PENGARUH TINGKAT EKONOMI KELUARGA DAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP DISIPLIN BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 TOMOHON
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpeunima.v3i2.5206Keywords:
Family Economic Level, Parenting Patterns, , Learning DisciplineAbstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat ekonomi keluarga dan pola asuh terhadap disiplin belajar siswa di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tomohon. Jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survey, sampel berjumlah 81orang. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah teknik kuisioner (angket) dan dokumentasi. Hasil penelitian dianalisis dengan metode analisis regresi linier ganda, analisis korelasi sederhana dan analisis korelasi ganda. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukan : (1) Tingkat ekonomi keluarga berpengaruh positif dan signifikan terhadap disiplin belajar siswa di kelas xi ips sma negeri 1 tomohon sebesar 91,77% dengan jumlah thitung> ttabel = 29,684 > 1,990 (2) pola asuh berpengaruh positif dan signifikan terhadap disiplin belajar siswa di kelas xi ips sma negeri 1 tomohon sebesar 90,89% dengan jumlah thitung > ttabel = 28,072 > 1,990 (3) Tingkat ekonomi keluarga dan pola asuh orang tua berrpengaruh positif dan signifikan terhadap disiplin belajar siswa di kelas xi ips sma negeri 1 tomohon sebesar 92,16% dengan jumlah fhitung > ftabel = 201,524 > 3,112.
Kata Kunci : Tingkat Ekonomi keluarga, Pola Asuh Orang Tua, Disiplin Belajar
ABSTRACT
This study aims to determine the effect of family economic level and parenting patterns on student learning discipline in class XI IPS SMA Negeri 1 Tomohon. This type of quantitative research using survey methods, the sample amounted to 81 people. The technique used in data collection is a questionnaire (questionnaire) and documentation technique. The results of the study were analyzed using multiple linear regression analysis, simple correlation analysis and multiple correlation analysis. The results of this study indicate: (1) The family's economic level has a positive and significant effect on student discipline in class xi ips SMA Negeri 1 Tomohon by 91.77% with the number tcount> ttable = 29,684> 1,990 (2) parenting has a positive effect and significant to student learning discipline in class xi social studies SMA Negeri 1 Tomohon by 90.89% with a total tcount > ttable = 28,072 > 1,990 (3) Family economic level and parenting style have a positive and significant impact on student learning discipline in class xi The IPS of SMA Negeri 1 Tomohon is 92.16% with the number of fcount > ftable = 201,524 > 3,112.
Keywords: Family Economic Level, Parenting Patterns, Learning Discipline
References
Pustaka dari jurnal ilmiah :
Abin Syamsuddin Makmun. 2005. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Pustaka dari jurnal ilmiah :
Agung Edy Wibowo dan Adji Djojo. 2012. Aplikasi Praktis SPSS dalam Penelitian, Edisi Ke Dua. Penerbit Gava Media: Yogyakarta.
Pustaka dari jurnal ilmiah :
Anwar Suroyo. 2009. Pemahaman Individu, Observasi, Checklist, Interview, Kuesioner dan Sosiometri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Pustaka dari jurnal ilmiah :
Arikunto S. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.
Pustaka dari jurnal ilmiah :
Pustaka dari buku :
Bloom, Benjamin S. etc. 1956.Taxonomy of Educational Objectives : The Classification of Educational Goals, Handbook I Cognitive Domain.
New York : Longmans, Green and Co.
Pustaka dari jurnal ilmiah :
Bungin, Burhan. 2011. Penelit ian Kualitatif. Jakarta: Kencana Perdana Media Group.
Pustaka dari jurnal ilmiah :
Dalyono M. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Pustaka dari jurnal ilmiah :
Desmita. 2012. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Rosda Karya.
Pustaka dari jurnal ilmiah :
Dwi Astuti Retno. 2005. Pengaruh pola asuh orang tua terhadap kemandirian siswa dalam belajar pada siswa kelas XI sma negeri sumpiuh kabupaten banyumas. Universitas Negeri Semarang.
Pustaka dari jurnal ilmiah :
Ety Rochaety dan Ratih Tresnati Latief. 2007. Metodologi Penelitian Bisnis dengan aplikasi SPSS. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Pustaka dari jurnal ilmiah :
Hamalik, Oemar. 2006. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Bumi Aksara.
Pustaka dari jurnal ilmiah :
Robbins, Stephen. P. & Timothy, A. Judge. 2009. Organizational Behavior. 13 Theree Edittion, USA :Pearson International Edition, Prentice – hall.
Pustaka dari jurnal ilmiah :
Umi Narimawati, Sri Dewi, Anggadini, Linna, Ismawati. 2011. Penulisan Karya Ilmiah, Edisi Pertama, Genesis. Pondok Gede, Bekasi.
Pustaka dari jurnal ilmiah :
Sugiyono. 2009.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatifdan R&D. Bandung : Alfabeta.
Pustaka dari karya ilmiah :
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Pustaka dari jurnal ilmiah :
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta..
Pustaka dari jurnal ilmiah :
Sumadi Suryabrata. 2006. Psikologi Pendidikan.Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Pustaka dari jurnal ilmiah :
Siregar Syofian. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi Dengan Perbandingan Perhitungan Manual dan SPSS. Jakarta : Prenadamedia Group.
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Michelle K. E Liow, Tinneke E. M. Sumual, Meike Mamentu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.