Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw dan STAD (Student Teams Achievement Division) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 1 Ratahan

Authors

  • Silvia Rumalag Universitas Negeri Manado
  • Yantje Tawas Universitas Negeri Manado
  • Jetty Lempas Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v3i2.5574

Keywords:

Pembelajaran Kooperatif Jigsaw , Student Team Achievement Devision (STAD), , Hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw dan STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVMENT DIVISION) dalam meningkatkan hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri I Ratahan. Metode yang digunakan dalam Penelitian eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan Berdasarkan hasil penelitian atau uji hipotesis pada kelas eksperimen 1 dapat dilihat = 33,211 > =2,201 maka Ha diterima dan tolak Ho. maka ada perbandingan pre test dan post test pada kelas eksperimen I dengan mengunakan model pembelajaran JIGSAW. Dengan demikian terjadi peningkatan yang signifikan hasil belajar siswa kelas eksperimen I dengan mengunakan model pembelajaran JIGSAW. Penelitian ini juga telah dilakukan oleh nurul suparni(2017) hasil penelitiannya menjelaskan penerapan model pembelajaran JIGSAW dapat berpengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa

Kata kunci : Pembelajaran Kooperatif Jigsaw dan STAD, Hasil Belajar

ABSTRACT
This study aims to determine the effect of the Jigsaw Cooperative Learning Model and STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVMENT DIVISION) in improving student learning outcomes in Economics Subjects at SMA Negeri I Ratahan. The method used in experimental research. The results showed that based on the results of research or hypothesis testing in experimental class 1, it can be seen that t_count = 33.211 > t_table = 2.201, so Ha is accepted and Ho is rejected. then there is a comparison of the pre test and post test in the experimental class I using the JIGSAW learning model. Thus there is a significant increase in student learning outcomes in experimental class I by using the JIGSAW learning model. This research has also been carried out by Nurul Suparni (2017) whose research results explain that the application of the JIGSAW learning model can have a significant effect on student learning outcomes

Keywords: Jigsaw and STAD Cooperative Learning, Learning Outcomes

References

(Sudjana, 2004 : 2), Lindy Petersen (2004 : 11).

(Menurut Burton dalam bukunya “The Guidance Of Learning Activities” ),

Menurut Gallowing (1976), (Soejadi dalam teti Sobari, 2006:15).

Menurut Slavin (2007),pembelajaran kooperatif, Tom V. Savage (1987:217),belajar pembelajaran (Johnson dalam Hasan, 1996)., Wahyuni (2001:8) Slavin (dalam Trianto : 57 ) , bentuk keterampilan kooperatif oleh (Leudgeren 1994), Menurut Slavin Learning medichine and beyond: A brief overbiew. Jossey Bass Publisher

Slavin dalam Rusman (2011: 213), model STAD

Boud,D and Felleti G. (1997). The Challenge of problem based learning.London:Kogan Page.

Burton,W.H. 1962. The Guidance Of Learning Activities. New York: Mc GrawHil Inc.

Gagne,R.M. 1997 . The Conditions of Learning. New York: Holt Rinehart andWinston

Ibrahim, M. dan Nur, M. (2004). Pembelajaran Berdasarkan Masalah.Surabaya: UNESA University Press.

Mudjiman, Haris. 2006. Belajar Mandiri, Surakarta: Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP) UNS dan UPT Penerbitan dan Percetakan UNS (UNS Press).

Siburian, Jodion. 2010. Model Pembelajaran Sains, Jambi: Universitas Jambi.

Sugiyono.2009. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif, dan R&d). Bandung:Alfabeta

Sudjana.2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Sudjana,Nana.1989. Penilaian Hasil Belajar Mengajar.Bandung:Sinar Baru. Sukardi.2003. Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara

Suparlan, 2008, Menjadi Guru Efektif, Jakarta: Hikayat Publishing.

Novendi Sawat, Sophia Pongoh, Gilly M Tiwow, PENGARUH FASILITAS BELAJAR MENGAJAR DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 1 AMURANG BARAT, Vol.2 No.1 2021 https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/jpe-unima/issue/view/75

Sinta Bela Mokodompis, Iwan Kandori, Niny Makaliwe, PENGARUH KOMPETENSI GURU DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMK N 1 LANGOWAN, Vol 7, No 1, https://ejournal.fekon-unima.ac.id/index.php/JPE/issue/view/175

Altika Feronika Rolleh, Yance Tawas, Iwan Kandori, PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DAN MODEL E-LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DI KELAS XII ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK KRISTEN SINGKANAUNG TANAH PUTIH, Vol.5 No.2, https://ejournal.fekon-unima.ac.id/index.php/JPE/issue/view/134

Additional Files

Published

2022-12-28

How to Cite

Rumalag, S., Tawas, Y., & Lempas, J. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw dan STAD (Student Teams Achievement Division) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 1 Ratahan. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(2), 372-384. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v3i2.5574

Issue

Section

Articles