IMPLEMENTASI PROGRAM KAMPUS MENGAJAR DI SEKOLAH SD NEGERI KECIL LALUMPE TULAUN
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i1.7078Keywords:
Implementasi, Teaching Campus ProgramAbstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi program kampus mengajar di sekolah SD Negeri Kecil Lalumpe Tulaun. Adapun tujuan diadakannya Kampus Mengajar Angkatan 3 tahun 2022 yaitu, Menyukseskan program kampus merdeka yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Memberikan kontribusi nyata bagi kemajuan pendidikan nasional, Memberikan wadah pengabdian bagi mahasiswa untuk menerapkan berbagai kajian, kreativitas, dan inovasi kepada sekolah SDN Kecil Lalumpe Tulaun. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekolah SD Negeri Kecil Lalumpe Tulaun yang berada di kecamatan kombi sudah cukup baik meskipun di sekolah tersebut masih ada fasilitas yang kurang lengkap serta ruang kelas yang masih terbatas, sehingga harus menggunakan model kelas rangkap.
Kata kunci : Implementasi, Program Kampus Mengajar
ABSTRACT
This study aims to determine the implementation of the campus teaching program at SD Negeri Kecil Lalumpe Tulaun. The purpose of holding the Teaching Campus Batch 3 in 2022 is to succeed in the independent campus program organized by the Ministry of Education, Culture, Research and Technology, to make a real contribution to the advancement of national education, to provide a place of service for students to apply various studies, creativity and innovation. to the Lalumpe Tulaun Small Elementary School. This study used qualitative research methods. Data collection techniques are carried out by means of observation, interviews, and documentation. The results showed that the SD Negeri Kecil Lalumpe Tulaun school in the Kombi sub-district was quite good even though the school still had incomplete facilities and limited classrooms, so it had to use a multi-class model.
Keywords: Implementation, Teaching Campus Program
References
Abram, A. A. E. P., Tulusan, F. M. ., & Londa, V. Y. (2018). Implementasi Program Kartu
Indonesia Pintar di SMK Negeri 1 Kaidipang Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. 5–24.
Anwar, Rosyida Nurul. "Pelaksanaan kampus mengajar angkatan 1 program merdeka belajar kampus merdeka di sekolah dasar." Jurnal pendidikan dan kewirausahaan 9.1 (2021): 210-219.
Fatonah, Khusnul, Alfian Alfian, and Sri Lestari. "Implementasi program kampus mengajar di sekolah dasar swasta Nurani Jakarta." JS (Jurnal Sekolah) 5.4 (2021): 194-205.
Nurhasanah, A.D.,&Nopianti, H.(2021). Peran mahasiswa program kampus mengajar dalam meningkatkan kompetensi SDN 48 bengkulu tengah. SNPKM : seminar nasional pengabdian kepada masyarakat, 3, 116-173.
Rosida, M. A., Afifuddin, A., & Anadza, H. (2021). Model Kesesuaian Implementasi Program JUT Dan Japro dalam Peningkatan Sektor Pertanian di Kota Batu. Jurnal Respon Publik, 15(2), 40–47.
Sudaryanto, S., Widayati, W., & Amalia, R. (2020). Konsep MerdekaBelajarKampus Merdeka dan Aplikasinya dalam Pendidikan Bahasa (dan Sastra) Indonesia. Kode: Jurnal Bahasa, 9(2), 78–93.
Iwan Kandori,Sjedie Watung and Ray Mambu. "PENGARUH LITERASI EKONOMI DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP EEFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SISWA JURUSAN AKUNTANSI KEUANGAN DAN LEMBAGA SMK NEGERI 2 TONDANO." Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi 3.1 (2022): 118-124.
Widiyono, A., Irfana, S., & Firdausia, K. (2021). Implementasi Merdeka Belajar melalui Kampus Mengajar Perintis di Sekolah Dasar. Metodik Didaktik : Jurnal Pendidikan KeSD-An, 16(2), 102–107.
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Julia Sinoritha1 Sjeddie R. Watung2 Herman P. Dolonseda3
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.