PENGARUH DISIPLIN DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ADMINISTRASI PERKANTORAN KELAS XI DI SMKS POOPO

Authors

  • Jerry Wuisang Universitas Negeri Manado
  • Iwan Kandori Universitas Negeri Manado
  • Ariva Maramis Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i1.7073

Keywords:

Discipline, Family Environment, Student Interests

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Disiplin Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Administrasi Perkantoran Kelas XI Di SMKS Poopo. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI A dan XI B yang berjumlah 50 siswa dan sampel penelitian berjumlah 44 siswa. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah Teknik kuisioner (angket). Teknik analisis dalam penelitian ini adalah dengan metode analisis regresi liner sederhana, analisis korelasi sederhana dan analisis korelasi berganda dengan menggunakan uji T dan uji F. Berdasarkan hasil dalam penelitian ini juga diperoleh persamaan regresi Y =23,093 + 0,342 X1 + 0,346 X2. Dapat diartikan bahwa, besarnya minat belajar siswa sebesar 23,093 dilihat dari nilai konstan. Disiplin akan meningkatkan minat belajar siswa sebesar 0,342 dengan asumsi variabel konstan, sedangkan lingkungan keluarga akan meningkatkan minat belajar siswa sebesar 0,346 dengan variabel konstan.

Kata Kunci : Disiplin, Lingkungan Keluarga,  Minat Belajar Siswa

 

 

ABSTRACT

This study aims to determine the effect of discipline and family environment on student interest in office administration subjects for class XI at Smks Poopo. The population in this study were students of class XI A and XI B, which amounted to 50 people and the research sample was 44 students. The technique used in data collection is a questionnaire technique (questionnaire). The analysis technique in this study is the method of simple linear regression analysis, simple correlation analysis and multiple correlation analysis using the T test and F test. Based on the results in this study also obtained the regression equation Y = 23.093 + 0.342 X1 + 0.346 X2. It can be interpreted that the amount of student interest in learning is 23,093 seen from the constant value. Discipline will increase students' interest in learning by 0.342 assuming constant variables, while the family environment will increase student interest in learning by 0.346 with constant variables.

Keywords: Discipline, Family Environment, Student Interests

References

Au dan Kawakami (Arikunto, 1990:120), Melakukan penelitian dengan judul Pengaruh Disiplin Dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi.

Dalyono. 2001. Psikologi Pendidikan. Jakarta : RinekaCipta. Hasbullah. 2012. Dasar– Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Istiwasi’Aturohmi (2017), Melakukan penelitian dengan judul Pengaruh Lingkungan Pendidikan terhadap Minat belajar IPS siswa kelas X Ma Al-Maarif Singosari Malang.

Maknum Khairani, Psikologi belajar, (Yogyakarta : aswaja pressindo, 2014) hlm. 135

Ngalim. 2013.Psikologi Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung : Remaja Roskarya.

Nola Roza (2015), Melakukan penelitian dengan judul Pengaruh Lingkungan Pendidikan terhadap Minat belajar Bahasa Arab Siswa Kelas VIII MTsN Wonokromo, Bantul Yokyakarta Tahun ajaran 2014/2015

Oemar Hamalik. 2007. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara. Purwanto

Ria Damayanti. 2012. Pengaruh Minat dan Kondisi Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS SMP Negeri 31 Purworejo.

S Eko Putro Widoyoko. 2013. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta : PustakaPelajar.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta : Rineka Cipta. Sugiyono. 2010.Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatifdan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D). Bandung : Alfabeta. 2007. Statistika Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta..

Suharsimi Arikunto. 2010.Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta. Tim Penyusun Kamus Pembina. 1989 Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.

Suryabrata Sumadi. 1995. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo Persada. Universitas Muhammadiyah Purworejo 2014. Pedoman Penulisan Skripsi. Purworejo : Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Suryabrata Sumadi. 1995. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo Persada. Universitas Muhammadiyah Purworejo 2014. Pedoman Penulisan Skripsi. Purworejo : Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Syah Muhibin. 2008. Psikologi Pendidikan dengan Pendidikan Baru. Bandung : Remaja Rosda karya.

Tim Penyusun. Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2008. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Tri Minarni (2006), Melakukan penelitian dengan judul Pengaruh Disiplin Dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas VIII Semester I SMP Negeri 11 Semarang Tahun Ajaran 2004/2005.

UMP. 2012. Pedoman Penulisan Skripsi UMP. Purworejo : Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Widoyoko, S.Eko Putro, 2012. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Additional Files

Published

2023-06-28

How to Cite

Wuisang, J., Kandori, I., & Maramis, A. (2023). PENGARUH DISIPLIN DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ADMINISTRASI PERKANTORAN KELAS XI DI SMKS POOPO. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(1), 13-24. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i1.7073

Issue

Section

Articles