PENGARUH MOTIVASI KELUARGA DAN EFIKASI DIRI TERHADAP MINAT MENJADI GURU EKONOMI PADA SISWA DI SMA NEGERI 2 TONDANO
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i2.7521Keywords:
Family Motivation, Self-Effec, Interest in Becoming a TeacherAbstract
Abstrak.
Penelitian ini berusaha menjawab pertanyaan, "Bagaimana tingkat self-efficacy siswa, serta jumlah dukungan yang mereka dapatkan dari keluarga mereka, mempengaruhi keputusan mereka untuk mengejar karir sebagai guru ekonomi?" Sebuah survei digunakan sebagai metodologi untuk penyelidikan ini. Kecamatan Tondano Selatan Kabupaten Minahasa menjadi lokasi pelaksanaan penelitian. Sampel penelitian ini berasal dari SMA Negeri 2 Tondano, dan terdiri dari tiga puluh murid. Untuk mengumpulkan informasi, kuesioner dikirim ke responden. Analisis regresi linier berganda adalah apa yang digunakan saat melihat data. Menurut hasil, baik motivasi keluarga dan self-efficacy berdampak pada minat dalam mengajar ekonomi, dan kedua sifat mempengaruhi minat mengajar dengan cara yang saling melengkapi. Selain itu, efikasi diri dan motivasi keluarga keduanya mempengaruhi minat mengajar secara umum.
Kata kunci: Motivasi Keluarga, Efeksi diri, minat menjadi guru
Abstract
This research seeks to answer the question, "How does a student's level of self-efficacy, as well as the amount of support they get from their family, affect their decision to pursue a career as an economics teacher?" A survey was employed as the methodology for this investigation. The South Tondano sub-district of the Minahasa Regency was the location where the study was carried out. The sample for this research came from SMA Negeri 2 Tondano, and it consisted of thirty pupils. In order to gather information, questionnaires are sent out to respondents. Multiple linear regression analysis is what is used while looking at the data. According to the results, both family motivation and self-efficacy impacted interest in teaching economics, and both traits affected interest in teaching in a complementary way. Furthermore, self-efficacy and family motivation both affected interest in teaching in general.
Keywords: Family Motivation, Self-Effec, Interest in Becoming a Teacher
References
Alifia, A., & Hardini, H. T. (2022). Pengaruh Pembelajaran Microteaching, Praktik Lapangan Persekolahan, dan Efikasi Diri Terhadap Minat Menjadi Guru SMK Akuntansi. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1182–1192. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.2075
Fikriyah, L. (2021). Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Efikasi Diri Terhadap Minat Menjadi Guru pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Malang. [Universitas Islam Malang, Fakultas Agama Islam]. http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2794
Hidayah, S., Nurul, R., & Wulandari, A. (2022). Pengaruh Persepsi Profesi Guru dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Mahasiswa Menjadi Guru Dengan Self Efficacy Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Pajar (Pendidikan Dan Pengajaran), 6, 992–1004. https://pajar.ejournal.unri.ac.id/index.php/PJR/article/view/8815/pdf
Kandori, I., Ekonomi, F., & Negeri, U. (n.d.). Implementasi motivasi dan kepemimpinan terhadap kinerja pegawai di kantor sekertariat daerah kabupaten minahasa.
Lintong, Y., Yance, T., & Sri, P. S. (2022). PENGARUH KONDISI SOSIAL EKONOMI DAN LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 1 AMURANG. LITERACY JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI, 962(3), 1–9. https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/jpe-unima/article/view/5597/2676
Marzuki, A., Armereo, C., Septianti, D., & Seto, A. A. (2020). Pengaruh Kompensasi, Motivasi Dan Lingkungan Terhadap Minat Menjadi Guru Pada Lulusan Sma Di Kota Palembang. E-Mabis: Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 21(2), 127–136. https://doi.org/10.29103/e-mabis.v21i2.484
Muhammad, M. (2017). Pengaruh Motivasi Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(2), 87. https://doi.org/10.22373/lj.v4i2.1881
Nasution, E. (2019). Problematika pendidikan di Indonesia. Jurnal Fakultas Ushuluddin Dan Dakwah IAIN Ambon |2, 3, 1–10.
Rinaldi, R. R. (2018). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) terhadap Hasil belajar Biologi Siswa Pada Materi Pokok Sel di Kelas XI SMA. Jurnal Education and Development, 5(2), 24–27. http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/427
Sari, R., & Rusdarti, R. (2020). Pengaruh Motivasi Dan Lingkungan Keluarga Melalui Self Efficacy Terhadap Minat Menjadi Guru. Business and Accounting Education Journal, 1(2), 135–146. https://doi.org/10.15294/baej.v1i2.41020
Siswanti, S. P., Tawas, Y., & Lintong, Y. (2022). Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi dan Lingkungan Sosial terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Amurang. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(2), 63-69.
Supit, M., Pongoh, S., & Dame, J. (2020). Pengaruh Status Sosial Eonomi, Pendapatan Orang Tuan, dan Motivasi Berprestasi Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan. Jurnal Mirai Management, 5(1), 64–75.
Wahyuni, D., & Setiyani, R. (2017). Pengaruh Persepsi Profesi Guru, LingkunganKeluarga, Efikasi Diri Terhadap Minat Menjadi Guru. Economic Education Analysis Journal, 6(3), 669-683.
Widiansyah, A. (2017). Peran ekonomi dalam pendidikan dan pendidikan dalam pembangunan ekonomi. Cakrawala-Jurnal Humaniora, 17(2), 207–215.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Vinta Grace; Yance Tawas, Niny Makaliwe
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.