Pengaruh Kompetensi Profesional dan Pengalaman mengajar Guru Terhadap Kemampuan Belajar Siswa SMA Negeri 1 Tondano

Authors

  • Jerry Wuisang Universitas Negeri Manado
  • Silvana S.A Oroh Universitas Negeri Manado
  • Ravena F. S. Rambing Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v3i1.4127

Keywords:

Professional Competence, Teacher's Teaching Experience, Learning Ability

Abstract

ABSTRAK

Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh pembelajaran kewirausashaaan dan status social ekonomi terhadap motivasi berwirausaha mahasiswa kecamatan likupang barat kabupaten minahasa utara. Dengan menggunakan pendekatan penelitan kuantitatif. Populasi berjumah 95 dan sampel berjumlah 77. hasil analisis regresi ganda Y= 15,025+0,390X1 + 0,343Xartinya Nilai konstanta sebesar 15,025 menyatakan bahwa jika nilai X1 dan X2 = 0 atau variabel kompetensi pedagogik dan pengalaman mengajar guru tidak ada, maka nilai variabel kemampuan belajar adalah sebesar 15,025. Koefisien regresi variabel kometensi profesional guru 0,390 mengandung arti bahwa setiap penambahan 1 (satu) poin variabel kompetensi profesional guru maka hal itu akan meningkatkan kemampuan belajar siswa sebesar 0,390 kali. Koefisien regresi variabel pengalaman mengajar guru 0,343 mengandung arti bahwa setiap penambahan 1 (satu) poin variabel pengalaman mengajar guru maka hal itu akan meningkatkan kemampuan belajar sebesar 0,343 kali. Ditemui koefisien korelasi ada hubungan yang kuat kopetensi profesional dan pengalaman mengajar guru dengan kemampuan belajar siswa. Ditemui pengaruh yang signifikan sebesar 54,7% dibuktikan dengan f hitung 44,748 > f tabel sebesar 3,120. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan secara simultan kompetensi profesional dan pengalaman kerja guru terhadap kemampuan belajar siswa SMA Negeri 1 Tondano.

Kata Kunci : Kompetensi Profesional, Pengalaman mengajar Guru dan Kemampuan Belajar

 

 

 

ABSTRACT

This study aims to determine the effect of entrepreneurship learning and socioeconomic status on entrepreneurship motivation of students in West Likupang District, North Minahasa Regency. By using a quantitative research approach. The population is 95 and the sample is 77. The results of multiple regression analysis Y= 15.025+0.390X1 + 0.343X2. It means that the constant value of 15.025 states that if the value of X1 and X2 = 0 or the variables of pedagogical competence and teacher teaching experience do not exist, then the value of the ability variable does not exist. learning amounted to 15,025. The regression coefficient of the teacher's professional competence variable is 0.390 which means that for every addition of 1 (one) point of the teacher's professional competence variable, it will increase students' learning abilities by 0.390 times. The regression coefficient for the teacher teaching experience variable is 0.343 which means that for every 1 (one) addition of the teacher teaching experience variable, it will increase the learning ability by 0.343 times. There is a correlation coefficient found that there is a strong relationship between professional competence and teaching experience of teachers with students' learning abilities. There was a significant effect of 54.7%, as evidenced by f count 44,748 > f table of 3,120. Thus, it can be concluded that there is a simultaneous positive and significant effect of professional competence and teacher work experience on the learning abilities of SMA Negeri 1 Tondano students.

Keywords: Professional Competence, Teacher's Teaching Experience and Learning Ability

References

Achmad Sugandi, Teori Pembelajaran, (Semarang: PT Unnes Press, 2004), 7.

Hamzah B Uno, Profesi Kependidikan; Problema, Solusi dan Reformasi Pendidikan di Indonesia, Bumi Aksara, Jakarta, 2007, hlm. 18.

Martinis Yamin, Paradigma Pendidikan Konstruktivistik, (Jakarta: Gaung Persada Press, 2008), 72-73.

Oemar Hamalik, Kemampuan Belajar, (Jakarta : PT. Bumi Aksara, 2004) hlm.21

R. Ibrahim, Nana Syaodih S. Perencanaan Pengajaran, (Jakarta : Rineka Cipta 2010). Hal.35

Sardiman, A. M . Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, (Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada 2007) Hal. 20

Semiawan, Conny,Belajar dan Pembelajaran dalam Taraf Usia Anak Dini, (Jakarta : PT. Prehallindo, 2002) hlm. 25

Syaiful Bahri Djamarah , Aswan Zain. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta : PT. Rineka Cipta 2006). Hal. 38

Syah Muhibbin, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Remaja Rosdakarya, Bandung, 2000, hlm. 203.Aidin Adlan, Hubungan Sikap Guru Terhadap Matematika dan Motivasi Berprestasi dengan Kinerja, Matahari No.1, Jakarta, 2000, hlm. 5-6.

Suwardi Notosudirjo, Kosakata Bahasa Indonesia, (Yogyakarta: Kanisius, 1990), 289.

Usman, Uzer, Menjadi Guru Profesional, PT Remaja Rosdakarya, Bandung, 2013, hlm 35.

YusdiMilmal,2011.PengertianKemampuan.Journal(Online). Di akses pada tanggal 12 Februari 2017

Wina sanjaya. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, (Jakarta: Kencana Prenada Media2011). Hal. 112

Additional Files

Published

2022-06-28

How to Cite

Wuisang, J. ., Oroh, S. S. ., & Rambing, R. F. S. . (2022). Pengaruh Kompetensi Profesional dan Pengalaman mengajar Guru Terhadap Kemampuan Belajar Siswa SMA Negeri 1 Tondano. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(1), 168-178. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v3i1.4127

Issue

Section

Articles