PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DEVISION (STAD) DAN GROUP INVESTIGATION BERBASIS HOTS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XII PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DI SMK NEGERI 2 PINRANG”.
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpeunima.v3i2.5575Keywords:
Student Team Achievement Devision (STAD), , group investigation berbasis hots, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini berjudul” Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Devision (STAD) dan group investigation berbasis hots terhadap hasil belajar siswa kelas XII pada mata pelajaran kewirausahaan di SMK Negeri 2 Pinrang”. Dengan bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa sebelum diberi perlakuan (pretest) dengan sesudah diberi perlakuan (posttest) dan untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan dan group investigation berbasis HOTS dapat meningkatkan hasil belajar siswa dikelas XII SMK Negeri 2 Pinrang.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dan desain yang digunakan adalah Matching pretest – posttest control Group Design, yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII APHP 2 dengan jumlah 23 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas XII APHP 1 dengan jumlah 23 orang sebagai kelas kontrol.
Data hasil belajar siswa diperoleh dari hasil posttest yang berbentuk pilihan ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan perbedaan hasil belajar sebesar 80,86 untuk kelas eksperimen, dan 70,43 untuk kelas kontrol. Hal ini dibuktikan dengan nilai hasil uji beda (t), dari perhitungan diatas didapatkan sebesar 4,30 sedangkan sebesar 1,680. Sehingga bila dimasukkan pada rumus hipotesis , sehingga ditolak dan diteima.
Kesimpulan adalah terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement devision (STAD) dan group investigation berbasis hots pada mata pelajaran Kewirausahaan kelas XII APHP 2 dan APHP 1 di SMK Negeri 2 PINRANG.
Kata Kunci: Student Team Achievement Devision (STAD), Group investigation berbasis hots, Hasil Belajar
ABSTRACT
this research is entitled "the application of student team achievement division (stad) cooperative learning model and hots-based group investigation to the learning outcomes of class xii students in the subject of entrepreneurship at smk negeri 2 pinrang". with the aim to find out whether there are differences in student learning outcomes before being given treatment (pretest) and after being given treatment (posttest) and to find out whether the stad type cooperative learning model and hots-based group investigation can improve student learning outcomes in class xii smk negeri 2 pinrang.
the method used in this study was an experimental method and the design used was matching pretest – posttest control group design, the objects of this study were students of class xii aphp 2 with a total of 23 people as the experimental class and class xii aphp 1 with a total of 23 people. as control class.
data on student learning outcomes were obtained from the posttest results in the form of multiple choices. the results of this study showed a difference in learning outcomes of 80.86 for the experimental class and 70.43 for the control class. this is evidenced by the value of the different test results (t), from the calculation above, it is obtained that t_(count) is 4.30 while t_(table) is 1.680. so that if it is entered into the hypothesis formula t_(count)> t_(table), then h_0 is rejected and h_1 is accepted.
the conclusion is that there are differences in student learning outcomes using the application of the cooperative learning model type student team achievement division (stad) and group investigation based on hots in the subject of entrepreneurship class xii aphp 2 and aphp 1 at smk negeri 2 pinrang.
keywords: (stad- student team achievement), group investigation based on hots, learning outcomes
References
DAFTAR PUSTAKA
Aqib, Zainal. ( 2016 ). Model – model , media , dan strategi pembelajaran. Bandung : yrama Widya
Agustina, Windi. dkk. 2015. Model Group Investigasi (GI) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran IPS”. Jurnal Antologi,
Cartono . ( 2010 ). Evaluasi hasil belajar berbasis standar. Bandung: prisma press prodaktama.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Dian 2011. Implementasi Karakter Tanggung Jawab dalam Pembelajaran PPKn Melalui Model STAD , 209-213 Dian Nastiti.pdf (uad.ac.id)
Dr.Rusman, 2012.Model-Model Pembelajaran.Bandung : Seri manajemen Sekolah bermutu
Dr. Budi Winasis MM, Mengenal HOTS & Rencana Pembelajarannya, https://lpmpjatim.kemdikbud.go.id
Indrawan, Rully dan Poppy yaniawati. ( 2014 ). Metodologi penelitian. Bandung: PT refika aditama.
Huda, Miftahul. ( 2014 ). Model – model pengajaran dan pembelajaran. Yogyakarta: pustaka pelajar
Isjoni. 2007. Cooperative Learning Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.
Joyce, B., Weil, M. dan Calhoun, E., (2011), Models of Teaching, Model-Model Pengajaran Edisi Kedelapan, Pustaka Pelajar, Yogyakarta
Mulyasa. 2014. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung : Remaja Rosdakarya
Setyono, Tri Djoko. ( 2011 ). Paham konstruktivisme dalam model pembelajaran kooperatif ( STAD ). Materi kuliah tidak diterbitkan. Denpasar.
Muhibbin Syah. 2005. Psikolagi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Slavin Robert E. 2015. Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media
Syaiful Sagala. (2008). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sudjana dan Rivai.” Media Pengajaran (Penggunaan Dan Pembuatannya)”, Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Zainuddin 2018: 42. Peningkatan Aktivitas Belajar dengan Pendekatan Kooperatif Tipe Stad dalam Pembelajaranilmu Pengetahuan Sosial, https://scholar.google.co.id
Tan, O.S.. (2009). Student’s Experience in Problem Based Learning : Three Blind Mice Episode or Educational Innovation?, Innovations in Education and Teaching International, 41:169-184
Robert B Sund dalam Malik. 2001. Pengertian Discovery Learning. Bandung: Citra Aditya
Winkel, W S. 1996. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Tarsito.Chatarina (2006:5),
Greadler, Margaret E. Bell. 1991. Belajar dan Membelajarkan. Jakarta: Rajawali
Curzon, L.B. 1983. Teaching in Further Education. London: Cassell. Wasty Soemanto (1998)
Satriana Abbas, Henry Tamboto, Agnes Rooroh 2020, PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DEVISION (STAD) DAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 1 TONDANO, https://ejournal.fekon-unima.ac.id/index.php/JPE/issue/view/121
Reinata Mamonto, Henry Tamboto, Mercheane Pontoh 2020, Penggunaan Model Pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan Model pembelajaran Kooperatif tipe STAD (student team achievement devisions) di SMA N 1 Modayag, https://ejournal.fekon-unima.ac.id/index.php/JPE/issue/view/99
Umiyati Annisaa Basis, Allen Manongko, Gilly Tiwow 2020, MODEL PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN HIGHER ORDER THINGKING SKILL (HOTS) PADA SISWA DI SMA KRISTEN 1 TOMOHON, https://ejournal.fekon-unima.ac.id/index.php/JPE/issue/view/115
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Benyamin, Henry.J.D.Tamboto, Listriyanti Palangda
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.