PENGARUH KESIAPAN BELAJAR DAN PENGULANGAN MATERI PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMA N 2 TONDANO
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i2.8422Keywords:
: Economics Subject Learning Outcomes, Learning Readiness, Repetition of Learning MaterialAbstract
ABSTRAK
Penelitian ini di buat untuk membuktikan apakah ada pengaruh yang signifikan antara kesiapan belajar dan pengulangan materi pelajaran secara simultan dan parsial terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas Xl IPS SMA Negeri 2 Tondano. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi linier sederhana dan berganda dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian yang diperoleh membuktikan bahwa t hitung yang diperoleh 8,856 > t tabel 2,002 artinya 8,856 > 2,002 dan besarnya nilai signifikansi variabel bebas (kesiapan belajar dan pengulangan materi pelajaran) pada uji t adalah 0,001 atau < 0,05. Kesiapan belajar dan pengulangan materi pelajaran adalah prinsip belajar yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Dengan kesiapan belajar yang baik dan diikuti dengan materi yang berulang setiap harinya akan menghasilkan hasil belajar yang baik. Sehingga semakin baik kesiapan belajar dan semakin sering siswa mengulang materi siswa pelajaran, maka semakin tinggi capaian pembelajaran yang dicapai..
Kata kunci: Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi, Kesiapan Belajar, Pengulangan Materi Pembelajaran
ABSTRACT.
This research was conducted to prove whether there is a significant influence between learning readiness and simultaneous and partial repetition of lesson material on the learning outcomes of economics subjects in class Xl IPS students at SMA Negeri 2 Tondano. The research method used is the survey method. Data collection techniques use questionnaires and documentation. The data analysis technique used is simple and multiple linear regression tests with the help of SPSS. The research results obtained prove that the t count obtained is 8.856 > t table 2.002, meaning 8.856 > 2.002 and the significance value of the independent variables (readiness to learn and repetition of lesson material) in the t test is 0.001 or < 0.05. Readiness to learn and repetition of lesson material are learning principles that can influence student learning outcomes. Having good study readiness and following it up with repeated material every day will produce good learning results. So the better the readiness to learn and the more often students repeat lesson material, the higher the learning outcomes achieved
Keywords: Economics Subject Learning Outcomes, Learning Readiness, Repetition of Learning Material
References
Yulius, Dkk, KKBI, (Surabaya:Usaha Nasional, 1984)
Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, (Jakarta: Rineka Cipta, 1995)
Muhibbin Syah, Psikologi Belajar, (Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1999)
Abu Ahmadi dan Widodo Supriyono, Psikolagi Belajar, (Yogyakarta: Hak cipta,1991)
Ngalim Purwanto, Psikologi Pendidikan, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000) Ngalim Purwanto, Psikologi Pendidikan, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000) Bimo Walgito, Pengantar Psikologi Umum, (Yogyakarta: ANDI, 2010)
Bimo Walgito, Pengantar Psikologi Umum, (Yogyakarta: ANDI, 2010)
Nana Sudjana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, (Jakarta: RemajaRosdakarya.1999)
Mulyono Abdurrahman, Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2003
Purwanto, Evaluasi Hasil Belajar, Yokyakarta: Pustaka Pelajar, 2010, cet 2,hal.
Nana Sudjana, Dasar-Dasar Poses Belajar Mengajar, Bandung : Sinar Baru Algensindo, 2011
Dimiati dan Mudjino, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta, 2002
Omar Hamalik, Metode Belajar dan Kesulitan-Kesulitan Belajar, Taristo, Bandung: 1990
Dimyati dan Mudjino, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta : Rineka Cipta, 2002,
Slameto, Belajar dan Faktor- Faktor yang Mempengaruhinya, Rineka Cipta,Jakarta:2010,
Nana Sudjana, Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar,Bandung :Sinar Baru Algensindo, 2011
Darsono (dkk), Belajar dan Pembelajaran,Semarang: IKIP Semarang Prees, 2000 Thabrani, Rahasia Sukses Belajar, Jakarta: PT.Raja Grapindo Persada, 1998
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Fanderley Marthin, Shelty D. Sumual, Joubert M. Dame
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.