PENGGUNAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA PMRI DALAM PEMBELAJARAN MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS DI SMP NEGERI 1 AIRMADIDI
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpeunima.v3i1.4084Keywords:
Indonesian Realistic Mathematics Learning (PMRI), Equation Straight lineAbstract
nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; ABSTRAK< strong>< p>
Pembelajaran materi persamaan garis lurus selama ini diajarkan dengan urutan sajian materi: diajarkan teori definisi teorema diberikan contoh contoh dan diberikan soal latihan dalam latihan soal barulah diberi soal cerita yang mungkin terkait dengan kehidupan sehari hari justru soal bentuk cerita itulah yang sulit dipahami atau diselesaikan siswa Hal inilah yang melatar belakangi penulis untuk mengajarkan materi persamaan garis lurus dengan menggunakan pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia PMRI < p>
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi persamaan garis lurus dengan menggunakan pendekatan PMRI pada siswa Kelas VIIID SMP Negeri 1 Airmadidi Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan 2 dua siklus dengan prosedur yaitu 1 Perencanaan 2 Pelaksanaan tindakan 3 Observasi dan 4 Refleksi Teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah teknik deskriptif komparatif dan teknik analisis kritis < p>
Hasil siklus I adalah sebanyak 22 siswa atau 66 7 tuntas sedangkan 11 siswa atau 33 3 siswa tidak tuntas dan hasil siklus II adalah sebanyak 29 siswa atau 87 9 tuntas dan 4 siswa atau 12 1 tidak tuntas < p>
Berdasarkan hasil tersebut maka penggunaan Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia PMRI dalam pembelajaran materi Persamaan Garis Lurus dapat meningkatkan hasil belajar siswa < p>
Kata kunci: < strong>Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia PMRI Persamaa< strong>n< strong>< p>
nbsp;< strong>Garis< strong> Lurus < strong>< p>
nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; < strong>< p>
nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp;ABSTRACT< strong>< p>
Learning the material for straight line equations has been taught in the order in which the material is presented: theory definition theorem is taught examples are given and practice questions are given In practice questions story questions may be given which may be related to everyday life precisely the form of the story difficult for students to understand or complete This is the background of the author to teach the material of straight line equations using the Indonesian Realistic Mathematics Learning PMRI approach < p>
This study aims to improve student learning outcomes on the material of straight line equations using the PMRI approach to Class VIIID students of SMP Negeri 1 Airmadidi This classroom action research was carried out in 2 two cycles with procedures namely 1 Planning 2 Action Implementation 3 Observation and 4 Reflection The technique used to analyze the data is a comparative descriptive technique and a critical analysis technique < p>
The results of the first cycle were as many as 22 students or 66 7 completed while 11 students or 33 3 students did not complete and the results of the second cycle were 29 students or 87 9 completed and 4 students or 12 1 incomplete < p>
Based on these results the use of Indonesian Realistic Mathematics Learning PMRI in learning the material of Straight Line Equations can improve student learning outcomes < p>
Keywords: Indonesian Realistic Mathematics Learning PMRI Equation Straight line < strong>< p>
References
Aiken L R 1997 Psychological Testing and Assesment Ninth edition New York: Mc Graw Hill Company
Arikunto S 1999 Dasar Dasar Evaluasi Pendidikan edis revisi Bandung: Bumi Aksara
Dahar R W 1988 Teori Teori Belajar Jakarta: Depdikbud P2LPTK
Dalyana 2003 Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Realistik Pada Pokok Bahasan Perbandingan di Kelas II SLTP Tesis Surabaya: PPs UNESA Surabaya
Depdikbud 1995 GBPP Matematika untuk SLTP Jakarta: Depdikbud
Fauzan A 2001 Pengembangan dan Implementasi Prototipe I II Perangkat Pembelajaran Geometri untuk Siswa Kelas IV SD Menggunakan Pendekatan RME Makalah disampaikan pada Seminar Nasional RME di Jurusan Matematika FMIPA UNESA 24 Februari 2001
Fauzi Amin 2001 Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Realistik Pokok Bahasan Pembagian di Kelas IV SD Makalah Komprehensif Surabaya: UNESA
Gafur A 1989 Disain Instruksional Suatu Langkah Sistimatika Penyusunan Pola Dasar Kegiatan Belajar dan Mengajar Solo: Tiga Serangkai
Gravemeijer K P E 1994 Developing Realistic Mathematics Education Utrecht: Freudenthal Institute
Grounlund N E 1982 Constructing Achievment Test Fifth Edition USA: Prentice Hall Inc
Hasratuddin 2002 Pembelajaran Matematika unit Geometri dengan Pendekatan Realistik di SLTP 6 Medan Tesis Surabaya: PPs UNESA Surabaya
Herawaty D 2003 Pembelajaran Matematika Realistik Pokok Bahasan Persamaan Linier Satu Variabel di SLTPN 21 Surabaya Tesis Surabaya: PPs UNESA Surabaya
Hudoyo H 1988 Mengapa Belajar Matematika Jakarta: Dirjen Dikti Depdikbud
_________ 2002 Representase Belajar Berbasis Masalah Dimuat pada jurnal Matematika atau pembelajaran Malang: Tahun VIII Edisi Khusus Juli 2002 Universitas Negeri Malang
Kemp J E Morrision G R and Ross S M 1994 Designing Effective Instruction New York: Maxwell Macmillan International
Kislam S 1983 Pengembangan Tujuan Instruksional Diktat Malang: IKIP Malang
Lince R 2001 Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kooperatif dengan Pendekatan Struktural pada Pokok Bahasan Persamaan Garis Lurus di elas 2 SLTP Makalah Komprehensif Surabaya: PPs UNESA Surabaya
Marpaung Y 2001 Prospek RME untuk Pembeajaran Matematia di Indonesia Makalah disampaikan pada Seminar Nasional RME di Jurusan Matematika FMIPA UNESA 24 Februari 2001
Negoro ST dan Harahap B 2000 Ensiklopedia Matematika Jakarta: Ghalia Indonesia
Nur M dkk 2000 Restrukturisasi Kurikulum PBM Peningkatan IKIP Surabaya dengan Sekolah dan Universitas Luar Negeri Laporan penelitian yang dibiayai oleh The Secondary School Teacher Development Project IBRD LOAN no 3979 IND Dirjendikti Depdikbud
Ratumanan T G 2002 Belajar dan Pembelajaran Surabaya: Unesa University Press
Ruseffendi E T 1988 Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatan CBSA Bandung: Tarsito
Rustana C E 2001 Pembelajaran dan Pengajaran Kontekstual Makalah Diklat Guru Mata Pelajaran Inti tahun 2001 di Manado
Slavin R E 1994 Educational Psychology Theories and Practice Masschusetts: Allyn and Bacon Publisher
Soedjadi R 1992 Ruang Matematika Pendidikan Dasar Majalah Pendidian Matematika no 2 tahun 1 Pascasarjana IKIP Surabaya
_________ 1999 Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional
_________ 2001 Pemanfaatan Realitas dan Lingkungan dalam Pembelajaran Matematika Makalah disampaikan pada Seminar Nasional RME di Jurusan Matematika FMIPA UNESA 24 Februari 2001
_________ 2001 Pembelajaran Matematika Realistik Makalah disampaikan pada Seminar Nasional RME di Jurusan Matematika FMIPA UNESA 24 Februari 2001
_________ 2002 Matematika Kontekstual Materi Perkuliahan Matematika Kontekstual
Streefland L 1991 Realistic Mathematics Education in Primary School Nedherlands: Freudenthal Institute
Suwarsono St 2001 Beberapa Masalah yang Terkait dengan Upaya Implementasi Pendidikan Matematika Realistik di Indonesia Makalah disajikan pada Seminar Nasional Pendidikan Matematika Realistik di Universitas Sanata Dharma Yogyakarta Tanggal 14 15 November 2001
Thiagarajan S Semmel D S Semmel M I 1974 InstructionalDevelopment for Training Teachers of Exceptional Children Minneapolis Minnesota: Leadership Training Institute Special Education University of Minnesota
Tim MKPBM 2001 Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer Bandung: JICA UPI
Yuwono I 2001 Realistic Mathematics Education dan Hasil Studi Awal Implementasi di SLTP Makalah disampaikan pada Seminar Nasional RME di Jurusan Matematika FMIPA UNESA 24 Februari 2001
Zainul A dan Nasoetion N 1997 Penilaian Hasil Belajar Jakarta: P2T Universitas Terbuka

ÂÂÂÂÂ