WISATA ALAM JURANG SENGGANI SEBAGAI UPAYA DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN MASYARAKAT DESA NGLURUP KECAMATAN SENDANG
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpeunima.v3i2.4973Keywords:
Nature Tourism, Senggani GorgeAbstract
ABSTRAK
Penelitian bertujuan untuk mengetahui penerapan e-learning berbasis moodle dalam keaktifan belajar pada pelajaran ekonomi bisnis kelas XAKL1 di SMKN 2 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekakan kualitatif, dengan jenis penelitian deskripstif. Teknik pengambilan data dengan melalukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di SMKN 2 Tulungagung, dan yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah 1 wakil kepala sekolah bagian kurikulum, 2 guru ekonomi bisnis OTKP dan AKL serta 37 peserta didik XAKL1. Data kualitatif tersebut dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa dalam kegiatan pembelajaran dengan penerapan e-learning ada tiga bagian yaitu persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Dalam bentuk-bentuk keaktifan belajar siswa tidak sepenuhnya dapat dicapai sesuai dengan indikator keaktifan belajar. Hal ini disebabkan karena adanya tiga faktor yang mempengaruhi keberhasilan penerapan e-learning yaitu sumber daya manusia (SDM), sarana prasarana dan aplikasi e-learning.
Kata Kunci : E-Learning, Moodle, Keaktifan Belajar
ABSTRACT
This study aims to determine the application of moodle-based e-learning in active learning in business economics class XAKL1 at SMKN 2 Tulungagung. This study uses a qualitative approach, with a descriptive type of research. Data collection techniques by doing observation, interviews and documentation. This research was conducted at SMKN 2 Tulungagung, and the subjects in this study were 1 vice principal of the curriculum section, 2 OTKP and AKL business economics teachers and 37 XAKL1 students. The qualitative data were analyzed using data reduction, data presentation, and drawing conclusions. Based on the results of the study, it was found that in learning activities with the application of e-learning there were three parts, namely preparation, implementation and evaluation. In the forms of student learning activities can not be fully achieved in accordance with the indicators of active learning. This is due to three factors that influence the success of e-learning implementation, namely human resources (HR), infrastructure and e-learning applications.
Keywords: E-Learning, Moodle, Active Learning
References
Ardiansyah, I., & Iskandar, H. (2022). Analisis Potensi Ekowisata Di Taman Wisata Alam Gunung Pancar Dengan Menggunakan Metode Analisis Ado – Odtwa, 2(8).
Azizah, M. (2021). Analisis Dampak Pengembangan Wisata Edukasi Kampung Coklat Terhadap Perekonomian Masyarakat A Nalysis Of The Impact Of Educational Tourism Development Of Coklat Kampung On The Community Economy, 18(4), 691–702.
Istiqomah, L., & Priyatmono, A. F. (2019). Kebun Teh Jamus Kabupaten Ngawi, 16, 101–107.
Musrofah, R. A., & Fatihah, D. C. (2021). Bandung Jimea | Jurnal Ilmiah Mea ( Manajemen , Ekonomi , Dan Akuntansi ), 5(2), 1742–1759.
Putri, R. D., Ardiansyah, & Arief, A. (2019). Identifikasi Potensi Pengembangan Objek Wisata Alam Danau Picung. Jurnal Arsitektur, 18 Nomor 2, 93–98.
Revida, E., & Dkk. (2020). Pengantar Pariwisata.
Sugiyono, P. D. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatakan Kuantitatif Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Lutfi Lailatul Halimah1, Hari Subiyantoro 2
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.