IMPLEMENTASI PROGRAM KAMPUS MENGAJAR DI SEKOLAH SD NEGERI KECIL LALUMPE TULAUN

Authors

  • Sjedie Watung Universitas Negeri Manado
  • Herman Dolonseda Universitas Negeri Manado
  • Julia Sinoritha Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i1.7078

Keywords:

Implementasi, Teaching Campus Program

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi program kampus mengajar di sekolah SD Negeri Kecil Lalumpe Tulaun. Adapun tujuan diadakannya Kampus Mengajar Angkatan 3 tahun 2022 yaitu, Menyukseskan program kampus merdeka yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan   Teknologi, Memberikan kontribusi nyata bagi kemajuan pendidikan nasional, Memberikan wadah pengabdian bagi mahasiswa untuk menerapkan berbagai kajian, kreativitas, dan inovasi kepada sekolah SDN Kecil Lalumpe Tulaun. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekolah SD Negeri Kecil Lalumpe Tulaun yang berada di kecamatan kombi sudah cukup baik meskipun di sekolah tersebut masih ada fasilitas yang kurang lengkap serta ruang kelas yang masih terbatas, sehingga harus menggunakan model kelas rangkap.

Kata kunci : Implementasi, Program Kampus Mengajar

 

 

ABSTRACT

This study aims to determine the implementation of the campus teaching program at SD Negeri Kecil Lalumpe Tulaun. The purpose of holding the Teaching Campus Batch 3 in 2022 is to succeed in the independent campus program organized by the Ministry of Education, Culture, Research and Technology, to make a real contribution to the advancement of national education, to provide a place of service for students to apply various studies, creativity and innovation. to the Lalumpe Tulaun Small Elementary School. This study used qualitative research methods. Data collection techniques are carried out by means of observation, interviews, and documentation. The results showed that the SD Negeri Kecil Lalumpe Tulaun school in the Kombi sub-district was quite good even though the school still had incomplete facilities and limited classrooms, so it had to use a multi-class model.

Keywords: Implementation, Teaching Campus Program

References

Abram, A. A. E. P., Tulusan, F. M. ., & Londa, V. Y. (2018). Implementasi Program Kartu

Indonesia Pintar di SMK Negeri 1 Kaidipang Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. 5–24.

Anwar, Rosyida Nurul. "Pelaksanaan kampus mengajar angkatan 1 program merdeka belajar kampus merdeka di sekolah dasar." Jurnal pendidikan dan kewirausahaan 9.1 (2021): 210-219.

Fatonah, Khusnul, Alfian Alfian, and Sri Lestari. "Implementasi program kampus mengajar di sekolah dasar swasta Nurani Jakarta." JS (Jurnal Sekolah) 5.4 (2021): 194-205.

Nurhasanah, A.D.,&Nopianti, H.(2021). Peran mahasiswa program kampus mengajar dalam meningkatkan kompetensi SDN 48 bengkulu tengah. SNPKM : seminar nasional pengabdian kepada masyarakat, 3, 116-173.

Rosida, M. A., Afifuddin, A., & Anadza, H. (2021). Model Kesesuaian Implementasi Program JUT Dan Japro dalam Peningkatan Sektor Pertanian di Kota Batu. Jurnal Respon Publik, 15(2), 40–47.

Sudaryanto, S., Widayati, W., & Amalia, R. (2020). Konsep MerdekaBelajarKampus Merdeka dan Aplikasinya dalam Pendidikan Bahasa (dan Sastra) Indonesia. Kode: Jurnal Bahasa, 9(2), 78–93.

Iwan Kandori,Sjedie Watung and Ray Mambu. "PENGARUH LITERASI EKONOMI DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP EEFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SISWA JURUSAN AKUNTANSI KEUANGAN DAN LEMBAGA SMK NEGERI 2 TONDANO." Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi 3.1 (2022): 118-124.

Widiyono, A., Irfana, S., & Firdausia, K. (2021). Implementasi Merdeka Belajar melalui Kampus Mengajar Perintis di Sekolah Dasar. Metodik Didaktik : Jurnal Pendidikan KeSD-An, 16(2), 102–107.

Additional Files

Published

2023-06-28

How to Cite

Watung, S., Dolonseda, H., & Sinoritha, J. (2023). IMPLEMENTASI PROGRAM KAMPUS MENGAJAR DI SEKOLAH SD NEGERI KECIL LALUMPE TULAUN. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(1), 66-74. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i1.7078

Issue

Section

Articles