PENERAPAN LITERACY KEWIRAUSAHAAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BERWIRAUSAHA DI SMAN 1 TONDANO
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i2.8415Keywords:
PKM, Edukasi, Literacy KewirausahaanAbstract
ABSTRAKProgram kemitraan masyarakat bertujuan untuk a. membentuk/mengembangkan sekelompok masyarakat yang mandiri secara ekonomi; b. membantu menciptakan ketentraman, dan kenyamanan dalam kehidupan bermasyarakat; dan c. meningkatkan keterampilan berpikir, membaca dan menulis atau keterampilan lain yang dibutuhkan (softskill dan hardskill).
Sebagaimana era revolusi industri 4.0 saat ini, telah mendorong terjadinya disrupsi di berbagai bidang yang memberikan tantangan dan peluang, termasuk dunia pendidikan. Saat ini kita mengalami dua disrupsi yang luar biasa yaitu bidang teknologi karena revolusi industri 4.0 dan gaya hidup yang mendorong setiap individu berusaha berinovasi menghasilkan sesuatu produk inovatif yang dapat memuaskan akan kebutuhan masyarakat pada umumnya. karena adanya perubahan generasi yang menyebabkan perubahan gaya hidup. Kedua perubahan tersebut akan memberikan dampak pada dunia pendidikan dan dunia kerja. Dalam menterjemah kebutuhan dengan keterampilan-keterampilan di atas, pembelajaran di abad 21 ini harus memaksimalkan peran pengajar, dengan memiliki kompetensi dan kemampuan dalam menerapkan pembelajaran mengenai berwirausaha yang tentunya diperlukan Literacy kewirausahaan dalam memahami apa itu berwirausaha atau kewirausahaan secara menyeluruh.
Tujuan dari program ini, adalah untuk memberikan Literacy bagi Guru-guru SMAN 1 Tondano terkait pembelajaran berbasis kewirausahaan, dan luaran dari program ini dihasilkan buku monograf dan Publikasi mengenai pembelajaran Literacy Kewirausahaan.
Sebagai solusi dalam pelaksanaan program kemitraan masyarakat ini adalah menghasilkan Modul pembelajaran berbasis Literacy Kewirausahaan. Dengan bentuk kegiatan adalah pelatihan dan pendampingan dalam menyusun dan mengedukasi guru-guru mengenai Literacy Kewirausahaan dalam menghadapi Era Distrupsi saat ini.
Kata Kunci : PKM; Edukasi Literacy Kewirausahaan
ABSTRACT
The community partnership program aims to a. forming/developing a group of people who are economically independent; b. help create peace and comfort in social life; and c. improve thinking, reading and writing skills or other required skills (soft skills and hard skills).
As in the current era of industrial revolution 4.0, it has encouraged disruption in various fields that provide challenges and opportunities, including the world of education. Currently we are experiencing two extraordinary disruptions, namely the technological sector due to the industrial revolution 4.0 and the lifestyle which encourages every individual to try to innovate to produce innovative products that can satisfy the needs of society in general. due to generational changes that cause changes in lifestyle. These two changes will have an impact on the world of education and the world of work. In translating needs with the skills above, learning in the 21st century must maximize the role of teachers, by having the competence and ability to apply learning about entrepreneurship which of course requires entrepreneurial literacy in understanding what entrepreneurship or entrepreneurship is as a whole.
The aim of this program is to provide Literacy for SMAN 1 Tondano teachers related to entrepreneurship-based learning, and the output of this program is to produce monograph books and publications regarding Entrepreneurship Literacy learning.
The solution for implementing this community partnership program is to produce an Entrepreneurship Literacy-based learning module. The form of activity is training and assistance in preparing and educating teachers regarding Entrepreneurial Literacy in facing the current Era of Disruption.
Keywords: PKM; Entrepreneurship Literacy Education
References
BPS Kab. Minahasa Sulawei Utara
Azhar Arsyad. (2009). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Djemari Mardapi. (2008). Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Non Tes. Jogjakarta: Mitra
Cendikia Press.
Eveline Siregar dan Hartini Nara. (2011). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Neni Uswatun Khasanah. (2014). Pengaruh Metode Mengajar dan Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Yogyakarta. Skripsi: FE UNY.
Oemar Hamalik. (2010). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Ridwan Abdullah Sani. (2014). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Riska Nur Fadila. (2013). Pengaruh Metode Mengajar Guru dan Penggunaan
Hasan, M. (2018). Pendidikan Ekonomi Informal: Bagaimana Pendidikan Ekonomi Membentuk Pengetahuan Pada Bisnis Keluarga?. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan Vol, 1(2).
Hendrawan, J. S., & Sirine, H. (2017). Pengaruh Sikap Mandiri, Motivasi, Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha (Studi Kasus pada Mahasiswa FEB UKSW Konsentrasi Kewirausahaan). Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship, 2(03), 291-314.
Depositario D. P. T., Aquino N. A., & Feliciano K.C. 2011. Entrepreneurial Skill Development Needs Of Potential Agri-Based Technopreneurs. ISSAAS, 17(1): 106-120.
Anwar, A. (2019). Pengaruh Literasi Kewirausahaan Dan Efikasi Diri Terhadap Intensi Berwirausaha Siswa Di Smk Negeri 1 Soppeng (Doctoral Dissertation, Universitas Negeri Makasar).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Iwan Kandori
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.