PENGARUH KESIAPAN BELAJAR DAN PENGULANGAN MATERI PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMA N 2 TONDANO

Authors

  • Fanderley Marthin Marthin.docx Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Manado
  • Shelty D. Sumual UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Joubert Dame UNIVERSITAS NEGERI MANADO

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i2.8422

Keywords:

: Economics Subject Learning Outcomes, Learning Readiness, Repetition of Learning Material

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini di buat untuk membuktikan apakah ada pengaruh yang signifikan antara kesiapan belajar dan pengulangan materi pelajaran secara simultan dan parsial terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas Xl IPS  SMA Negeri 2 Tondano. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi linier sederhana dan berganda dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian yang diperoleh membuktikan bahwa t hitung yang diperoleh 8,856 > t tabel 2,002 artinya 8,856 > 2,002 dan besarnya nilai signifikansi variabel bebas (kesiapan belajar dan pengulangan materi pelajaran) pada uji t adalah 0,001 atau < 0,05. Kesiapan belajar dan pengulangan materi pelajaran adalah prinsip belajar yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Dengan kesiapan belajar yang baik dan diikuti dengan materi yang berulang setiap harinya akan menghasilkan hasil belajar yang baik. Sehingga semakin baik kesiapan belajar dan semakin sering siswa mengulang materi siswa pelajaran, maka semakin tinggi capaian pembelajaran yang dicapai..

Kata kunci: Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi, Kesiapan Belajar, Pengulangan Materi Pembelajaran

 

ABSTRACT.

This research was conducted to prove whether there is a significant influence between learning readiness and simultaneous and partial repetition of lesson material on the learning outcomes of economics subjects in class Xl IPS students at SMA Negeri 2 Tondano. The research method used is the survey method. Data collection techniques use questionnaires and documentation. The data analysis technique used is simple and multiple linear regression tests with the help of SPSS. The research results obtained prove that the t count obtained is 8.856 > t table 2.002, meaning 8.856 > 2.002 and the significance value of the independent variables (readiness to learn and repetition of lesson material) in the t test is 0.001 or < 0.05. Readiness to learn and repetition of lesson material are learning principles that can influence student learning outcomes. Having good study readiness and following it up with repeated material every day will produce good learning results. So the better the readiness to learn and the more often students repeat lesson material, the higher the learning outcomes achieved

Keywords: Economics Subject Learning Outcomes, Learning Readiness, Repetition of Learning Material

References

Yulius, Dkk, KKBI, (Surabaya:Usaha Nasional, 1984)

Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, (Jakarta: Rineka Cipta, 1995)

Muhibbin Syah, Psikologi Belajar, (Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1999)

Abu Ahmadi dan Widodo Supriyono, Psikolagi Belajar, (Yogyakarta: Hak cipta,1991)

Ngalim Purwanto, Psikologi Pendidikan, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000) Ngalim Purwanto, Psikologi Pendidikan, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000) Bimo Walgito, Pengantar Psikologi Umum, (Yogyakarta: ANDI, 2010)

Bimo Walgito, Pengantar Psikologi Umum, (Yogyakarta: ANDI, 2010)

Nana Sudjana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, (Jakarta: RemajaRosdakarya.1999)

Mulyono Abdurrahman, Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2003

Purwanto, Evaluasi Hasil Belajar, Yokyakarta: Pustaka Pelajar, 2010, cet 2,hal.

Nana Sudjana, Dasar-Dasar Poses Belajar Mengajar, Bandung : Sinar Baru Algensindo, 2011

Dimiati dan Mudjino, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta, 2002

Omar Hamalik, Metode Belajar dan Kesulitan-Kesulitan Belajar, Taristo, Bandung: 1990

Dimyati dan Mudjino, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta : Rineka Cipta, 2002,

Slameto, Belajar dan Faktor- Faktor yang Mempengaruhinya, Rineka Cipta,Jakarta:2010,

Nana Sudjana, Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar,Bandung :Sinar Baru Algensindo, 2011

Darsono (dkk), Belajar dan Pembelajaran,Semarang: IKIP Semarang Prees, 2000 Thabrani, Rahasia Sukses Belajar, Jakarta: PT.Raja Grapindo Persada, 1998

Downloads

Published

2023-12-28

How to Cite

Marthin.docx, F. M., Sumual, S. D. ., & Dame, J. (2023). PENGARUH KESIAPAN BELAJAR DAN PENGULANGAN MATERI PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMA N 2 TONDANO. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(2), 362-370. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i2.8422

Issue

Section

Articles