ANALISIS LITERASI KEWIRAUSAHAAN BAGI PELAKU UMKM DI KECAMAAN TONDANO BARAT KABUPATEN MINAHASA
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i1.7072Keywords:
Entrepreneurial Literacy, Micro Small, Medium EnterprisesAbstract
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kesadaran mahasiswa untuk berwirausaha. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis Literasi Kewirausahaan Bagi Pelaku UMKM Di Kecamatan Tondano Barat Kabupaten Minahasa. Dalam penelitian ini, data primer dan sekunder, wawancara semi struktur serta observasi digunakan sebagai metode pengumpulan data. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil Penelitian ini adalah kurangnya minat pelaku usaha Usaha Mikro Kecil Menengah dalam melaksanakan program literasi kewirausahaan karena terlahang factor usia dan kurangnya keinginan untuk mempelajari hal-hal baru lewat program literasi kewiraushaan ini. Dengan demikian beberapa pelaku usaha sering mendapat kendala dalam menjalankan usaha mereka, karena mereka tidak mau mempelajari hal baru untuk mendapatkan keuntungan usaha yang lebih dari sebelumnya.
Kata Kunci: Literacy Kewirausahaan, Usaha Mikro Kecil Menengah
ANALYSIS OF ENTREPRENEURSHIP LITERACY FOR MSMEs IN TONDANO BARAT DISTRICT, MINAHASA DISTRICT
Abstrack
This research is motivated by the lack of awareness of students for entrepreneurship. The purpose of this study is to analyze Entrepreneurial Literacy for MSME Actors in Tondano Barat District, Minahasa Regency. In this study, primary and secondary data, semi-structured interviews and observations were used as data collection methods. The data analysis method used is descriptive qualitative analysis. The results of this study are the lack of interest of MSME entrepreneurs in implementing the entrepreneurial literacy program due to the age factor and the lack of desire to learn new things through this entrepreneurial literacy program. Thus, some business actors often face obstacles in running their businesses, because they do not want to learn new things in order to gain more business profits than before.
Key Kode: Entrepreneurial Literacy, Micro Small and Medium Enterprises
References
Alalwan, AA, Rana, NP, Dwivedi, YK, & Algharabat, R. (2017). Social media in marketing: A review and analysis of the existing literature. Telematics and Informatics, 34(7), 1177–1190.
Amarul, A., & Hatta, A. (2018). Model Arisan Modal Usaha Dalam Mendukung Keberlanjutan Pengusaha Kecil Di Pasar Unit Ii Kabupaten Tulang Bawang Lampung. Jurnal Organisasi dan Manajemen, 14(2), 171-181.
Anwar, A. (2019). Pengaruh Literasi Kewirausahaan Dan Efikasi Diri Terhadap Intensi Berwirausaha Siswa Di Smk Negeri 1 Soppeng (Doctoral Dissertation, Universitas Negeri Makasar).
Astuti, D. P. (2018). Strategi Pemasaran dalam Menarik Minat Konsumen ditinjau Dari Etika Bisnis Islam (Studi Kasus pada Pedagang Bakso dan Mie Ayam di Desa Sidodadi Sekampung Lampung Timur) (Doctoral dissertation, IAIN Metro).
Basco, R. 2010. Tipo de orientación familiar y prácticas de dirección y gobierno. Un estudio aplicado a las empresas familiares españolas. Revista Europea de Dirección y Economía de la Empresa, 19(2): 129-144.
Cantillon R., 1755, Essai Sur la nature de la Commerce en General (Edited by H.Higgins- 1931), Mcmillan, London
Depositario D. P. T., Aquino N. A., & Feliciano K.C. 2011. Entrepreneurial Skill Development Needs Of Potential Agri-Based Technopreneurs. ISSAAS, 17(1): 106-120.
Fajrina, D. N. (2015). Analisis penerapan bisnis berbasis syari’ah pada wirausaha muslim (study pada wirausaha muslim di Perumahan Kaliwungu Indah- Kendal) (Doctoral dissertation, UIN Walisongo).
Franita, R. (2016). Analisa pengangguran di indonesia. Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 1, 88-93.
Devonalita Agusli dan Yohanes Sondang Kunto. Analisa Pengaruh Dimensi Ekuitas Merek Terhadap Minat Beli Konsumen Midtown Hotel Surabaya. Dalam CENDIKIA, (Surabaya: Universitas Kristen Petra), Vol. 1, No. 2, (2013), h. 3.
Hasan, Muhammad. 2018. Pembinaan Ekonomi Kreatif dalam Perspektif Pendidikan Ekonomi. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan (JEKPEND) Volume 1, No. 1 Januari 2018 p-ISSN: 2614-2139; eISSN: 2614-1973.
Hasan, M. (2018). Pendidikan Ekonomi Informal: Bagaimana Pendidikan Ekonomi Membentuk Pengetahuan Pada Bisnis Keluarga?. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan Vol, 1(2).
Hendrawan, J. S., & Sirine, H. (2017). Pengaruh Sikap Mandiri, Motivasi, Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha (Studi Kasus pada Mahasiswa FEB UKSW Konsentrasi Kewirausahaan). Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship, 2(03), 291-314.
Hindle, K. (2007). Teaching entrepreneurship at university: From the wrong building to the right philosophy. In P. Greene and M. Rice (Eds.), Entrepreneurship Education. Cheltenham UK, Edward Elgar Publishing: 135-158.
Kuhn, K., Galloway, T., & Collins-Williams, M. (2016). Near, far, and online: Small business owners' advice-seeking from peers. Journal of Small Business and Enterprise Development, 23(1), 189–206. https://doi.org/10.1108/jsbed-03-2015-0037.
Low, R. & MacMillan, I. (1988). Entrepreneurship: Past research and future challenges. Journal of Management, 14(2),39-6l.
Magfirah, M. (2019). Analisis Pendidikan Dan Pelatihan Kewirausahaan Dalam Perspektif Keterampilan Abad 21 (Studi Kasus: Dinas Koperasi Dan Ukm Sulawesi Selatan) (Doctoral Dissertation, Universitas Negeri Makassar).
Iwan Kandori, Jantje Tawas Artika Roleh, Vol. 1 No. 1 (2020): Juni ,PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DAN MODEL E-LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DI KELAS XII ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK KRISTEN SINGKANAUNG TANAH PUTIH
Luis Ruusen, Niny Makaliwe, Johny Taroreh, Vol. 2 No. 1 (2021): Juni, PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN LINGKUNGAN MASYARAKAT TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN SISWA SMK N 1 TUMPAAN
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Elisa Karunia Ranteallo, Jerry R. H. Wuisang, Devyano V. F. Ranti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.