PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS ANDROID PADA GURU GURU SMAN 2 TONDANO
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpeunima.v3i1.4661Keywords:
PKM, Android-based E-Learning ModelAbstract
Program kemitraan masyarakat bertujuan untuk a. membentuk/mengembangkan sekelompok masyarakat yang mandiri secara ekonomi; b. membantu menciptakan ketentraman, dan kenyamanan dalam kehidupan bermasyarakat; dan c. meningkatkan keterampilan berpikir, membaca dan menulis atau keterampilan lain yang dibutuhkan (softskill dan hardskill).
Sebagaimana era revolusi industri 4.0 saat ini, telah mendorong terjadinya disrupsi di berbagai bidang yang memberikan tantangan dan peluang, termasuk dunia pendidikan. Saat ini kita mengalami dua disrupsi yang luar biasa yaitu bidang teknologi karena revolusi industri 4.0 dan gaya hidup karena adanya perubahan generasi yang menyebabkan perubahan gaya hidup. Kedua perubahan tersebut akan memberikan dampak pada dunia pendidikan dan dunia kerja. Dalam menterjemah kebutuhan dengan keterampilan-keterampilan di atas, pembelajaran di abad 21 ini harus memaksimalkan peran pengajar, dengan memiliki kompetensi dan kemampuan yang mumpuni seperti melek informasi dan teknologi.
Tujuan dari program ini, dalah untuk melatih Guru-guru SMA Tondano terkait pembelajaran berbasis digital, dan luaran dari program ini dihasilkan buku monograf atau buku panduan (manual book) pembelajaran berbasis digital.
Berdasarkan observasi yang telah dilakukan, beberapa kendala yang perlu dibenahi dan diupayakan, diantaranya adalah fasilitas computer masih dibawa standart untuk Hardware Conecting Internet/LAN LAC WIFI dan Jaringan Conecting internet yang masih berbanwich minim dan juga hal yang mendasar adalah banyak guru yang tidak mengetahui Operating Sistem Digital atau menggunakan Hardware yang ada..
Sebagai solusi dalam pelaksanaan program kemitraan masyarakat ini adalah menghasilkan Modul E-Learning berbasis Android. Dengan bentuk kegiatan adalah pelatihan dan pendampingan dalam menyusun dan membelajarkan guru-guru tentang Model E-Learning berbasis Android
Kata Kunci : PKM; Model E-Learning berbasis Android
ABSTRACT
The community partnership program aims to a. establish/develop a group of economically independent communities; b. help create peace and comfort in social life; and c. improve thinking skills, reading and writing or other required skills (soft skills and hard skills).
As the current era of the industrial revolution 4.0, has encouraged disruption in various fields that provide challenges and opportunities, including the world of education. Currently we are experiencing two extraordinary disruptions, namely the field of technology due to the industrial revolution 4.0 and lifestyle due to generational changes that cause lifestyle changes. Both of these changes will have an impact on the world of education and the world of work. In translating the needs with the skills above, learning in the 21st century must maximize the role of the teacher, by having competent competencies and abilities such as information and technology literacy.
The purpose of this program is to train Tondano High School teachers regarding digital-based learning, and the output of this program is a monograph or digital-based learning manual.
Based on the observations that have been made, there are several obstacles that need to be addressed and pursued, including computer facilities that are still standardized for Hardware Connecting Internet/LAN LAC WIFI and Internet Connecting Networks which still have minimal bandwidth and also the basic thing is that many teachers do not know the Operating System. Digital or using existing hardware..
As a solution in implementing this community partnership program, it is to produce an Android-based E-Learning Module. The form of activity is training and assistance in compiling and teaching teachers about the Android-based E-Learning Model
Keywords: PKM; Android-based E-Learning Model
References
BPS Kab. Minahasa, https://minahasakab.bps.go.id/
Ahmad Rohani. (2004). Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta
Arief S. Sadiman, dkk. (2006). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Azhar Arsyad. (2009). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Djemari Mardapi. (2008). Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Non Tes. Jogjakarta: Mitra
Cendikia Press.
Eveline Siregar dan Hartini Nara. (2011). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Neni Uswatun Khasanah. (2014). Pengaruh Metode Mengajar dan Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Yogyakarta. Skripsi: FE UNY.
Oemar Hamalik. (2010). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
(2012). Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Ridwan Abdullah Sani. (2014). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Riska Nur Fadila. (2013). Pengaruh Metode Mengajar Guru dan Penggunaan
Allen, Michael. 2013. Michael Allen’s Guide to E-learning. Canada : John Wiley & Sons
Chandrawati, Sri Rahayu. 2010. Pemanfaatan E-learning dalam Pembelajaran. No 2 Vol. 8. http://jurnal.untan.ac.id/
GM, Fajar. Tanpa tahun. KONSEP E-LEARNING – Pengertian, Teori-Teori yang Melandasi, Karakteristik, Keunggulan, Fungsi, dan Model-Modelnya, (Online), (fajargm.net/files/konsep-e-learning.pdf), diakses 18 Maret 2014.
Gulo. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Grasindo
Nur Hadi Waryanto dan Nur Isnaini. (2013). Tingkat Kesiapan (Readiness) Implementasi E-Learning di Sekolah Menengah Atas Kota Yogyakarta. E-Jurnal : Pendidikan Matematika dan Sains, Tahun I, No. 2. Desember 2013.
SEAMOLEC. (2013). Materi Simulasi Digital : Where learning happens. Jakarta.
Surjono, Dwi Herman. (2013). Membangun Course E-Learning Berbasis Moddle Edisi Kedua, UNY Press.
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Iwan Kandori
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.