PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI GOOGLE SEBAGAI SUMBER BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS IX DI SMA NEGERI 1 TONDANO

Authors

  • Iwan Kandori Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i1.7055

Keywords:

Google Aplicatoin as a learning resource, learning motivation, learning success

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif untuk menguji hipotesis. Penelitian ini berlokasi di SMA Negeri 1 Tondano. Populasi penelitian terdiri dari 30 siswa kelas IX. Sampel sebanyak 30 siswa diambil dengan menggunakan metode total sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah survey atau survei. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi berganda. Hasilnya menunjukkan sebagai berikut:(1) Penggunaan Aplikasi Google sebagai sumber belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap keberhasilan belajar Ekonomi Kelas IX SMA Negeri 1. Skor Tondano adalah 4,913 dan hasil tabel adalah 2,051. Hasilnya adalah 4,913 > 2,051. (2) Pada kelas bisnis IX SMA Negeri 1 Tondano terdapat pengaruh positif signifikan antara motivasi belajar dengan keberhasilan belajar. Angkanya 2.334 tapi tabelnya 2.051. Hasilnya adalah 2,334 > 2,051. (3) Untuk keberhasilan belajar ekonomi kelas IX SMA Negeri 1 Tondano terdapat pengaruh positif yang signifikan antara penggunaan website Google dengan motivasi belajar: Fhitung 20,296 dan nilai Ftabel 3,35. Itu ditunjukkan. Hasilnya 20.296 memberikan >3,35. Variabel yang menggunakan situs Google sebagai sumber belajar dan motivasi belajar menyumbang 60,1% dari kinerja siswa dalam perhitungan r-squared, dan sisanya (100% - 69,1% = 39,9%) berkontribusi pada faktor lain seperti pembelajaran. Faktor lingkungan, faktor lingkungan rumah, minat belajar dan media pembelajaran. 

Kata kunci: Aplikasi google sebagai sumber belajar, motivasi belajar, Prestasi belajar       

 

ABSTRACK

This study is a quantitative descriptive study to test the hypothesis. This study is located at SMA Negeri 1 Tondano. The study population consisted of 30 students from class IX. Samples were taken from up to 30 students using the total sampling technique. The data collection techniques used are surveys or surveys. The data analysis technique used is multiple regression. The results show that:

(1) There is a positive and significant impact between using the Google website as a learning resource with respect to learning success in SMA Negeri 1 Economics Class IX. Tondano has a score of 4.913 and a table score of 2.051. The result is 4.913 > 2.051. (2) In economic class IX of SMA Negeri 1 Tondano, there is a positive significant impact between learning motivation and learning success. The number is 2.334, but the table is 2.051. The result is 2.334 > 2.051. (3) Regarding learning success in Economics Class IX of SMA Negeri 1 Tondano, there was a significant positive effect between use of the Google website and learning motivation, with a Fcount of 20.296 and an Ftable value of 3.35. is shown. A result of 20.296 gave >3.35. Variables using Google Application as a source of learning and motivation to learn had a 60.1% impact on student performance from the R-squared calculation, with the remainder (100% - 69.1% = 39.9%) It is influenced by other factors such as learning environment factors, home environment factors, interest in learning and learning media. 

keyword:Google Aplicatoin as a learning resource, learning motivation, and learning success 

 

References

Abd Rahman Abor. (1993). Pädagogische Psikologio. Jogjakarta:PT Tiara Wakana Yogyakarta. Amalia Putri Hananta. (2007). Meningkatkan Prestasi Siswa dan Mendongkrak Pembelajaran IPS di SMA N 1 Malang Kelas XI Menggunakan Internet Sebagai Sumber Belajar. Diunduh dari http://lib.malang.ac.id/files pada tanggal 25 Juli 2022.

Andika (2005). Apa itu internet? Diunduh dari www.andhika.com pada 25/07/2022.

Arif A Mancoesapoetra (2004). Pemanfaatan media massa sebagai sumber pendidikan ilmu sosial di tingkat sekolah. Mengakses:http:http://article.us/mangkoes6-04-2.html tanggal 25 Juli 2022.

Budi Stejo (2004). Menggali model media elektronik dalam pengembangan sistem pendidikan. Yogyakarta.

Budi Utomo (2002). Pembelajaran online, konsep, teknologi, aplikasi online pendidikan. Yogyakarta:dan saya

Cepi Sahruddin dan Jawa Barat. (2002). Kenali komputer Anda. Fakultas Ilmu Pendidikan UNY. Kementerian Pendidikan Negara. (2003). UU Sisdiknas No. 20 Tahun 2003. Jakarta:

Departemen Pendidikan Umum. Menteri Pendidikan. (2007) Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta:Perpustakaan. Versi 3.

Departemen bagian PSMK. (2004). Kurikulum SMK Jakarta:Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Direktur Jenderal Pendidikan Dasar. (2006). Tata Tertib Sekjen MPDM LPIR 2008. Diakses dari www.mandikdasmen.depdiknas.go.id pada 25 Juli

Ester Hutagalung, Joubert Dame & Allen Manongko, Menggunakan Interreton dalam Pembelajaran Arsip Kelas X OTKP SMK N 1 Modoinding

Josua Ivana Sumangkut, Joubert M. Dame, Gilly M. Tiwow, Jurusan Administrasi Perkantoran dan Layanan Bisnis Pembelajaran Jarak Jauh SMA Negeri 1 Tondano

Mulyasa. (2006). Nubuatan yang diinstruksikan Firaun:Makhluk kreatif kaj amuzan lernadon. Bandung:PT Nuoriso The Dakaria.

Horton William. (2000). Desain pendidikan berbasis web. Amerika Serikat John Wiley

Saran (2010). studi statistik. Bandung:kain vertikal

Shayful Bari Jamala. (1994). Hasil pembelajaran dan kualifikasi guru. Surabaya:bisnis nasional. Sutrisno Hadi (2000). Regresoj analizi. Jogjakarta:Andi hier

Additional Files

Published

2023-06-28

How to Cite

Kandori, I. (2023). PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI GOOGLE SEBAGAI SUMBER BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS IX DI SMA NEGERI 1 TONDANO. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(1), 159-165. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i1.7055

Issue

Section

Articles