Pengaruh Lingkungan sekolah dan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMK Fajar Moyongkota

Authors

  • Sjedie Watung Universitas Negeri Manado
  • Feine Tulung Universitas Negeri Manado
  • Tika Mamonto Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v3i2.5515

Keywords:

Lingkungan Sekolah, Lingkungan Keluarga dan Prestasi Belajar

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Lingkungan Sekolah dan Lingkungan Keluarga terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMK Fajar Moyongkota. Metode penelitian ini adalah metode survey dengan 40 sampel. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah teknik kuisioner (angket), observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian dianalisis dengan metode analisis regresi linear berganda, dan analisis korelasi ganda. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu (1) variabel Lingkungan Sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMK Fajar Moyongkota sebesar 19,44%, thitung= 3,030 > ttabel = 2,024 dan fhitung = 54,88 >ftabel 4,08. (2) variabel Lingkungan Keluarga berpengaruh positif dan signifikan terhadap terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMK Fajar Moyongkota sebesar 22,27%, thitung= 3,301> ttabel = 2,024 dan fhitung = 56,27>ftabel4,08. (3) variabel Lingkungan Sekolah dan Lingkungan Keluarga berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMK Fajar Moyongkota sebesar 80,65%, dan fhitung = 7,86 >ftabel 3,25.

Kata Kunci : Lingkungan Sekolah, Lingkungan Keluarga, Prestasi Belajar

ABSTRACK

This study aims to determine the effect of the school environment and family environment on the learning achievement of class X students at Smk Fajar Moyongkota. This research method is a survey method with 40 samples. The technique used in data collection is a questionnaire technique (questionnaire), observation and documentation. The results of the study were analyzed using multiple linear regression analysis and multiple correlation analysis. The results of this study are (1).The school Environment variable has a positive and significant effect on the learning Achievement of Clas X Students of Smk Fajar Moyongkota vocation school by 19,44% tcount 3,030 > ttablel = 2.024 and fcount =54,88 > ftable 4,08 (2).The family environment variable has a positive and significant effect on the learning achievement of Class X students at Smk Fajar Moyongkota vocation school by 22,27%. Tcount 3,301 > ttable= 2,024 and fcount = 56,27 > ftable 4,08. (3). The variables of the school Environment and Family Environment have a positive and significanteffect on the Learning Achievement of class X Students of Smk Fajar Moyongkota vocational School as large as 80,65%, and fcount =7,86 > ftable 3,25.

Keywords: School Environment, Family Environment, Learning Achievement

 

 

 

 

 

References

Arikunto, S. 2002. Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: PT. RinekaCipta.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian :Suatu Pendekatan Praktik, Edisi Revisi VI, Jakarta : PT Rineka Cipta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suharsimi, Arikunto. 2006. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta:RinekaCipta.

Sukmadinata, N.S. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosadakarya

Tjiptono, F. 2006. Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andy Offset.

Tjiptono, F. 2007. Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andy Offset.

Tjiptono, Fandy, 2004, Pemasaran Jasa, Malang: Bayumedia.

Iwan kandori, Allen C.H Manongko, Christilia Supit ,PENGARUH KONDISI SOSIAL EKONOMI KELUARGA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 MANADO, Literacy:Jurnal Pendidikan Ekonomi, Vol. 2 No. 1 (2021)

Syarif, A.A, Sinulinga, S. and Nazarudin (2012) ‘produktifitas’, Teknovasi.

Suwartini, S. (2017). Pendidikan Karakter Dan Pembangunan Sdm Kebelanjutan.

Febrini, D. (2017). Psikologi Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Sukmadinata. 2009. Landasan Psikologi dan Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mariana, Rita. DDK. (2010). Pengelolaan Lingkungan Belajar. Jakarta. Kencana Prenda Media.

Abu, Ahmadi. 2009. Psikologi Umum. Jakarta: Rieka Cipta.

Ahmadi, A. 2009. Psikologi Sosial Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sjeddie Rianne Watung, Jones Xaverius Pontoh , Hill Gelfry Sau, PENGARUH EFIKASI DIRI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA KULIAH ANALISA INFORMASI KEUANGAN PADA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN 2018 UNIVERSITAS NEGERI MANADO, Literacy jurnal Pendidikan Ekonomi vol.3 no.1 2022

Altika Feronika Rolleh, Yance Tawas Tawas,Iwan kandori, PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DAN MODEL E-LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DI KELAS XII ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK KRISTEN SINGKANAUNG TANAH PUTIH, Literacy Jurnal Pendidikan Ekonomi, Vol.1 No.1 Juni 2020

Additional Files

Published

2022-12-28

How to Cite

Watung, S., Tulung, F., & Mamonto, T. (2022). Pengaruh Lingkungan sekolah dan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMK Fajar Moyongkota. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(2), 365-371. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v3i2.5515

Issue

Section

Articles