PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 KAWANGKOAN

Authors

  • Iksan Eko Prasetyo Universitas Negeri Manado
  • Jhony Taroreh Universitas Negeri Manado
  • Arie Kawulur Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i2.7582

Keywords:

Pengaruh Fasilitas Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana fasilitas belajar dan motivasi belajar mempengaruhi hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kawangkoan. Untuk memastikan bagaimana fasilitas belajar di SMA Negeri 1 Kawangkoan mempengaruhi hasil belajar siswa Kelas XI, untuk memastikan bagaimana Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kawangkoan dipengaruhi oleh Motivasi Belajar. Pendekatannya kuantitatif. Temuan penelitian menunjukkan bahwa fasilitas belajar memiliki dampak yang sedikit signifikan terhadap hasil belajar siswa. Contoh itu, jika daya cipta fasilitas belajar meningkat, siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kawangkoan akan lebih termotivasi. Kedua, motivasi belajar memiliki dampak yang sedikit signifikan terhadap hasil belajar siswa. Contoh itu, jika pentingnya motivasi belajar meningkat, murid-murid Kelas XI SMA Negeri 1 Kawangkoan akan lebih termotivasi. Ketiga, interaksi antara fasilitas belajar dan motivasi belajar berdampak besar terhadap hasil belajar siswa. Artinya, Capaian Pembelajaran siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kawangkoan akan meningkat jika Fasilitas Belajar dan Motivasi Belajar keduanya meningkat.

 

Kata kunci : Pengaruh Fasilitas Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa

This study's goal is to ascertain how learning facilities and learning motivation affect class XI students at SMA Negeri 1 Kawangkoan's learning outcomes. In order to ascertain how the learning facilities at SMA Negeri 1 Kawangkoan affect the learning outcomes of Class XI students, to ascertain how Class XI students at SMA Negeri 1 Kawangkoan's Learning Outcomes are impacted by Learning Motivation. The approach is a quantitative one. The study's findings show that learning facilities have a marginally significant impact on students' learning outcomes. That example, if the learning facilities' inventiveness improves, Class XI students at SMA Negeri 1 Kawangkoan will be more motivated. Second, learning motivation has a marginally significant impact on students' learning results. That example, if the importance of learning motivation rises, Class XI pupils at SMA Negeri 1 Kawangkoan will be more motivated. Third, the interaction between learning facilities and learning motivation has a substantial impact on students' learning outcomes. That is, the Learning Outcomes for Class XI pupils at SMA Negeri 1 Kawangkoan will improve if Learning Facilities and Learning Motivation both improve.

 

 

Keywords: The Effect of Learning Facilities and Learning Motivation on Student Learning Outcomes

 

References

AM Sardimsn. 1986. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta:

Radjawali.

Arif Rahman. (2009). Pengertian Pendidikan & Ilmu Pendidikan. Yogyakarta:

Laksbang Mediatama.

Arikunto, Suharsimi. (1987). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. New York: Bumi

Script., Analisis Butir, Fakultas Psikologi UGM, 1979.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Bank Dunia, Bappenas, dan Bank

_______, diakses darihttp://disdikklungkung.net/content/view/73/46/

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2013). Draf Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Mulyasa, E. (2002). Kurikulum Berbasis Kompetensi, Konsep Karakteristik, dan

Penerapan.Bandung: Pemuda Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2012). Uji Kompetensi Guru dan Penilaian Kinerja. Bandung:

Pemuda Rosdakarya. Pengertian Penelitian Kualitatif, Alfabeta, Bandung, 2005.

Maslow, A. (1970). Motivasi dan Kepribadian. New York: Harper dan Row

penerbitan.

Masrun, Reliabilitas dan Metode Penentuannya, UGM, 1979.

Suharsimi, Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Pendekatan Praktek.

Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono, Metode Penelitian Administrasi, Alfabeta, Bandung, 2017.

Sugiyono, Metode Penelitian Administrasi, Alfabeta, Bandung, 2004.

Sukardi. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Aksara Bumi

Teknik Analisis Regresi dan Korelasi, (Bandung, Tarsito, 1992).

Liang Gie. (1995). Cara belajar efisien jilid II. Yogyakarta: Kemerdekaan

Downloads

Published

2023-12-28

How to Cite

Prasetyo, I. E. ., Taroreh, J. ., & Kawulur, A. . (2023). PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 KAWANGKOAN. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(2), 270-278. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i2.7582

Issue

Section

Articles