DAYA RETENSI SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR DI SMK NEGERI 1 TOMBARIRI

Authors

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v3i1.4152

Keywords:

Student Retention, Learning Outcomes

Abstract

nbsp;< strong>< p>

Abstrak< strong>< p>

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan siswa yang masih melekat atau pengetahuan yang masih tersisa pada memori setelah pembelajaran retensi dalam rentang waktu berbeda pada Ekonomi nbsp; setelah pembelajaran Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 6 Tondano Faktor yang diteliti adalah retensi siswa Data hasil penelitian diambil nbsp; dari hasil tes retensi yang dilakukan Tes pertama 1 minggu setelah pembelajaran tes kedua 2 minggu setelah pembelajaran dan tes ketiga 4 minggu setelah pembelajaran untuk topic pertama begitu topic kedua dan topic ketiga Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif Mendeskripsikan hasil tes retensi pertama kedua dan ketiga pada masing masing topic pembelajaran Berdasarkan data hasil tes pertama kedua dan ketiga pada topic pertama angkah rata rata yang diperoleh mengalami penurunan begitu juga pada topic kedua yakni hasil tes pertama sampai tes ketiga mengalami penurunan Hal yang sama juga terjadi pada topic ketiga dengan hasil tes pertama kedua dan ketiga mengalami penurunan Peningkatan hasil tes retensi memiliki kenaikan nilai rerata hasil tes retensi dari topic pertama topic kedua dan topic ketiga Maka dapat disimpulkan bahwa memberikan tes secara rutin dengan pola tersebut dapat meningkatkan daya retensi siswa < p>

Kata Kunci : Daya Retensi Siswa dan Hasil Belajar< em>< strong>< p>

nbsp;< p>

nbsp;< p>

nbsp;< p>

Abstract< strong>< p>

This study aims to determine the students inherent knowledge or remaining knowledge after learning retention in different timescales in Economics after learning This research was conducted at SMP Negeri 6 Tondano The factor studied was student retention The research data were taken from the results of the retention tests carried out The first test is 1 week after learning the second test is 2 weeks after learning and the third test is 4 after learning for the first topic the second and third topics This research is a descriptive research Describe the results of the first second and third retention tests on each learning topic the data on the results of the first second and third tests on the first topic of the average number decreased as well as on the second topic the results of the first test until the third test decreased The same thing also happened to the third topic with the results of the first second and third tests decreasing an increase in retention test results has an increase in the value of an increase in retention test results from the first topic the second topic and the third topic So it can be said that regular tests with this pattern can increase student retention < p>

Keywords: Student Retention and Learning Outcomes< strong>< p>

nbsp;< p>

References

Ahmadi dan Amri 2014 Pengembangan Dan Model Pembelajaran Jakarta : PT Prestasi Pustakaraya

Akhmad Sukri Elly Purwanti 2013 Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Grain Gym Universitas Muhammadiyah Malang Jurnal Edukasi Matematika dan Sains Vol 1 No 1 ISSN : 2337 9049

Dantes Nyoman 2012 Metode Penelitian Yogyakarta: Andi

Dimyanti dan Mudjono 2012 Belajar Dan Pembelajaran Jakarta : PT Asdi Mahasatya

Hamid Huzaifah 2021 Retensi dan Pemahaman Konsep Online http: zaifbio wordpress com [18 04 2014]

Musfiqon H M 2012 Panduan Lengkap Metodologi Penelitian Pendidikan Jakarta: Prestasi Pustaka Publiser

Purnamawati Y D 2011 Pengaruh Pembelajaran Berorientasi Retensi terhadap Kemampuan Koneksi Matematika Siswa Univesitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta http: repository uinjkt ac id [18 04 2014]

Sousa D A 2012 Bagaimana Otak Belajar Edisi IV Jakarta: PT Indeks

Purnamawati Y D 2011 Pengaruh Pembelajaran Berorientasi Retensi terhadap Kemampuan Koneksi Matematika Siswa Univesitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta http: repository uinjkt ac id [18 04 2014]

Putri N A dkk 2011 Pengaruh Strategi Pembelajaran PBL Dan RT Terhadap Keterampilan Metakognitif Hasil Belajar Biologi Dan Retensi Siswa Berkemampun Akademik Rendah Kelas X Pada SMA yang Berbeda Universitas Negeri Malang http: jurnalonline um ac id [18 02 2014]

Setiawan W Tapilouw F 2018 Peningkatan Pemahaman dan Retensi melalui Pembelajaran Berbasis Tehnologi Multimedia Interaktif studi empirik pada konsep system saraf Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol 1 2 ISSN: 1979 9264 http: file upi edu [18 02 2014]

Setiawan Agung Sutarto Indrawati 2012 Metode Praktikum dalam Pembelajaran Pengantar Fisika SMA: Studi Pada Konsep Besaran dan Satuan FKIP Universitas Jember Jurnal Pembelajaran Fisika vol 1 no 3 ISSN: 2301 9794 [29 11 2013]

Additional Files

Published

2022-06-28

Issue

Section

Articles

How to Cite

DAYA RETENSI SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR DI SMK NEGERI 1 TOMBARIRI. (2022). Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(1), 179 185. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v3i1.4152