong relationship. In this study also obtained the regression equation Y = 7.24 + 0.58X1+0.39X2
Keywords: Service Quality, Customer Satisfaction, Visiting Interest
References
Anik Nurhanifah dan sutopo. 2014. Analisis Pengaruh Kualiats Pelayanan, Promosi dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen.Jurna lmanajemen.Volume.3.No.4 Kotler, Philip. 2005. Prinsip-prinsip Pemasaran Jilid I. Jakarta: Erlangga.
Supranto, J, 2004, Analisis Multivariat: Arti dan interpretasi, Jakarta, PT. Rineka Cipt
Bachtiar. (2011). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Mahasiswa dalam Memilih Politeknik Sawunggalih. Aji Purworejo. Dinamika Sosial Ekonomi Vol 7 No. 1.
Fandy, Tjiptono. 2004. Manajemen Jasa, Edisi Pertama, Yogyakarta, Andi Offset.
Bachtiar, M. Latief. 2016. Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Minat Berkunjung Kembali Di Objek Wisata Pantai Kabupaten Gunung Kidul. Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Program Studi Manajemen. Universitas Negeri Yogyakarta
Aprilianti, D. (2017). Penilaian Potensi Objek Wisata Air Terjun Puteri Malu Kampung Jukuh Batu Kecamatan Banjit Kabupaten. Skripsi.Program Studi Pendidikan Geografi Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung 2017, 2017.
Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. 76
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Administratif. Bandung: Alfabeta. Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Administratif. Bandung: Alfabeta.
Sudjana, Nana. 2004. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung :Sinar Baru Algensido Offset.
Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia.
Usman, Husaini. 2003. Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara
Guilford, J.P. 1956. Fundamental Statistics in Psychology and Education. 3rd ed. Tokyo: Mc. Graw-Hill Kogakusha Company.Ltd
Arikunto, S. 2002. Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: PT.
Rineka Cipta.
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta
Akon & Riduwan.(2010).Rumus dan Data Dalam Analisis Statistika,Cetakan
,Alfabeta.
Ibnu Widiyanto Sopyan. 2015. Antesenden Minat Berkunjung Ulang (Studi Pada Cagar Budaya Bedung Lawang Sewu Semarang). Diponogoro Journal Of Management, Vol 4 No 2.
Dhiba, Ich Diana Sarah dan Ayun Maduwinarti. 2014. Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Minat Pengunjung Pada Objek Wisata Museum Kesehatan dr.Adhyatma, MPH Surabaya. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Manajemen.
Vol. 1. 2.
Anastasia Wulandari, 2012, Pengembangan Motorik Kasar Melalui Permainan Tradisional Gobak Sodor di TK Pertiwi , Karanganyar.
Kotler, Philip (2000). Prinsip – Prinsip Pemasaran Manajemen, Jakarta : Prenhalindo.
Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2003. Dasar-dasar Pemasaran. Edisi Kesembilan. Jakarta : Indeks.
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Sri P. Siswanto, Joubert Dame, Sarci Tehamen
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.