ANALISIS FAKTOR KOMPETENSI GURU TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI DI SMA NEGERI 1 AIRMADIDI

Authors

  • Cheris Laloan Universitas Negeri Manado
  • Joubert M. Dame Universitas Negeri Manado
  • Angel Bakahosu Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i1.7065

Keywords:

Personality Competence, Social Competence, Learning Outcomes

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor komepetensi guru terhadap hasil belajar ekonomi di SMA Negeri 1 Airmadidi dalam hal ini kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial guru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode survey. Populasi dalam penelitian kelas XI IPS dengan sampel 60 sesuai formulasi Slovin. Data dikumpul menggunakan angket dan documenter. Untuk menganalisis data hasil penelitian digunakan analisis regresi dan korelasi ganda. Hasil penelitian diperoleh: (1). Kompetensi kepribadian memiliki Hubungan Positif terhadap Hasil belajar (2). Kompetensi sosial memiliki Hubungan Positif terhadap Hasil belajar (3). Kompetensi Kepribadian, Kompetensi Sosial memiliki hubungan positif secara Simultan dan Parsial terhadap Hasil Belajar.

Kata Kunci: Kompetensi Kepribadian, Kompetensi Sosial, Hasil Belajar

 

 

ABSTRACT

This study aims to analyze the factors of teacher competence on economic learning outcomes at SMA Negeri 1 Airmadidi in this case the personal competence and social competence of teachers. The method used in this research is survey method. The population in the XI IPS class study with a sample of 60 according to the Slovin formulation. Data was collected using questionnaires and documentaries. To analyze the research data used regression analysis and multiple correlation. The research results obtained: (1). Personality competence has a positive relationship to learning outcomes (2). Social competence has a positive relationship to learning outcomes (3). Personality Competence, Social Competence Simultaneously and Partially have a Positive Relationship to Learning Outcomes.

Keywords: Personality Competence, Social Competence, Learning Outcomes

 

References

Farida Sarimaya (2009). Sertifikasi Guru. Bandung: Cv Yrama Widya Group.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariat. Semarang.

Hamalik (2006). Manajemen Pengembangan Kurikulum, Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Hurlock (1978). Perkembangan Anak: Volume I dan II. (Ahli bahasa: Meitasari Tjandra dan Muslichah Zarkasih). Jakarta: Erlangga.

I. Agusti (2015). "Pengaruh kompetensi sosial dan kompetensi kepribadian guru terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI SMA Negeri 6 Medan tahun ajaran 2015/2016. Jurnal Universitas Negeri Medan.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (Online). Tersedia di https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/kompetensi. (Diakses pada 10 April 2023)

Kamus Besar Bahasa Indonesia. (Daring). Tersedia di https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/Guru. (Diakses pada 10 April 2023)

Kamus Besar Bahasa Indonesia. (Daring). Tersedia di https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/Pedagogik. (Diakses pada 10 April 2023)

Kunandar. (2010). Guru Profesional dalam Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: PT Rajawali Press.

Permendiknas No. 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru

Permendiknas No. 16 Tahun 2007, tentang Kompetensi Pedagogik

Permendiknas No. 16 Tahun 2017, tentang kompetensi profesi.

Pongilatan, Dame, Lempas. (2022). Pengaruh Lingkungan Belajar dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMP Negeri 8 Satu Atap Tondano

Purwanto Ngalim. (1990). Belajar berhubungan dengan perubahan perilaku. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Purwanto. (2016). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Perpustakaan Mahasiswa.

Rostodio 2009. Kompetensi guru. Tersedia dalam http://rastodio.com/pendidi kan/pemahaman-kompetensi-guru. (Diakses 11 April 2023).

Rumengan, Wuisang, Ranti. (2022). Pengaruh Kompetensi Guru dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X di SMKS Poopo.

Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Cv Alfabeta

Sugiyono, 2009, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung :Remaja Rosdakarya

Suprihatiningrum, Jamil. 2013. Strategi, Teori dan Aplikasi Pembelajaran. Yogyakarta: AR-RUZZ Media.

Suprihatiningrum, Jamil. 2013. Strategi Pembelajaran, Teori &; Aplikasi. Jogyakarta: ArRuzz Media.

Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Rosdakarya

Suyanto dan Asep Djihad, Bagaimana Menjadi Calon Guru dan Guru Profesional, Cet. II; Yogyakarta: Multi Pressindo, 2013.

Suyanto dan Asep Jihad, 2013, Menjadi Guru Profesional, Jakarta: Erlangga Group

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005, tentang Kompetensi Kepribadian

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005, tentang Kompetensi Sosial

Sandiaga Uno, Hamzah B. (2007). Model pembelajaran menciptakan proses belajar mengajar yang kreatif dan efektif. Jakarta: Bumi Aksara

Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Indonesia

Additional Files

Published

2023-06-28

How to Cite

Laloan, C., Dame, J. M., & Bakahosu, A. (2023). ANALISIS FAKTOR KOMPETENSI GURU TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI DI SMA NEGERI 1 AIRMADIDI. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(1), 44-52. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i1.7065

Issue

Section

Articles