PENGEMBANGAN KONTEN MATERI AKUNTANSI USAHA TANI BAGI PETANI JAGUNG DI KELURAHAN TATAARAN PATAR KECAMATAN TONDANO SELATAN

Authors

  • Riedel Tumilantouw Pascasarjana Universitas Negeri Manado
  • Freddy .S Kawatu Pascasarjana Universitas Negeri Manado
  • Cecilia. L Kewo Program Pascasarjana Universitas Negeri Manado
  • Edwin Wantah Program Pascasarjana Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v3i1.4243

Keywords:

Farming accounting, material module, farming business

Abstract

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan konten materi akuntansi usaha tani bagi para petani jagung di kelurahan Tataaran, mengimplementasikan konsep materi akuntansi usaha tani dikelurahan Tataaran pada proses pelatihan dengan menggunakan modul materi sebagai alternatif pembelajaran, serta meningkatkan cara pengelolaan akuntansi pada usaha tani jagung dan untuk mengetahui respon para petani-petani jagung terhadap materi akuntansi usaha tani. Dalam penelitian pengembangan ini, diadaptasi dari Model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan FGD (Focus Group Discussion) pada objek penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah sebagian dari kelompok tani malinga-lingaan Tataaran yang aktif dengan jumlah 14 orang sebagai responden, penetapan observasi dilakukan dengan mempertimbangkan kebutuhan dari petani-petani jagung akan pengembangan materi akuntansi usaha tani. Berdasarkan dari hasil analisis yang diperoleh dari wawancara dan Fokus Grup Diskusi dengan para petani-petani jagung di Kelurahan Tataaran Patar menunjukan bahwa petani membutuhkan literasi dalam pengelolaan akuntansi usaha tani, serta kurangnya penyeluhan-penyeluhan dari bidang pertanian di Kelurahan Tataaran oleh PPL pertanian, untuk itu ketersediaan akan materi akuntansi usaha tani ini sangat mereka butuhkan untuk membantu meningkatkan dan mengetahui pengelolaan akuntansi usaha tani dengan baik.

Kata kunci : Akuntansi usaha tani, modul materi, usaha tani

 

 

ABSTRACT

This study aims to develop the content of farming accounting materials for corn farmers in the Tataaran sub-district, implement the concept of farming accounting materials in the Tataaran sub-district in the training process using the material module as an alternative learning, as well as improve the way of accounting management in corn farming and to find out the response. corn farmers on farming accounting materials. In this development research, adapted from the 4D Model (Define, Design, Develop, Disseminate). Data collection techniques were carried out through interviews and FGD (Focus Group Discussion) on the object of research. The population in this study is part of the active Malinga-lingaan Tataaran farmer group with a total of 14 people as respondents, the determination of observations is carried out by considering the needs of corn farmers for the development of farming accounting materials. Based on the results of the analysis obtained from interviews and Focus Group Discussions with corn farmers in Tataaran Patar Village, it shows that farmers need literacy in farming accounting management, as well as lack of counseling from agriculture in Tataaran Village by agricultural PPLs, for that The availability of farming accounting materials is very much needed by them to help improve and know the good management of farming accounting.

Keywords: Farming accounting, material module, farming business

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Daniel, M. 2015. Pengantar Ekonomi Pertanian. Bumi Aksara, Jakarta.

Ester, Leatemia.2012.Pelatihan PembukuanUsahatani di Desa Hutamuri,Kecamatan Leitimur ambon. Jurnal Bakti Universitas Pattimura Ambon.

Gay. (2012). Educational Research and Development. USA: American Journal of Research.

Husodo, S. Y. 2009. Pertanian Mandiri. Penebar Swadaya, Jakarta.

Kadarsan. 2011. Pengertian Usahatanimenurut Para Ahli. Arti Kata danDefinisi Menurut ParaAhli. https://www.pengertianmenurutparahli.net.Knowles, M.S. 2013.The ModernPratice of Adult Education: Andragogy versusPedagogy.Ner york: AssociationPres

Krisnandhi, S. 2009. Menggerakkan dan Membangun Pertanian. Jakarta: C.V.Yasaguna.

O’Brien & Marakas(2010). Management information Systems. Eighth Edition. New York:McGraw-Hill/Irwin

Saragih, B.2010. Agribisnis Berbasis Peternakan: Kumpulan Pemikiran. IPB, Bogor.

Seels, B.B. & Richey, R.C. (1994). nstructional Technology: The Definition And Domains Of The Field. (Terjemahan Yusuf Hadi Miarso, Dewi S Prawiradilaga & Raphael Rahardjo. IPTPI, Unit Percetakan UNJ).

Soekartawi. 2012. Teori Ekonomi Produksi dengan Pokok Bahasan Analisis CobbDouglas. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada. 250 hal.

Sukardi.2009. Metodologi Penelitian Pendidikan (Kompetensi dan Praktiknya). Jakarta: Bumi Aksara.

Thiagarajan S,Semmel, D.S & Semmel,M, I. 1974. Instructional Development For Training Teachers Of Expectional Children. Minneapolis, Minnesota: Leadership Training Institute/Special Education, University Of Minnesota.

Additional Files

Published

2022-06-28

How to Cite

Tumilantouw, R. ., Kawatu, F. .S, Kewo, C. L., & Wantah, E. (2022). PENGEMBANGAN KONTEN MATERI AKUNTANSI USAHA TANI BAGI PETANI JAGUNG DI KELURAHAN TATAARAN PATAR KECAMATAN TONDANO SELATAN. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(1), 186-201. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v3i1.4243

Issue

Section

Articles