PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY DAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI DI SMA N 1 MOTOLING.

Authors

  • Natalia Brigita Lumenta Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Manado
  • Niny Makaliwe Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Manado
  • Wilson Bogar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i2.8411

Keywords:

Inquiry, Problem Based Learning, Learning Outcomes

Abstract

 

ABSTRAK

Model Pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran merupakan salasatu faktor penentu keberhasilan hasil capai belajar siswa,. Penggunaan secara tepat sasaran akan meningkatkan semangat siswa untuk memberikan perhatian pada materi yang diajarkan. Seperti diketahui sebagian besar siswasamapai saat ini terbanyak masih memperoleh pembelajaran model konfensional.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah  pengaruh model pembelajaran inquiry dan problem based learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas xi di sma n 1 motoling dalam proses pembelajaran yang diterapkan.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen faktorial 2x2 yakni penelitian komparasi dengan desain factorial. Metode eksperimen dalam penelitan ini menggunakan jenis desain penelitian dengan metode pretest-posttest control design.

Disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran inquiry dan model problem based learning mampu meningkatkan hasil belajar siswa di SMA N 1 Motoling. Namun dari hasil percobaan di atas juga menunjukkan bahwa metode pembelajaran Problem based learning lebih unggul dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata Kunci :  Inquiry, Problem Based Learning, Hasil Belajar

 

 

ABSTRACT

The learning model used in the learning process is one of the factors determining the success of student learning outcomes. Using it in a targeted manner will increase students' enthusiasm to pay attention to the material being taught. As is known, the majority of students up to now still receive conventional learning models.

This research aims to find out how the inquiry learning model and problem based learning influence student learning outcomes in class 1 economics at SMA N 1 Motoling in the applied learning process.

The method used in this research is the 2x2 factorial experimental method, namely comparative research with a factorial design. The experimental method in this research uses a type of research design with a pretest-posttest control design method.

It was concluded that using the inquiry learning model and problem based learning model was able to improve student learning outcomes at SMA N 1 Motoling. However, the experimental results above also show that the problem based learning method is superior in improving student learning outcomes.

Keywords: Inquiry, Problem Based Learning, Learning Outcomes

References

Abidin Yunus. (2014). Model –Model Pembelajaran.

Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Amir, M. Taufiq. (2009). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian. Rineka Cipta: Jakarta

Dirmiati. Dan Mudjiono. 2009. Belajar Dan Pembelajaran, Jakarta : Rineka Cipta

https://www.google.com/search?q=jurnal+Penerapan+Pembelajaran+Inquiry+Based+Learning+Untuk+Meningkatkan+Hasil+Belajar+Bahasa+Inggris&oq=jurnal+Penerapan+Pembelajaran +Inquiry+Based+Learning+Untuk+Meningkatkan+Hasil+Belajar+Bahasa+Inggris.

HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR DAN MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 1 MELONGUANEAlin Sasauw, Joubert Dame, Devyano Ranti

Ismail. (2002). Model –Model Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Jumanta Hamdayana, Metodologi Pengajaran ( Jakarta : PT Bumi Aksara, 2016), h.132-136

Margono.(2010). Metodelogi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta Undangundang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang SistemPendidikan Nasional. Kemendikbud: Jakarta

Ni Ketut Merta, “Penerapan Pembelajaran Inquiry Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris,” Journal For Lesson and Learning Studies 2, no. 2 (2019): 229,

Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Dalam Rangka Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 1 TondanoJoeyvandi Sondakh

Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Inquiry Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 16 Yensawai Kabupaten Raja Ampat Ense Mina Rumfaker

Putra. (2013). Model –Model Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

( Robbins, Stephen P:2007, http://id.wikipedia.org/wiki/Pembelajaran )

Rahayu. (2012). Pengembangan pembelajaran IPAterpadu dengan menggunakan model pembelajaran problem base melalui lessonStudy .http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpii/article/download/2014/02:25.[23November 2014].

Rubi, A, P. (2012). Penerapan model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) untuk meningkatkan presasi belajar siswa pada mata diklat praktik dasar instalasi listrik (PDIL) di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakatra. Skripsi. Yogyakarta: UniversitasNegeri Yogyakarta.

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru) Edisi Kedua.

Sanjaya Wina. (2010). Model –Model Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Downloads

Published

2023-12-28

How to Cite

Lumenta, N. B. ., Makaliwe, N., & Bogar, W. (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY DAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI DI SMA N 1 MOTOLING. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(2), 306-314. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i2.8411

Issue

Section

Articles