STRATEGI PENINGKATAN JUMLAH PENGUNJUNG WISATA DESA (STUDI PADA WISATA NANGKULA PARK DI DESA KENDALBULUR, KECAMATAN BOYOLANGU, KABUPATEN TULUNGAGUNG
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpeunima.v3i2.4970Keywords:
Strategy to Increase the Number of Tourist Visitors Nangkul Park, Tourism Potential, Tourism Promotion, , Facilities and InfrastructureAbstract
ABSTRAK
Penelitian ini mengidentifikasi strategi peningkatan jumlah pengunjung wisata. Penelitian ini di lakukan di Wisata Nangkula Park, Desa Kendalbulur, Kecamatan Boyolangu, Kabupaten Tulungagung. Penelitian ini dilakukan karena banyaknya pengunjung yang datang untuk berwisata di Wisata Nangkula Park. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi peningkatan jumlah pengunjung wisata, pengelola Wisata Nangkula Park sudah melakukan dengan baik dari segi potensi sudah mengembangkan setiap 6 bulan sekali selalu menambah/mengganti spot-spot foto, dari segi promosi pengelola sudah mempunyai team marketing sendiri dengan promosi melalui sosial media seperti Facebook, Tiktok, Instragram, dan Youtube, dan dari segi sarana prasarana Wisata Nangkula Park sudah menyediakan berbagai fasilitas seperti toilet, mushola, wahana permainan, tempat parkir yang luas, tempat kuliner, tempat VIP, dan bangunan limas. Namun dari beberapa strategi yang telah digunakan masih dapat dikembangkan atau dikombinasikan dengan strategi baru sehingga bisa lebih banyak lagi pengungjung yang berwisata. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui strategi yang dilakukan oleh pihak pengelola untuk meningkatkan jumlah pengunjung Wisata Nangkula Park
Kata kunci: Strategi Peningkatan Jumlah Pengunjung Wisata Nangkula Park, Potensi Wisata, Promosi Wisata, Sarana dan Prasarana.
ABSTRACT
This study identifies a strategy to increase the number of tourist visitors. This research was conducted at Nangkula Park Tourism, Kendalbulur Village, Boyolangu District, Tulungagung Regency. This research was conducted because of the large number of visitors who came to travel at the Nangkula Park Tourism. This type of research uses a qualitative descriptive method. The results of this study indicate that the strategy of increasing the number of tourist visitors, the manager of Nangkula Park Tourism has done well in terms of potential and has developed every 6 months always adding/replacing photo spots, in terms of promotion the manager already has his own marketing team with promotions through social media such as Facebook, Tiktok, Instragram, and Youtube, and in terms of infrastructure Nangkula Park Tourism has provided various facilities such as toilets, prayer rooms, rides, large parking lots, culinary places, VIP places, and pyramid buildings. However, some of the strategies that have been used can still be developed or combined with new strategies so that more visitors can travel. The purpose of this study is to find out the strategy carried out by the manager to increase the number of visitors to Nangkul Park Tourism.
Keywords: Strategy to Increase the Number of Tourist Visitors Nangkul Park, Tourism Potential, Tourism Promotion, Facilities and Infrastructure.
References
Carolina, T., & Berti, O. (2021). Strategi Promosi Pariwisata Labuhan Jukung untuk Meningkatkan Minat Pengunjung (Studi Deskriptif Kualitatif pada Dinas Pariwisata Pesisir Barat). Jurnal Media Public Realions, 1(2), 45–55.
Chairani, P. (2018). Upaya Dinas PRIWISATA dalam Meningkatkan Jumlah Kunjungan Wisatawan di Berastagi. In Jurnal Pembangunan Wilayah & Kota (Vol. 1, Issue 3). Universitas Sumatera Utara Medan.
Fahlevi, R. (2018). Strategi Promosi Dinas Pariwisata Dalam Meningkatkan Jumlah Pengunjung Hutan Mangrove Bsd Kota Bontang. Ejournal.Ilkom.Fisip-Unmul.Ac.Id, 6(1), 2502–2597.
Ghani, Y. A. (2017). Pengembangan Sarana Prasarana Destinasi Pariwisata Berbasis Budaya di Jawa Barat. Jurnal Pariwisata, 4(1), 22–31. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jp22
Handayani, S. D., Mahadewi, N. M. E., & Surata, I. K. (2022). Strategi Pengembangan Kawasan Wisata Masceti Gianyar Dalam Peningkatan Jumlah Pengunjung Dan Nilai Ekonomi. Tulisan Ilmiah Pariwisata (TULIP), 4(2), 71. https://doi.org/10.31314/tulip.4.2.71-77.2021
Kusuma, D. C. (2020). Strategi Pemasaran Wisata Religi dalam Meningkatkan Jumlah Pengunjung (Studi Survei di Masjid Kuno Bayan Belek) (Issue 1). Universitas Muhammadiyah Mataram.
Mahendrayani, I. G. A. P. S., & Suryawan, I. B. (2018). Strategi Pemasaran Daya Tarik Wisata Untuk Meningkatkan Jumlah Kunjungan Wisatawan Ke Daya Tarik Wisata Sangeh Kabupaten Badung Provinsi Bali. Jurnal Destinasi Pariwisata, 5(2), 240. https://doi.org/10.24843/jdepar.2017.v05.i02.p09
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitatif Data Analysis A Methods Sourcebook. Sage Publication.
Priyono, E. (2022). Strategi Peningkatan Jumlah Kunjungan Wisatawan pada Objek Wisata Telaga Madirda Kecamatan Ngargoyoso. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Purwanti, Agus Sholikhin, G. D. P. (2017). Pengembangan Potensi Wisata untuk Meningkatkan Jumlah Pengunjung di Obyek Wisata Curug Sewu Kabupaten Kendal. Jurnal Pariwisata Indonesia, 12(2).
Santori, D., & Komariah, A. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.
Yoeti, O. A. (1988). Pengantar Ilmu Pariwisata. Angkasa bandung.
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Cindy Novia Christyarani, Tutut Suryaningsih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.