PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA KELAS XII SMK NEGERI 2 TONDANO
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i2.7401Keywords:
Pendidikan Kewirausahaan, Praktik Kerja Industri dan Minat BerwirausahaAbstract
PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA PADA SISWA KELAS XII SMK NEGERI 2 TONDANO
Gabryla Simanullang
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Manado, Indonesia
e-mail: 19303091@unima.ac.id
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak praktik kerja industri dan pendidikan kewirausahaan terhadap siswa kelas XII pada minat kewirausahaan Smk Negeri 2 Tondano. Populasi penelitian adalah 51, dan ukuran sampel adalah 45. Teknik penelitian kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan hubungan substansial dan menguntungkan antara variabel minat kewirausahaan dan praktik kerja industri (X2) dan pendidikan kewirausahaan (X1) (Y). Nilai Fcalculate yang diperoleh adalah 5,582, menunjukkan bahwa, pada tingkat signifikan 0,05 atau 5 persen, Fcalculate > Ftabel = 5,582 > 3,22. Persamaan regresi = Y 36,025 + 0,406 X1 + 0,043 X2 juga ditemukan dalam penyelidikan ini. Dapat disimpulkan bahwa besarnya kinerja 36.025 terlihat dari nilai konstan. Dalam hal variabel konstan, Praktik Kerja Industri akan menghasilkan peningkatan minat kewirausahaan sebesar 0,043 sementara Pendidikan Kewirausahaan akan meningkatkannya sebesar 0,406.
Kata kunci : Pendidikan Kewirausahaan, Praktik Kerja Industri dan Minat Berwirausaha
ABSTRACT
The purpose of this research is to ascertain the impact of industrial work practices and entrepreneurship education on class Xii pupils at Smk Negeri 2 Tondano's entrepreneurial interest. The study's population was 51, and the sample size was 45. Quantitative research techniques. The findings revealed a substantial and favorable relationship between the variables of entrepreneurial interest and industrial work practices (X2) and education in entrepreneurship (X1) (Y). The Fcalculate value obtained is 5.582, indicating that, at a significant level of 0.05 or 5 percent, Fcalculate > Ftabel = 5.582 > 3.22. The regression equation = Y 36.025 + 0.406 X1 + 0.043 X2 was also discovered in this investigation. It may be inferred that the 36,025 performance magnitude is apparent from the constant value. In the case of constant variables, Industrial Work Practices will result in an increase in entrepreneurial interest of 0.043 while Entrepreneurship Education would boost it by 0.406.
Keywords: Entrepreneurship Education, Industrial Work Practices and Entrepreneurial Interest
References
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta 2002
Alma, B., (2013). Kewirausahaan untuk Mahasiswa dan Umum, Alfabeta, Bandung.
Budiati, Y., Yani, TE, Universari, N., (2012). Minat Mahasiswa Menjadi Wirausahawan (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Semarang). Jurnal Dinamika Sosbud Vol 14 No 1 Juni 2012 Halm 89-101
Bukhari Alma, 2013. kewirausahaan, cetakan ke-19. Bandung: Alfabet
Dalyono (2010). : Pengaruh lingkungan sosial
Dita putry cahya ni : Mengenai Penelitian Sebelumnya tentang Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Praktik Kerja Industri dan Lingkungan Sosial Terhadap Niat Berwirausaha
Djamarah, SB 2011. Psikologi Pembelajaran, Cetakan 3, Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Hamalik 2007: 99. : tentang indikator praktek kerja industri
Hasbullah (2013). : Lingkungan sosial adalah pendidikan utama.
Koentjaranigrat (Basrowi, 2014): menjelaskan lingkungan masyarakat
Maulidan et al (2007): Penelitian sebelumnya. Pengaruh pendidikan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha
Mustofa Santoso (2014): Pengertian Minat Berwirausaha Norman M. Scarborough dan Thomas W. Zimmerer: (1993:5): Tentang Pendidikan Kewirausahaan
Rochayati (2008): Terdapat pengaruh antara praktik kerja industri dengan minat berwirausaha.
RUS diana, H, A. 2014. Teori dan Praktek Kewirausahaan, Cetakan 1 di Bandung: Pustaka Setia.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabet 2010.
Wedayanti, NPAA, & Giantari, IGAK 2016. Peran
Wibowo, Agus. 2011. Pendidikan Kewirausahaan cetakan pertama. Yogyakarta: Belajar perpustakaan
Widayati dan Amirullah (2002): penjelasan tentang kerangka pemikiran
Winkel, WS 2004. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Grasindo.
https://akhmadsudrajat.wordpress.com/2011/06/29/konseptual-kewirausahaan-dan-dinding-kewirausahaan/
https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/download/28333/12423/#:~:text=Indicator%20jiwa%20berwirausaha%20menurut%20Suryana, risk%20%20full % 20per%20hitungan.
https://lonsuit.unismuhluwuk.ac.id/index.php/emor/article/view/606
http://jurnal.unimus.ac.id/index.php/psn12012010/article/view/528/577
https://lonsuit.unismuhluwuk.ac.id/index.php/emor/article/view/606
https://m.liputan6.com/hot/read/4399689/juang-prakerin-pengertian-untung-dan-landasan-pelaksanaannya
https://www.psikologihore.com.cdn.ampproject.org/v/s/www.psikologihore.com/self-efficacy-efficacy-
KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia): Pengertian Kewirausahaan
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Gabryla Simanullang; Allen Manongko, Iwan Kandori
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.