PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI PESERTA DIDIK KELAS XI IPS 4 SMA NEGERI 1 RAJA AMPAT TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Authors

  • Andi Rohani.docx PPG Universitas Negeri Manado
  • Agnes Rooroh PPG Universitas Negeri Manado
  • Amelda Sakul PPG Universitas Negeri Manado
  • Henry J. Tamboto UNIVERSITAS NEGERI MANADO

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i2s.8117

Keywords:

Problem Based Learning, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar peserta didik kelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Raja Ampat tahun ajaran 2022/2023 melalui pembelajaran model Problem Based Learning.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Analisis data pada penelitian ini berpedoman pada analisis Statistik Deskriptif dengan Persentase. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes tertulis, angket, dan observasi. Motivasi peserta didik dilihat dengan menggunakan observasi dan angket.

Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar peserta didik dari siklus I ke siklus II pada kuesioner motivasi belajar peserta didik sebesar 8,86% pada kategori tinggi dan sangat tinggi. Sedangkan peningkatan prestasi belajar ditandai dengan bertambahnya peserta didik yang nilainya mencapai kriteria ketuntasan minimal secara keseluruhan. Pada siklus I sebesar 64,5% atau sebanyak 20 peserta didik mencapai kriteria ketuntasan minimal. Pada siklus II terjadi peningkatan peserta didik yang mencapai nilai ketuntasan minimal sebesar 77,14 % atau sebanyak 24 peserta didik. Jadi dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Ekonomi Peserta didik Kelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Raja Ampat Tahun Ajaran 2022/2023.

Kata Kunci : Problem Based Learning, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar.

 

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar peserta didik kelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Raja Ampat tahun ajaran 2022/2023 melalui pembelajaran model Problem Based Learning.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Analisis data pada penelitian ini berpedoman pada analisis Statistik Deskriptif dengan Persentase. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes tertulis, angket, dan observasi. Motivasi peserta didik dilihat dengan menggunakan observasi dan angket.

Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar peserta didik dari siklus I ke siklus II pada kuesioner motivasi belajar peserta didik sebesar 8,86% pada kategori tinggi dan sangat tinggi. Sedangkan peningkatan prestasi belajar ditandai dengan bertambahnya peserta didik yang nilainya mencapai kriteria ketuntasan minimal secara keseluruhan. Pada siklus I sebesar 64,5% atau sebanyak 20 peserta didik mencapai kriteria ketuntasan minimal. Pada siklus II terjadi peningkatan peserta didik yang mencapai nilai ketuntasan minimal sebesar 77,14 % atau sebanyak 24 peserta didik. Jadi dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Ekonomi Peserta didik Kelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Raja Ampat Tahun Ajaran 2022/2023.

Kata Kunci : Problem Based Learning, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar.

 

References

Admin, (2002). Projek DIE – like UI 2002 tentang Problem Based Learning.

Diakses melalui https://scele.ui.ac.id. Pada tanggal 23 November 2023. Admin, (2003). UU No. 20 tahun 2003 tentang. System Pendidikan Nasional.

Diakses melalui https://kemenag.go.id. Pada tanggal 23 November 2023.

Admin, (2015). Rakornas Pendidikan dan Pembelajaran Sepanjang Hayat Untuk Semua tentang Education for All Development Index (EDI). Diakses melalui www.kemenkopmk.go.id. Pada tanggal 23 November 2023.

Amir, M. (2009). Inovasi Pendidikan melalui Problem Based Learning. Jakarta: Perdana Media Group.

Akbar, Sa’dun. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsini. (2003). PRosedur Penelitian Suatu Praktik. Jakarta: Bina Aksara.

Cahyo, A, N. (2013). Panduan Aplikasi Teori-teori Belajar Mengaja. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Hamalik, Oemar. (2003). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara. Hamdayana, Jumanta. (2014). Model dan Metode Pmbelajaran Kreatif. Jakarta:Ghalia Indonesia.

Hamdu dan Agustina. (2011). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi. Jakarta: Bina Aksara.

Hamzah B. Uno. (2008). Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis Dibidang PEndidikan.Jakarta: Bumi Aksara.

Jauhar, M. (2011). Implementasi Paikem dari Behaviouristik sampai Kontrivistik Sebuah Pengembangan Pembelajaran Berbasis CTL (Contextual Teaching & Learning. Jakarta: Prestasi Pustakarya.

Lestari, Nyoman Sri. Pengaruh model pembelajran berbasis masalah (Problem Based Learning) dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar fisika bagi siswa IPA disekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan kelas VII SMP. http://119.252.161.254/ejournal/index.php/jurnal_tp/article/view/297/91. Hal 15.

Marno, dan M. Idris. (2010). Strategi dan Metode Pengajaran. Jogjakarta: Ar- ruzz Media Group.

Muhson, Ali. Peningkatan Minat Belajara dan Oemahaman Mahaiswa Melalui Penerapan Problem Based Learning. https://journal.uny.ac.id/index.php/jk.article/view/203/116. Hal 174 sd 175.

Nasution. (2000). Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Dan Mengajar.

Jakarta: Bumi Aksara.

Ngalim Purwanto. (2007). Psikologi Pendidikan Rmaja. Bandung: Rosdakarya. Rosidah, Ratna. (2014). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) pada

Pembelajaran Hukum- Hukum Dasar Kimia Ditinjau dari Aktifitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas X IPA SMA Negeri 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. http://www.jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia/article/vie/4244/2988. Hal 15.

Sadia I wayan. (2007). Pengembangan Kemampuan Berpikir Formal Siswa SMA Melalui Penerapan Model Pembelajaran “Problem Based Learning†Dan “Cycle Learning†Dalam Pembelajaran

Sardiman. (2001). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Slavin, Robert E. (2009). Cooperative Learning (Teori, Riset, Praktik). Bandung: Nusa Media.

Siregar, E. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia. Suparno, Paul. (2010). Filsafat Konstuktivisme Dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R$D. Bandung: Alfabeta.

Suryabrata, Sumadi. (2005). Pengembangan Alat Ukur Psikologis. Yogyakarta : Andi.

Skujur, B Solikhin. Pengaruh Based Learning terhadap motivasi belajar dan hasil belajr siswa tingkat smk.

Additional Files

Published

2025-10-23

How to Cite

Rohani.docx, A., Rooroh, A., Sakul, A., & Tamboto, H. J. (2025). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI PESERTA DIDIK KELAS XI IPS 4 SMA NEGERI 1 RAJA AMPAT TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(2s), 85–97. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i2s.8117