PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PBL DAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DAN BISNIS DI KELAS X SMK FAJAR MOYONGKOTA

Authors

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v3i2.5226

Keywords:

PBL, Discovery , Learning Outcomes

Abstract

ABSTRAK< p>

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana Perbandingan Model Pembelajaran Problem Based Learning PBL Dan Model Pembelajaran Discovery Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Dan Bisnis Di Kelas X SMK Fajar Moyongkota Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian metode eksperimen Populasi dalam penelitian ini adalah 249 Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas X Ekonomi Dan Bisnis 1 30 dan kelas X Ekonomi Dan Bisnis 3 30 Metode pengumpulan data menggunakkan dokumentasi dan tes Berdasarkan hasil peneitian bahwa bila t hitung lebih kecil atau sama dengan t table maka Ho diterima sebaliknya bila t hitung lebih besar dari t table maka Ha yang diterima Dalam penelitian ini diketahui t hitung sebesar 2 061 dan Dengan dk= n1 n2 2= 30 30 2= 58 dengan dk 58 dan taraf kesalahan sebesar 0 05 dengan begitu t tabel sebesar 1 990 dengan demikan Ha di terima dan Ho ditolak Kesimpulannya terdapat perbedaaan hasil belajar siswa yang menggunakan Problem Based Learning dan Model Pembelajaran Discovery pada kelas X AKT di SMK Fajar Moyongkota < p>

Kata kunci : PBL Discovery dan Hasil Belajar< p>

ABSTRACT< p>

This study aims to determine the extent to which the Comparison of Problem Based Learning PBL and Discovery Learning Models on Student Learning Outcomes in Economics and Business Subjects in Class X SMK Fajar Moyongkota The method used in this study uses an experimental method of research The population in this study was 249 The sample of this study consisted of two classes namely class X Economics and Business 1 30 and class X Economics and Business 3 30 Data collection methods used documentation and tests Based on the results of the research that if t count is less than or equal to t table then Ho is accepted otherwise if t count is greater than t table then Ha is accepted In this study it is known that the t count is 2 061 and with dk= n1 n2 2= 30 30 2= 58 with dk 58 and the error rate is 0 05 so the t table is 1 990 Thus Ha is accepted and Ho is rejected In conclusion there are differences in student learning outcomes using Problem Based Learning and Discovery Learning Models in class X AKT at Fajar Moyongkota Vocational School < p>

Keywords: PBL Discovery and Learning Outcomes< p>

nbsp;< p>

nbsp;< p>

References

DAFTAR PUSTAKA

Arikunto S 2003 Dasar dasar Evaluasi pendidikan Jakarta: PT Bumi Aksara

Arikunto S 2014 Prosedur Penelitian Jakarta: Rineka Cipta

Ahmadi Abu Widodo supriyono Psikologi Belajar Jakarta: Rineka Cipta 2007

Buyukkarci Kagan Assessment Beliefs and Practices of Language Teachers in Primary Education International Journal of Instruction Vol 7 University Turky

Chung Shan Applying Problem based Learning PBL in University English Translation Classes The Journal of International Management Studies Vol 7 Medical University Taiwan

Fatimah Sitti Eksperimentasi Model Pembelajaran Discovery Learning dan Problem Based Learning Berbasis Assessment for Learning terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Tingkat Motivasi Siswa Skripsi Uiversitas Muhammadiyah Surakarta 2015

Gunantara dkk Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V Jurnal Mimbar Vol 2 Jurusan PGSD Universitas Pendidikan Ganesha 2014

John T Ajai dkk Comparison of the Learning Effectiveness of Problem Based Learning PBL and Conventional Method of Teaching Algebra Journal of Education and Practice Vol 4 Department of Science Education Faculty of Education Taraba State University

Satriani Perbandingan Model Discovery Learning dan Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri 14 Bulukumba Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar 2015

Scolastika Mariani dkk The Effectiveness of Learning by PBL Assisted Mathematics Pop Up Book Againts The Spatial Ability in Grade VIII on Geometry Subject Matter International Journal of Education and Research Vol 2 Faculty of Mathematics and Scienc University Semarang

Sugiyono Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R D: Bandung: Alfabeta 2013

Sugiyono Metode Penelitian Administrasi Cet XII; Bandung: Alfabeta 2005

Wulandari Bekti Pengaruh Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Di tinjau dari Motivasi Belajar PLC di SMK Jurnal Pendidikan Pendidikan Teknik Informatika FT UNY

Additional Files

Published

2022-12-28

Issue

Section

Articles

How to Cite

PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PBL DAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DAN BISNIS DI KELAS X SMK FAJAR MOYONGKOTA. (2022). Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(2), 283 290. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v3i2.5226