ANALISIS KINERJA MENGAJAR GURU JURUSAN OTOMATISASI DAN TATA KELOLA PERKANTORAN (OTKP) SMK NEGERI 2 TONDANO
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpeunima.v3i2.5131Keywords:
Analysis, Teacher Performance.Abstract
ASBTRAK
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis tentang kinerja mengajar guru jurusan otomatisasi dan tata kelola perkantoran di SMK Negeri 2 Tondano. Sedangkan metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Lokasi penelitian di SMK Negeri 2 Tondano. Subjek penelitian adalah guru di SMK Negeri2 Tondano. Sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan domentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa analisis kinerja guru di SMK Negeri 2 Tondano sudah dikatakan sangat baik dan mengalami peningkatan. Kinerja tersebut dapat dilihat dalam motivasi kinerja guru jurusan otomatisasi dan tata kelola perkantoran ditunjukkan dengan besarnya motivasi kepala sekolah dan guru-guru di SMK Negeri 2 Tondano jurusan OTKP dalam menjalan tugasnya disekolah maupun kewajibannya di dalam kelas untuk mengajar. Hal ini juga ditunjukkan dengan kinerja guru mengenai lingkungan kerja guru-guru sudah dikatakan baik, dilihat dari keadaan lingkungan sekolah yang bersih aman dan damai.
Kata Kunci : Analisis, Kinerja Guru.
ABSTRACK
The purpose of this study was to determine and analyze the teaching performance of teachers majoring in automation and office management at SMK Negeri 2 Tondano. While the method used is a qualitative method. The research location is at SMK Negeri 2 Tondano. The research subjects were teachers at SMK Negeri2 Tondano. Primary data sources and secondary data sources. Data collection techniques used are observation, interviews, and documentation. Data analysis techniques used are data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of this study indicate that the analysis of teacher performance at SMK Negeri 2 Tondano has been said to be very good and has increased. This performance can be seen in the motivation for the performance of teachers majoring in automation and office governance as indicated by the great motivation of principals and teachers at SMK Negeri 2 Tondano majoring in OTKP in carrying out their duties at school and their obligations in the classroom to teach. This is also shown by the teacher's performance regarding the work environment of the teachers which is said to be good, seen from the state of the school environment that is clean, safe and peaceful.
Keywords : Analysis, Teacher Performance.
References
DAFTAR PUSTAKA
A.A Anwar Prabu Mangkunegara. 2014. Evaluasi kinerja SDM. Cetakan ke enam. Bandung refika Aditama.
A.Tabrani Rusyan, dkk, Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar, (Bandung: Remaja Karya)
Abraham, H. Maslow. 1994. Motivasi dan kepribadian (Teori Motivasi dengan pendekatan hierarki Kebutuhan Manusia). Jakarta: PT PBP.
Ahmad Susanto, (2016). Manajemen peningkatan Kinerja Guru. Jakarta: prenadamedia group.
Alex. Nitisemito., (2015), Manajemen sumber daya manusia, Pustaka setia, Bandung.
Anggraeni, D.S., 2011, Stop Tuberkulosis, Jakarta, Bee Media Indonesia.
Anoraga, Pandji. (2006). Psikologi kerja. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Arifin & Banawi, (2014). Kinerja Guru Profesional. Yogyakarta: Ar-Ruzzz Media.
Benardin & Russel 2006. Manajemen sumber daya manusia. Diterjemahkan oleh bambang sukoco. Bandung: Armico
Bogdan, Robert dan Taylor, Pengatar Metode Penelitian Kualitatif, Terjemahan oleh Arief Rurchan, (Surabaya : Usaha Nasional, 1992)
Dr. Laksmi dkk .2015. Manajemen Perkantoran Modern. PT RajaGrafindo Persada. Jakarta.
E.Mulyasa. 2005. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 2005. Implementasi Kurikulum 2004. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Kemendiknas. 2011. Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta: Pusat Kurikulum Perbukuan.
Khaerul Umam, 2010. Perilaku Organisasi. Cetakan 1. CV Pustaka Setia. Bandung Liberty.
Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka kreditnya.
Peraturan Pemerintah Nomor 16 tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik Dan Kompetensi Guru.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2005.
Robbin & Judge. 2015. Perilaku Organisasi Edisi 16. Jakarta. Salemba Empat.
Sedarmayanti. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil, Cetakan kelima, PT Refika Aditama, Bandung.
UU No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Emilia Mheidy Modjedje , Sophia Pongoh , Allen Ch. Manongko
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.