DAYA RETENSI SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR DI SMK NEGERI 1 TOMBARIRI
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpeunima.v3i1.4152Keywords:
Student Retention, Learning OutcomesAbstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan siswa yang masih melekat atau pengetahuan yang masih tersisa pada memori setelah pembelajaran (retensi) dalam rentang waktu berbeda pada Ekonomi setelah pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 6 Tondano. Faktor yang diteliti adalah retensi siswa. Data hasil penelitian diambil dari hasil tes retensi yang dilakukan. Tes pertama 1 minggu setelah pembelajaran, tes kedua 2 minggu setelah pembelajaran dan tes ketiga 4 minggu setelah pembelajaran untuk topic pertama begitu, topic kedua dan topic ketiga. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Mendeskripsikan hasil tes retensi pertama, kedua dan ketiga pada masing-masing topic pembelajaran. Berdasarkan data hasil tes pertama, kedua dan ketiga pada topic pertama angkah rata- rata yang diperoleh mengalami penurunan begitu juga pada topic kedua yakni hasil tes pertama sampai tes ketiga mengalami penurunan. Hal yang sama juga terjadi pada topic ketiga dengan hasil tes pertama, kedua dan ketiga mengalami penurunan. Peningkatan hasil tes retensi memiliki kenaikan nilai rerata hasil tes retensi dari topic pertama, topic kedua dan topic ketiga. Maka dapat disimpulkan bahwa memberikan tes secara rutin dengan pola tersebut dapat meningkatkan daya retensi siswa.
Kata Kunci : Daya Retensi Siswa dan Hasil Belajar
Abstract
This study aims to determine the students' inherent knowledge or remaining knowledge after learning (retention) in different timescales in Economics after learning. This research was conducted at SMP Negeri 6 Tondano. The factor studied was student retention. The research data were taken from the results of the retention tests carried out. The first test is 1 week after learning, the second test is 2 weeks after learning and the third test is 4 after learning for the first topic, the second and third topics. This research is a descriptive research. Describe the results of the first, second and third retention tests on each learning topic. the data on the results of the first, second and third tests on the first topic of the average number decreased as well as on the second topic the results of the first test until the third test decreased. The same thing also happened to the third topic with the results of the first, second and third tests decreasing. an increase in retention test results has an increase in the value of an increase in retention test results from the first topic, the second topic and the third topic. So it can be said that regular tests with this pattern can increase student retention.
Keywords: Student Retention and Learning Outcomes
References
Ahmadi dan Amri. (2014). Pengembangan Dan Model Pembelajaran. Jakarta : PT. Prestasi Pustakaraya
Akhmad Sukri, Elly Purwanti. (2013). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Grain Gym. Universitas Muhammadiyah Malang, Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, Vol. 1 No. 1,ISSN : 2337-9049.
Dantes, Nyoman. (2012). Metode Penelitian. Yogyakarta: Andi
Dimyanti dan Mudjono. (2012). Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta : PT. Asdi Mahasatya
Hamid, Huzaifah. (2021). Retensi dan Pemahaman Konsep. Online. http://zaifbio.wordpress.com [18-04-2014]
Musfiqon, H, M. (2012). Panduan Lengkap Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prestasi Pustaka Publiser
Purnamawati, Y, D. (2011). Pengaruh Pembelajaran Berorientasi Retensi terhadap Kemampuan Koneksi Matematika Siswa. Univesitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. http://repository.uinjkt.ac.id [18-04-2014]
Sousa, D.A. (2012). Bagaimana Otak Belajar, Edisi IV. Jakarta: PT.Indeks.
Purnamawati, Y, D. (2011). Pengaruh Pembelajaran Berorientasi Retensi terhadap Kemampuan Koneksi Matematika Siswa. Univesitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. http://repository.uinjkt.ac.id [18-04-2014]
Putri, N, A, dkk. (2011). Pengaruh Strategi Pembelajaran (PBL Dan RT) Terhadap Keterampilan Metakognitif, Hasil Belajar Biologi, Dan Retensi Siswa Berkemampun Akademik Rendah Kelas X Pada SMA yang Berbeda. Universitas Negeri Malang. http://jurnalonline.um.ac.id [18-02-2014]
Setiawan, W, Tapilouw, F .(2018). Peningkatan Pemahaman dan Retensi melalui Pembelajaran Berbasis Tehnologi Multimedia Interaktif (studi empirik pada konsep system saraf). Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi Vol. 1(2). ISSN: 1979-9264. http://file.upi.edu/ [18-02-2014]
Setiawan, Agung, Sutarto, Indrawati. (2012). Metode Praktikum dalam Pembelajaran Pengantar Fisika SMA: Studi Pada Konsep Besaran dan Satuan.FKIP Universitas Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika vol.1, no. 3. ISSN: 2301-9794. [29-11-2013]
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Listriyanti Palangda

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.