PENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS PADA KOMPETENSI DASAR MEMAHAMI AKTIVITAS MEMENUHI KEBUTUHAN MANUSIA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PESERTA DIDIK KELAS VII-A SEMESTER GANJIL UPT SMP NEGERI 1 NUHA TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Authors

  • Asisah Mas PPG Universitas Negeri Manado
  • Jerry Wuisang PPG Universitas Negeri Manado
  • Noula Korengkeng PPG Universitas Negeri Manado
  • Gilly Tiwow UNIVERSITAS NEGERI MANADO

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i2s.8097

Keywords:

Ilmu pengetahuan Sosial, Materi Aktivitas memenuhi kebutuhan manusia, Model Problem Based Learning

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pengajaran berbasis masalah dapat meningkatkan prestasi belajar IPS pada kompetensi dasar memahami Aktivitas memenuhi kebutuhan manusia pada peserta didik kelas VII-A semester ganjil di UPT SMP Negeri  1 Nuha kecamatan Nuha Kabupaten Luwu Timur tahun pembelajaran 2023 dengan jumlah peserta didik 20 yang terdiri dari 13 peserta didik putri dan 7  putra.

Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK ini dilakukan dengan 3 putaran yang meliputi 4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik analisis data dalam dalam penelitian ini adalah diskriptif kualitatif dengan hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai tertinggi meningkat dari siklus 1 ke siklus 2 yaitu dari 87 menjadi 93, nilai terendah dari 50 pada siklus 1 menjadi 67 pada siklus 2. Demikian juga rata-rata mengalami peningkatan yaitu 6,18 pada siklus 1 menjadi 75,18 pada siklus 2. Untuk prosentase belajar juga mengalami peningkatan dari 69% pada siklus 1 menjadi 75% pada siklus 2.

Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pengajaran berbasis Problem Based Learning dapat meningkatkan prestasi belajar IPS pada kompetensi dasar memahami Aktivitas memenihi kebutuhan manusia, peserta didik kelas VII-A semester ganjil di UPT SMP Negeri  1 Nuha kecamatan Nuha Kabupaten Luwu timur tahun pembelajaran 2022/2023.

Kata kunci : IPS, Materi Aktivitas memenuhi kebutuhan manusia, Model Problem Based Learning

References

LLismaya. 2019. Model Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning. Jakarta: Gramedia

ES Suyati, AZ Rozikin 2021. Belajar dan Pembelajaran. repository.penerbitwidina.com.

Syaiful bahari Djamarah dan Azwan Zain, 2020:121 Media dalam Pembelajaran, Penelitian Selama 60 Tahun. Jakarta: Rajawali.

Ibrahim dan Nur. 2000. Model-model Pembelajaran Mutakhir Perpaduan Indonesia-Malaysia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Rizki, M.dkk. (2022). Psikologi Pendidikan. Sukoharjo: Pradina Pustaka.

Magdalena, I. (2021). Psikologi Pendidikan dalam Perspektif Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Sukabumi: CV. Jejak.

Uyun, M. & Warsah, I. (2021). Psikologi Pendidikan. Sleman: Deepublish.

Sutopo. 2020. Metode Penelitian Kualitatif. Surakarta: Sebelas Maret University Press

Dr. Hamzah B. Uno, M.Pd.2016. Orientasi Baru Dalam Psikologi pembelajaran Jakarta. B A. 01.39.1257.PT.Bumi Aksara Prof. Dr. Oemar Hamalik. Proses Belajar mengajar. Jakarta. B.A.01.39.0921.

Additional Files

Published

2025-10-23

How to Cite

Mas, A. ., Wuisang, J., Korengkeng, N., & Tiwow, G. (2025). PENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS PADA KOMPETENSI DASAR MEMAHAMI AKTIVITAS MEMENUHI KEBUTUHAN MANUSIA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PESERTA DIDIK KELAS VII-A SEMESTER GANJIL UPT SMP NEGERI 1 NUHA TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(2s), 1–11. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i2s.8097