ANALISIS PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMK NEGERI 1 MOTOLING
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpeunima.v6i1.7894Keywords:
Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Model Pembelajaran Discovery , Kemampuan Kognitif Siswa , Mata Pelajaran Ekonomi Dan BisnisAbstract
Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui Perbandingan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dan Model Pembelajaran Discovery Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Dan Bisnis Di Kelas XI SMK IPS SMA Negeri 1 Motoling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah 249 Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI Ekonomi 1 30 dan kelas X Ekonomi 3 30. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan tes. Berdasarkan hasil peneitian bahwa bila t hitung lebih kecil atau sama dengan t table maka Ho diterima, sebaliknya bila t hitung lebih besar dari t table maka Ha yang diterima. Dalam penelitian ini diketahui t hitung sebesar 2.061 dan Dengan dk= n1-n2-2= 30+30-2= 58, dengan dk 58 dan taraf kesalahan sebesar 0.05 dengan begitu t tabel sebesar 1.990. dengan demikan Ha di terima dan Ho ditolak. Kesimpulannya terdapat perbedaaan kemampuan kognitif siswa yang menggunakan Problem Based Learning dan Model Pembelajaran Discovery pada kelas XI EKO di SMA Negeri 1 Motoling.
The purpose of this study is to determine the Comparison of Problem Based Learning (PBL) Learning Model and Discovery Learning Model on Students' Cognitive Abilities in Economics and Business Subjects in Class XI SMK IPS SMA Negeri 1 Motoling. The method used in this study uses the experimental method research type. The population in this study was 249. The sample of this study consisted of two classes, namely class XI Economics 1 30 and class X Economics 3 30. The data collection method used documentation and tests. Based on the results of the study, if the calculated t is smaller or equal to the t table, Ho is accepted, conversely if the calculated t is greater than the t table, Ha is accepted. In this study, it is known that the calculated t is 2,061 and With dk = n1-n2-2 = 30 + 30-2 = 58, with dk 58 and an error rate of 0.05, so the t table is 1,990. thus Ha is accepted and Ho is rejected. In conclusion, there are differences in the cognitive abilities of students who use Problem Based Learning and Discovery Learning Models in class XI EKO at SMA Negeri 1 Motoling.
References
Arifin, Z. (2012). EVALUASI PEMBELAJARAN. BANTEN: Direktorat Jendral Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.
Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Asrul, Ananda, R., & Rosnita. (2014). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Citapustaka Media.
Badar Al-Tabany, T. (2017). Mendesain model pembelajaran inovatif, progresif dan kontekstual. Jakarta: Kencana.
Boud & Felleti (1998). The Challenge of Problem-Based Learning. Kogan Page.
Sydney,Australia.
Danim, S., & Khairil, H. (2013). PROFESI KEPENDIDIKAN. Bandung: ALFABETA.
Doni Juni Priansa, Pengembangan Strategi & Model Pembelajaran, (Bandung : CV Pustaka Setia,2017),h.258-259
Husdarta dan Nurlan , Pertumbuhan dan Perkembangan Peserta Didik, (Bandung: Alfabeta, 2010), hal. 169.
Kandori, I. (2025). Comparative Study of Problem-Based and Project-Based Learning on Economic Learning Outcomes in Classes XA and XB at State High School 2 Tondano. Tadbir : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 9(1), 165–182. https://doi.org/10.29240/jsmp.v9i1.13155
Purwanto. 2014. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Riyanto, Y. (2011). Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: SIC.
Suprijono, A. (2010). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Penerbit CV. Alfabeta: Bandung.
Sastrawati, Eka. (2011). “Problem Based Learning, Strategi Metakognisi, dan Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi Siswa”.Teno-Pedagogi, Vol. 1 No. 2, pp.
Sugiyono, 2009, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&B, Bandung : Alfabeta 1-14.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Sara Timporok, Shelti Sumual, Sjedie Watung

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.