Pengaruh Kompetensi Profesional dan Pengalaman mengajar Guru Terhadap Kemampuan Belajar Siswa SMA Negeri 1 Tondano
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpeunima.v3i1.4127Keywords:
Professional Competence, Teacher's Teaching Experience, Learning AbilityAbstract
ABSTRAK< strong>< p>
Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh pembelajaran kewirausashaaan dan status social ekonomi terhadap motivasi berwirausaha mahasiswa kecamatan likupang barat kabupaten minahasa utara Dengan menggunakan pendekatan penelitan kuantitatif Populasi berjumah 95 dan sampel berjumlah 77 hasil analisis regresi ganda Y= 15 025 0 390X1< sub> 0 343X2 nbsp; < sub>artinya Nilai konstanta sebesar 15 025 menyatakan bahwa jika nilai X1 dan X2 = 0 atau variabel kompetensi pedagogik dan pengalaman mengajar guru tidak ada maka nilai variabel kemampuan belajar adalah sebesar 15 025 Koefisien regresi variabel kometensi profesional guru 0 390 mengandung arti bahwa setiap penambahan 1 satu poin variabel kompetensi profesional guru maka hal itu akan meningkatkan kemampuan belajar siswa sebesar 0 390 kali Koefisien regresi variabel pengalaman mengajar guru 0 343 mengandung arti bahwa setiap penambahan 1 satu poin variabel pengalaman mengajar guru maka hal itu akan meningkatkan kemampuan belajar sebesar 0 343 kali Ditemui koefisien korelasi ada hubungan yang kuat kopetensi profesional dan pengalaman mengajar guru dengan kemampuan belajar siswa Ditemui pengaruh yang signifikan sebesar 54 7 dibuktikan dengan f hitung 44 748 gt; f tabel sebesar 3 120 Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan secara simultan kompetensi profesional dan pengalaman kerja guru terhadap kemampuan belajar siswa SMA Negeri 1 Tondano < p>
Kata Kunci : Kompetensi Profesional Pengalaman mengajar Guru dan Kemampuan Belajar< em>< strong>< p>
nbsp;< em>< strong>< p>
nbsp;< em>< strong>< p>
nbsp;< strong>< p>
ABSTRACT< u>< strong>< p>
This study aims to determine the effect of entrepreneurship learning and socioeconomic status on entrepreneurship motivation of students in West Likupang District North Minahasa Regency By using a quantitative research approach The population is 95 and the sample is 77 The results of multiple regression analysis Y= 15 025 0 390X1 0 343X2 It means that the constant value of 15 025 states that if the value of X1 and X2 = 0 or the variables of pedagogical competence and teacher teaching experience do not exist then the value of the ability variable does not exist learning amounted to 15 025 The regression coefficient of the teacher s professional competence variable is 0 390 which means that for every addition of 1 one point of the teacher s professional competence variable it will increase students learning abilities by 0 390 times The regression coefficient for the teacher teaching experience variable is 0 343 which means that for every 1 one addition of the teacher teaching experience variable it will increase the learning ability by 0 343 times There is a correlation coefficient found that there is a strong relationship between professional competence and teaching experience of teachers with students learning abilities There was a significant effect of 54 7 as evidenced by f count 44 748 gt; f table of 3 120 Thus it can be concluded that there is a simultaneous positive and significant effect of professional competence and teacher work experience on the learning abilities of SMA Negeri 1 Tondano students < p>
Keywords: Professional Competence Teacher s Teaching Experience and Learning Ability< em>< strong>< p>
References
Achmad Sugandi Teori Pembelajaran Semarang: PT Unnes Press 2004 7
Hamzah B Uno Profesi Kependidikan; Problema Solusi dan Reformasi Pendidikan di Indonesia Bumi Aksara Jakarta 2007 hlm 18
Martinis Yamin Paradigma Pendidikan Konstruktivistik Jakarta: Gaung Persada Press 2008 72 73
Oemar Hamalik Kemampuan Belajar Jakarta : PT Bumi Aksara 2004 hlm 21
R Ibrahim Nana Syaodih S Perencanaan Pengajaran Jakarta : Rineka Cipta 2010 Hal 35
Sardiman A M Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar Jakarta : PT RajaGrafindo Persada 2007 Hal 20
Semiawan Conny Belajar dan Pembelajaran dalam Taraf Usia Anak Dini Jakarta : PT Prehallindo 2002 hlm 25
Syaiful Bahri Djamarah Aswan Zain Strategi Belajar Mengajar Jakarta : PT Rineka Cipta 2006 Hal 38
Syah Muhibbin Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru Remaja Rosdakarya Bandung 2000 hlm 203 Aidin Adlan Hubungan Sikap Guru Terhadap Matematika dan Motivasi Berprestasi dengan Kinerja Matahari No 1 Jakarta 2000 hlm 5 6
Suwardi Notosudirjo Kosakata Bahasa Indonesia Yogyakarta: Kanisius 1990 289
Usman Uzer Menjadi Guru Profesional PT Remaja Rosdakarya Bandung 2013 hlm 35
YusdiMilmal 2011 PengertianKemampuan Journal Online Di akses pada tanggal 12 Februari 2017
Wina sanjaya Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan Jakarta: Kencana Prenada Media2011 Hal 112

ÂÂÂÂÂ