UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI MATERI EKONOMI KREATIF DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DI KELAS IX B SMP NEGERI 23 HALMAHERA UTARA

Authors

  • Wilson Wekes Wekes PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Jerry Wuisang PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • cleimen Gerungan PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Jetty D. Lempas UNIVERSITAS NEGERI MANADO

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i1s.8175

Keywords:

Project Based Learning, Student Learning Outcomes

Abstract

 

ABSTRAK

Model pembelajaran merupakan salah satu sarana untuk meningkatkan hasil belajar yang dapat dilakukan oleh guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IX B SMP Negeri 23 Kabupaten Halmahera Utara Tahun Pelajaran 2022/2023 menggunakan model pembelajaran Project Based Learning. Subjek penelitian adalah peserta didik yang berjumlah 28 orang, sumber data penelitian diperoleh dari data kualitatif berupa data hasil observasi aktivitas guru dan peserta didik serta data kuantitatif berupa data tes hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian siklus I diperoleh peserta didik yang tuntas secara individu sebanyak 23 orang, dengan ketuntasan klasikal sebesar 85%. Sedangkan hasil penelitian II mengalami peningkatan ketuntasan secara individu sebanyak 28 orang  dengan presentasi ketuntasan 100%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, pembelajaran menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IX B SMP Negeri 23 Kabupaten Halmahera Utara.

Kata Kunci: Project Based Learning, Hasil Belajar Peserta didik

 

ABSTRACT

The learning model is one means of improving learning outcomes that can be carried out by teachers. The aim of this research is to improve the learning outcomes of class IX B students at SMP Negeri 23 North Halmahera Regency for the 2022/2023 academic year using the Project Based Learning learning model. The research subjects were 28 students, the research data sources were obtained from qualitative data in the form of data from observations of teacher and student activities as well as quantitative data in the form of test data on student learning outcomes. The results of the first cycle of research obtained that 23 students completed individually, with classical completion of 85%. Meanwhile, the results of research II showed an increase in individual completion by 28 people with a completeness presentation of 100%. Based on the results of this research, learning using the Project Based Learning learning model can improve the learning outcomes of class IX B students at SMP Negeri 23 North Halmahera Regency.

Keywords: Project Based Learning, Student Learning Outcomes

References

Kautsar Eka Wardhana, Pengaruh Kematangan Anak Usia Dini Terhadap Hasil 2022

Uninsi

Sele, Y., & Dewi, N. P. Y. A. (2022). Profil Keterampilan Komunikasi Lisan Calon Guru Dalam Perkuliahan Berbasis Screencast O Matic. DWIJA 2022.

Tyastini, Murty Ayu, Rochmiyati &. Sugiman. (2019). Pengaruh. Model. Project Based.

Ais Shoimin. 68. Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta-Ar-Ruzz Media. 2014 Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta:

Penerbit Gava Media

Kusnandar. 2011. Langkah-langkah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta : PT Pers.

Pramono, J. 2016. Belajar dan Pembelajaran. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat: Universitas Slamet Riyadi

Sutoyo. 2003. Kompetensi Guru Profesional. Surakarta: UNISRI.

Helmiati. 2016. Model Pembelajaran.Yogyakarta: Aswaja Pressindo. Ibrahim. 2017. Perpaduan Model Pembelajaran Aktif Konvensional (Ceramah) Dengan Problem Based Learning

Additional Files

Published

2025-10-23

How to Cite

Wekes, W. W., Wuisang, J., Gerungan, cleimen, & Lempas, J. D. (2025). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI MATERI EKONOMI KREATIF DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DI KELAS IX B SMP NEGERI 23 HALMAHERA UTARA. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(1s), 243–254. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i1s.8175