Pengaruh Lingkungan sekolah dan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMK Fajar Moyongkota

Authors

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v3i2.5515

Keywords:

Lingkungan Sekolah, Lingkungan Keluarga dan Prestasi Belajar

Abstract

ABSTRAK< p>

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Lingkungan Sekolah dan Lingkungan Keluarga terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMK Fajar Moyongkota Metode penelitian ini adalah metode survey dengan 40 sampel Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah teknik kuisioner angket observasi dan dokumentasi Hasil penelitian dianalisis dengan metode analisis regresi linear berganda dan analisis korelasi ganda Adapun hasil dari penelitian ini yaitu 1 variabel Lingkungan Sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMK Fajar Moyongkota sebesar 19 44 thitung= 3 030 gt; ttabel = 2 024 dan fhitung = 54 88 gt;ftabel 4 08 2 variabel Lingkungan Keluarga berpengaruh positif dan signifikan terhadap terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMK Fajar Moyongkota sebesar 22 27 thitung= 3 301 gt; ttabel = 2 024 dan fhitung = 56 27 gt;ftabel4 08 3 variabel Lingkungan Sekolah dan Lingkungan Keluarga berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMK Fajar Moyongkota sebesar 80 65 dan fhitung = 7 86 gt;ftabel 3 25 < p>

Kata Kunci : Lingkungan Sekolah Lingkungan Keluarga Prestasi Belajar< p>

ABSTRACK< p>

This study aims to determine the effect of the school environment and family environment on the learning achievement of class X students at Smk Fajar Moyongkota This research method is a survey method with 40 samples The technique used in data collection is a questionnaire technique questionnaire observation and documentation The results of the study were analyzed using multiple linear regression analysis and multiple correlation analysis The results of this study are 1 The school Environment variable has a positive and significant effect on the learning Achievement of Clas X Students of Smk Fajar Moyongkota vocation school by 19 44 tcount 3 030 gt; ttablel = 2 024 and fcount =54 88 gt; ftable 4 08 2 The family environment variable has a positive and significant effect on the learning achievement of Class X students at Smk Fajar Moyongkota vocation school by 22 27 Tcount 3 301 gt; ttable= 2 024 and fcount = 56 27 gt; ftable 4 08 3 The variables of the school Environment and Family Environment have a positive and significanteffect on the Learning Achievement of class X Students of Smk Fajar Moyongkota vocational School as large as 80 65 and fcount =7 86 gt; ftable 3 25 < p>

Keywords: School Environment Family Environment Learning Achievement< p>

nbsp;< p>

nbsp;< p>

nbsp;< p>

nbsp;< p>

nbsp;< p>

References

Arikunto S 2002 Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal Jakarta: PT RinekaCipta

Arikunto Suharsimi 2006 Prosedur Penelitian :Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi VI Jakarta : PT Rineka Cipta

Sugiyono 2017 Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R D Bandung: Alfabeta

Suharsimi Arikunto 2006 Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek Jakarta:RinekaCipta

Sukmadinata N S 2011 Metode Penelitian Pendidikan Bandung: Remaja Rosadakarya

Tjiptono F 2006 Manajemen Jasa Yogyakarta: Andy Offset

Tjiptono F 2007 Manajemen Jasa Yogyakarta: Andy Offset

Tjiptono Fandy 2004 Pemasaran Jasa Malang: Bayumedia

Iwan kandori Allen C H Manongko Christilia Supit PENGARUH KONDISI SOSIAL EKONOMI KELUARGA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 MANADO Literacy:Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 2 No 1 2021

Syarif A A Sinulinga S and Nazarudin 2012 produktifitas Teknovasi

Suwartini S 2017 Pendidikan Karakter Dan Pembangunan Sdm Kebelanjutan

Febrini D 2017 Psikologi Pembelajaran Yogyakarta: Pustaka Belajar

Sukmadinata 2009 Landasan Psikologi dan Proses Pendidikan Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Mariana Rita DDK 2010 Pengelolaan Lingkungan Belajar Jakarta Kencana Prenda Media

Abu Ahmadi 2009 Psikologi Umum Jakarta: Rieka Cipta

Ahmadi A 2009 Psikologi Sosial Edisi Revisi Jakarta: Rineka Cipta

Sjeddie Rianne Watung Jones Xaverius Pontoh Hill Gelfry Sau PENGARUH EFIKASI DIRI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA KULIAH ANALISA INFORMASI KEUANGAN PADA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN 2018 UNIVERSITAS NEGERI MANADO Literacy jurnal Pendidikan Ekonomi vol 3 no 1 2022

Altika Feronika Rolleh Yance Tawas Tawas Iwan kandori PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DAN MODEL E LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DI KELAS XII ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK KRISTEN SINGKANAUNG TANAH PUTIH Literacy Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 1 No 1 Juni 2020

Additional Files

Published

2022-12-28

Issue

Section

Articles

How to Cite

Pengaruh Lingkungan sekolah dan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMK Fajar Moyongkota. (2022). Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(2), 365 371. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v3i2.5515