PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP MINAT KUNJUNG PADA OBJEK WISATA YANG ADA DIPULAU SARA’A KABUPATEN KEPULAUAN TALAUD

Authors

  • Sri P. Siswanto Universitas Negeri Manado
  • Joubert Dame Universitas Negeri Manado
  • Sarci Tehamen Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v3i1.4080

Keywords:

Service Quality, Customer Satisfaction, Visiting Interest

Abstract

Abstrak 

Penelitan ini bertujuan untuk Pengaruh Kualitas Pelayanan dan dan kepuasan konsumen terhadap minat kunjung pada objek wisata yang ada dipulau Sara’a kabupaten kepulauan Talau. Dengan menggunakan pendekatan penelitan kuantitatif, untuk mengetahui pengaruh Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Konsumen.Dengan sampel berjumlah 50. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara variabel  kualitas pelayanan (X1)dan minat kunjung wisatawan (Y). Hal ini ditunjukkan dengan thitung sebesar = 4.96. Derajat  keabsahannya (db =50-2 = 48) pada taraf signifikan 0,05 diperoleh ttabel sebesar 1,67. Karena nilai thitung lebih besar dari  ttabel (4.96 , H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti ada hubungan yang signifikan dan positif antara  kualitas pelayanan terhadap  minat kunjung wisatawan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa hipotesis kedua yaitu terdapat hubungan antara variable kepuasan konsumen (X2) dengan  minat kunjung wisatawan Y). Hal ini ditunjukkan dengan diperoleh diperoleh thitung sebesar = 5,37. Derajat  keabsahannya (db =50-2 = 48) pada taraf signifikan 0,05 diperoleh ttabel sebesar 1,67. Karena nilai thitung lebih besar dari  ttabel (5,37 , H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti ada hubungan yang signifikan dan positif antara  kepuasan konsumen terhadap  minat kunjung wisatawan.Hasil uji simultan (bersama-sama ) menujukkan bahwa  kualitas pelayanan (X1) dan kepuasan konsumen (X2) berpengaruh signifikan dan positif terhadap variable minat kunjung wisatawan (Y). Nilai Fhitung  yang diperoleh sebesar 114,73 artinya  Fhitung  Ftabel = Fhitung  Ftabel =114,73 3,20 pada taraf signifikan 0,05 atau 5%. Nilai R square sebesar 0.830atau 83,0  % yang berarti bahwa hubungan antara varaibel kualitas pelayanan (X1) dan  kepuasan konsumen (X2)  dengan minat kunjung wisatawan (Y) memiliki hubungan yang kuat. Dalam penelitian ini juga diperoleh persamaan regresi  Y = 7,24 + 0,58X1+0,39X2

Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasan konsumen,Minat Kunjung

 

 

ABSTRACT

This research aims to influence the quality of service and consumer satisfaction on interest in visiting tourist objects on the island of Sara'a, the district of the Talau islands.  By using a quantitative research approach, to determine the effect of Service Quality and Consumer Satisfaction. With a sample of 50. The results of data analysis show that there is a relationship between service quality variables (X1) and tourist interest in visiting (Y).  This is indicated by tcount = 4.96.  The degree of validity (db = 50-2 = 48) at a significant level of 0.05 obtained a t table  of 1.67.  Because the value of count is greater than t table (4.96 > 1.67), H0 is rejected and Ha is accepted, which means that there is a significant and positive relationship between service quality and interest in visiting tourists.  The results of data analysis indicate that the second hypothesis is that there is a relationship between the variable consumer satisfaction (X2) and the interest of visiting tourists Y).  This is indicated by the obtained tcount = 5.37.  The degree of validity (db = 50-2 = 48) at a significant level of 0.05 obtained a ttable of 1.67.  Because the value of tcount is greater than ttable (5.37 > 1.67), H0 is rejected and Ha is accepted which means that there is a significant and positive relationship between consumer satisfaction and interest in visiting tourists. The results of the simultaneous test (together) show that service quality  (X1) and consumer satisfaction (X2) have a significant and positive effect on the variable of tourist interest in visiting (Y).  The Fcount value obtained is 114.73 which means Fcount > Ftable = Fcount > Ftable = 114.73 > 3.20 at a significant level of 0.05 or 5%.  The value of R square is 0.830 or 83.0%, which means that the relationship between the service quality variable (X1) and customer satisfaction (X2) and the interest in visiting tourists (Y) has a strong relationship.  In this study also obtained the regression equation Y = 7.24 + 0.58X1+0.39X2

Keywords: Service Quality, Customer Satisfaction, Visiting Interest

References

Anik Nurhanifah dan sutopo. 2014. Analisis Pengaruh Kualiats Pelayanan, Promosi dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen.Jurna lmanajemen.Volume.3.No.4 Kotler, Philip. 2005. Prinsip-prinsip Pemasaran Jilid I. Jakarta: Erlangga.

Supranto, J, 2004, Analisis Multivariat: Arti dan interpretasi, Jakarta, PT. Rineka Cipt

Bachtiar. (2011). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Mahasiswa dalam Memilih Politeknik Sawunggalih. Aji Purworejo. Dinamika Sosial Ekonomi Vol 7 No. 1.

Fandy, Tjiptono. 2004. Manajemen Jasa, Edisi Pertama, Yogyakarta, Andi Offset.

Bachtiar, M. Latief. 2016. Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Minat Berkunjung Kembali Di Objek Wisata Pantai Kabupaten Gunung Kidul. Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Program Studi Manajemen. Universitas Negeri Yogyakarta

Aprilianti, D. (2017). Penilaian Potensi Objek Wisata Air Terjun Puteri Malu Kampung Jukuh Batu Kecamatan Banjit Kabupaten. Skripsi.Program Studi Pendidikan Geografi Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung 2017, 2017.

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. 76

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Administratif. Bandung: Alfabeta. Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Administratif. Bandung: Alfabeta.

Sudjana, Nana. 2004. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung :Sinar Baru Algensido Offset.

Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia.

Usman, Husaini. 2003. Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara

Guilford, J.P. 1956. Fundamental Statistics in Psychology and Education. 3rd ed. Tokyo: Mc. Graw-Hill Kogakusha Company.Ltd

Arikunto, S. 2002. Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: PT.

Rineka Cipta.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta

Akon & Riduwan.(2010).Rumus dan Data Dalam Analisis Statistika,Cetakan

,Alfabeta.

Ibnu Widiyanto Sopyan. 2015. Antesenden Minat Berkunjung Ulang (Studi Pada Cagar Budaya Bedung Lawang Sewu Semarang). Diponogoro Journal Of Management, Vol 4 No 2.

Dhiba, Ich Diana Sarah dan Ayun Maduwinarti. 2014. Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Minat Pengunjung Pada Objek Wisata Museum Kesehatan dr.Adhyatma, MPH Surabaya. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Manajemen.

Vol. 1. 2.

Anastasia Wulandari, 2012, Pengembangan Motorik Kasar Melalui Permainan Tradisional Gobak Sodor di TK Pertiwi , Karanganyar.

Kotler, Philip (2000). Prinsip – Prinsip Pemasaran Manajemen, Jakarta : Prenhalindo.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2003. Dasar-dasar Pemasaran. Edisi Kesembilan. Jakarta : Indeks.

Additional Files

Published

2022-06-28

How to Cite

Siswanto, S. P. ., Dame, J., & Tehamen, S. . (2022). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP MINAT KUNJUNG PADA OBJEK WISATA YANG ADA DIPULAU SARA’A KABUPATEN KEPULAUAN TALAUD. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(1), 141-149. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v3i1.4080

Issue

Section

Articles