Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pembelajaran Berbasis Masalah ( PBM ) dalam Menigkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V111 Pada mata pelajaran IPS TERPADU di SMP SATAP TUMPAAN

Authors

  • Indy . Universitas Negeri Manado
  • Yance Tawas Universitas Negeri Manado
  • Shelty Sumual

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v1i2.577

Keywords:

Model Pembelajaran Kooperatif, Hasil Belajar

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pembelajaran Berbasis Masalah ( PBM ) dalam Menigkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V111 Pada mata pelajaran IPS TERPADU di SMP SATAP TUMPAAN. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah 341 dengan sampel 34 siswa. Berdasarkan hasil penelitian Hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif tipe PBM lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang diajarkan dengan pembelajaran secara konvensional pada pokok bahasan kegiatan ekonomi. Dari Pengujian Hipotesis minat belajar siswa menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dengan penerapan model pembelajaran tipe PBM dan kelas control dengan pembelajaran konvensional. Dengan adanya model pembelajaran kooperatif tipe PBM memberikan pengaruh yang sangat signifikan atau berarti dalam meningkatkan minat hasil belajar.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif dan Meningkatkan Hasil Belajar

 

ABSTRAK

This study aims to determine the Application of Cooperative Learning Model Based on Problem Based Learning (PBM) in Improving Student Learning Outcomes of Class V111 in Integrated Social Studies subjects at SMP SATAP TUMPAAN. The research method used is the experimental method. The population of this study was 341 with a sample of 34 students. Based on the research results, student learning outcomes taught by applying the PBM cooperative learning model were better than student learning outcomes taught by conventional learning on the subject of economic activities. From the Hypothesis Testing, student interest in learning shows that there are differences in learning outcomes between the experimental class with the application of the PBM type learning model and the control class with conventional learning. With the cooperative learning model type PBM has a very significant or significant effect in increasing interest in learning outcomes.

Keywords:Cooperative Learning Model and Improve Learning Outcomes.

References

Agus Suprijono. 2009. CooperatifLearning. Pustaka belajar. Yogyakarta

Arikunto Suharsimi, Suharjono, Supardi. Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Angsara

Depdiknas (2003:5) "Pembelajaran Kooperatif (cooperative learning)

Hudoyo,1979. pemecahan masalah sebagai usaha untuk mencari jalan keluar dari suatu kesulitan.

Isjoni. 2009. Cooperative Learning. Randung: Alfabeta.

Sanjaya (2008) Pembelajaran Berbasis Masalah, rangkaian aktivitas pembelajaran menekankan pada proses penyelesaian masalah

Slavin, R, E. 2008. Cooperative Learning.Bandung: Nusa Media

Zulharman (2008) pembelajaran berbasis masalah,pembelajaran yang bertolak dari problem yang ada.

Additional Files

Published

2020-12-28

How to Cite

., I., Tawas, Y., & Sumual, S. . (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pembelajaran Berbasis Masalah ( PBM ) dalam Menigkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V111 Pada mata pelajaran IPS TERPADU di SMP SATAP TUMPAAN. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 1(2), 109-129. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v1i2.577

Issue

Section

Articles