PENGARUH MOTIVASI BELAJAR SISWA DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA N 1 MODOINDING
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i1.7067Keywords:
Motivasi Belajar, Minat Belajar, Hasil BelajarAbstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah pengaruh motivasi belajar siswa dan minat belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di sma n 1 modoinding. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan di SMA N 1 Modoinding tahun ajaran 2020/2021 kurang optimalnya minat belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi yang telah dicapai siswa. Hal ini ditunjukkan dengan adanya siswa yang nilainya kurang dari kriteria ketuntasan minimal (KKM) dari keseluruhan SMA Negeri 1 Modoinding, Kriteria Ketuntasan Minimum yang ditetapkan sekolah yaitu 75% khususnya pada mata pelajaran Ekonomi. Tapi dalam kenyataan yang ada nilai pada mata pelajaran ekonomi, tidak mencapai KKM yang ditentukan. Berdasarkan hasil perhitungan regresi ganda menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan Motivasi Belajar dan Minat Belajar secara bersama-sama terhadap hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Modoinding.
Hasil analisis diperoleh harga koefisien korelasi rxly sebesar 0,768, koefisien korelasi tersebut bernilai positif maka terdapat pengaruh positif variabel motivasi belajar dan minat belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar. Koefisien determinasi r2xly sebesar 0,589 atau 58% yang berarti bahwa motivasi belajar dan minat belajar mampu menjelaskan 58% perubahan hasil belajar
Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh harga koefisien variabel Motivasi Belajar sebesar 0,321, harga koefisien Minat Belajar 0,535 serta bilangan konstanta sebesar 33,310 sehingga model regresi ganda yang terbentuk adalah Y = = 33.31 + 0.32 x1 + 0.53 x2. Persamaan tersebut menunjukkan bahwa nilai koefisien variabel X1 sebesar 0,321 yang berarti apabila Motivasi Belajar meningkat satu point maka Hasil Belajar akan meningkat sebesar 0,321 dengan asumsi Minat Belajar tetap. Nilai koefisien variabel X2 sebesar 0,535 yang berarti apabila Minat Belajar meningkat satu point maka hasil belajar akan meningkat sebesar 0,535 dengan asumsi Minat Belajar tetap. Jadi dapat disimpulkan bahwa Motivasi Belajar dan Minat Belajar secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Modoinding.
Abstract
This study aims to find out how the influence of learning motivation and students' learning interest on the economics learning outcomes of students at SMA N 1 Modoinding. Based on observations made at SMA N 1 Modoinding for the 2020/2021 academic year, students' interest in studying economics is not optimal. This is indicated by the presence of students whose scores are less than the Minimum Completeness Criteria (KKM) for all of SMA Negeri 1 Modoinding, the KKM set by the school is 75%, especially in Economics subjects. But in reality those who have economics subject scores do not reach the specified KKM. Based on the results of multiple regression calculations, it shows that there is a positive and significant influence between Learning Motivation and Learning Interest together on Student Learning Outcomes at SMA Negeri 1 Modoinding.
Kata Kunci: Motivasi Belajar, Minat Belajar, Hasil Belajar
The results of the analysis obtained the price of the rxly correlation coefficient of 0.768, the correlation coefficient is positive, so that there is a positive influence on learning motivation and interest in learning together on learning outcomes. The coefficient of determination r2xly is 0.589 or 58%, meaning that learning motivation and interest in learning can explain 58% of changes in learning outcomes
Based on the calculation results, the coefficient price for the variable Learning Motivation is 0.321, the coefficient price for Learning Interest is 0.535 and the constant number is 33.310 so that the multiple regression model formed is Y = = 33.31 + 0.32 x1 + 0.53 x2. This equation shows the coefficient value of the X1 variable of 0.321, which means that if learning motivation increases by one point, learning outcomes will increase by 0.321 assuming constant interest in learning. The coefficient value of the variable X2 is 0.535, which means that if interest in learning increases by one point, learning outcomes will increase by 0.535 assuming that interest in learning remains. So it can be concluded that learning motivation and interest in learning together have a positive and significant effect on student learning outcomes at SMA Negeri 1 Modoinding.
References
Abin Syamsudin Makmun, (2009). Psikologi Kependidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Ahmadi (2009: 148), Minat Belajar dan hasil Belajar: (Jakarta: Raja Grafindo Persada: 2018)
A.M Sardiman. 2009. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rajawali Pers.
Engkoswara dan Aan Komariah, 2010, Administrasi Pendidikan, Bandung: Penerbit Alfabeta
Arief S. Sadiman, dkk. 2009. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Press.
Crow&crow (dalam Irwan , 2018: 121) Psikologi Belajar, Bandung: Penerbit Alfabeta.
Iwan Kandori, Allen Manongko 2021 vol.2 no. 1 2021, Pengaruh kondisi sosial ekonomi keluarga dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa kelas xi ips Sma Negeri 2 Manado
Sumadi Surya Subrata, Psikologi Pendidikan (Jakarta: Raja Grafindo Persada: 2015)
Slameto (2019:180, Minat Belajar dan Motivasi, Jakarta: PT. Bumi Aksara
Purwanto, Ngalim. (2006). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Skinner (dalam Walgito, . (2019). Psikologi Belajar dan Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara
A.M Sardiman. 2009. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rajawali Pers.
Engkoswara dan Aan Komariah, 2010, Administrasi Pendidikan, Bandung: Penerbit Alfabeta.
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Rivaldo Manese, Johny Taroreh, Iwan Kandori
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.