PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DAN BISNIS DI KELAS X SMK FAJAR MOYONGKOTA

Authors

  • Juan Julio Siwy Universitas Negeri Manado
  • Joubert M. Dame Universitas Negeri Manado
  • Devyano Ranti Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v3i2.5226

Keywords:

PBL, Discovery , Learning Outcomes

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana Perbandingan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dan Model Pembelajaran Discovery Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Dan Bisnis Di Kelas X SMK Fajar Moyongkota. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah 249 Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas X Ekonomi Dan Bisnis 1 30 dan kelas X Ekonomi Dan Bisnis 3 30. Metode pengumpulan data menggunakkan dokumentasi dan tes. Berdasarkan hasil peneitian bahwa bila t hitung lebih kecil atau sama dengan t table maka Ho diterima, sebaliknya bila t hitung lebih besar dari t table maka Ha yang diterima. Dalam penelitian ini diketahui t hitung sebesar 2.061 dan Dengan dk= n1-n2-2= 30+30-2= 58, dengan dk 58 dan taraf kesalahan sebesar 0.05 dengan begitu t tabel sebesar 1.990. dengan demikan Ha di terima dan Ho ditolak. Kesimpulannya terdapat perbedaaan hasil belajar siswa yang menggunakan Problem Based Learning dan Model Pembelajaran Discovery pada kelas X AKT di SMK Fajar Moyongkota.

Kata kunci : PBL, Discovery dan Hasil Belajar

ABSTRACT

This study aims to determine the extent to which the Comparison of Problem Based Learning (PBL) and Discovery Learning Models on Student Learning Outcomes in Economics and Business Subjects in Class X SMK Fajar Moyongkota. The method used in this study uses an experimental method of research. The population in this study was 249. The sample of this study consisted of two classes, namely class X Economics and Business 1 30 and class X Economics and Business 3 30. Data collection methods used documentation and tests. Based on the results of the research that if t count is less than or equal to t table then Ho is accepted, otherwise if t count is greater than t table then Ha is accepted. In this study, it is known that the t count is 2.061 and with dk= n1-n2-2= 30+30-2= 58, with dk 58 and the error rate is 0.05, so the t table is 1.990. Thus Ha is accepted and Ho is rejected. In conclusion, there are differences in student learning outcomes using Problem Based Learning and Discovery Learning Models in class X AKT at Fajar Moyongkota Vocational School.

Keywords: PBL, Discovery and Learning Outcomes

 

 

References

DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, S. (2003). Dasar-dasar Evaluasi pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Ahmadi, Abu & Widodo supriyono. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2007.

Buyukkarci, Kagan “Assessment Beliefs and Practices of Language Teachers in Primary Education”, International Journal of Instruction Vol.7 (University Turky)

Chung Shan, “Applying Problem-based Learning (PBL) in University English Translation Classes”, The Journal of International Management Studies, Vol 7. Medical University, Taiwan

Fatimah, Sitti. Eksperimentasi Model Pembelajaran Discovery Learning dan Problem Based Learning Berbasis Assessment for Learning terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Tingkat Motivasi Siswa. Skripsi Uiversitas Muhammadiyah Surakarta, 2015.

Gunantara,dkk. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Mimbar Vol. 2. Jurusan PGSD Universitas Pendidikan Ganesha 2014.

John T. Ajai, dkk. Comparison of the Learning Effectiveness of Problem-Based Learning (PBL) and Conventional Method of Teaching Algebra. Journal of Education and Practice Vol.4. Department of Science Education, Faculty of Education Taraba State University.

Satriani. Perbandingan Model Discovery Learning dan Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri 14 Bulukumba. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar 2015.

Scolastika Mariani, dkk. The Effectiveness of Learning by PBL Assisted Mathematics Pop Up Book Againts The Spatial Ability in Grade VIII on Geometry Subject Matter”, International Journal of Education and Research Vol.2. Faculty of Mathematics and Scienc University Semarang

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D: Bandung: Alfabeta, 2013

Sugiyono. Metode Penelitian Administrasi. Cet. XII; Bandung: Alfabeta. 2005.

Wulandari, Bekti. Pengaruh Problem-Based Learning terhadap Hasil Belajar Di tinjau dari Motivasi Belajar PLC di SMK. Jurnal Pendidikan. Pendidikan Teknik Informatika FT UNY.

Additional Files

Published

2022-12-28

How to Cite

Siwy, J. J. ., Dame, J. M., & Ranti, D. . (2022). PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DAN BISNIS DI KELAS X SMK FAJAR MOYONGKOTA. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(2), 283-290. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v3i2.5226

Issue

Section

Articles