PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS X PERKANTORAN DI SMK NEGERI 1 AMURANG
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i2.8424Keywords:
learning media, professional competencies, learning outcomesAbstract
ABSTRAK
Di kantor-kantor kelas X SMK Negeri 1 Amurang, penelitian ini berupaya untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran dan kemampuan pedagogik guru terhadap hasil belajar siswa. 38 murid membentuk populasi penelitian. 38 murid membuat sampel penelitian. Metode kuesioner adalah metode yang digunakan untuk mengumpulkan data (angket). Teknik penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian survei, yang merupakan semacam penelitian kuantitatif. Berdasarkan pengolahan dan analisis uji korelasi ganda antara keterampilan pedagogik (X2) dan media pembelajaran (X1) terhadap hasil belajar siswa (Y), hasilnya adalah r = 0,709, dengan koefisien determinasi r2 = 0,5026 atau 50%. Selain itu, signifikansi koefisien harus diverifikasi untuk melihat apakah dapat digeneralisasi atau tidak dengan menghitung f hitung temuan, yang dihitung menjadi 15,184 pada tingkat kepercayaan 95 persen ( = 0,05). Mendapat nilai f tabel = 3,259 tetapi ditemukan bahwa f hitung adalah 15,184 > F tabel.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Kompetensi Profesional , Dan Hasil Belajar
ABSTRACT
In class X offices at SMK Negeri 1 Amurang, this research seeks to ascertain the impact of instructional media and teachers' pedagogical proficiency on student learning results. 38 pupils made up the study's population. 38 pupils made up the study's sample. The questionnaire method is the method used to gather data (questionnaire). The research technique employed in this study was the survey research method, which is a sort of quantitative research. Based on the processing and analysis of the twofold correlation test between pedagogical skill (X2) and learning media (X1) on student learning outcomes (Y), the result was r = 0.709, with a coefficient of determination of r2 = 0.5026 or 50%. Additionally, the coefficient's significance must be verified to see whether it can be generalized or not by computing the f hitung of the findings, which was calculated to be 15.184 at the level of 95 percent confidence ( = 0.05). got a value of f tabel = 3.259 but found that f hitung was 15.184 > f tabel.
Keywords: learning media, professional competencies, and learning outcomes
References
A.Rodi. 2015. Pengaruh Kompetensi Guru dan Fasilitas Pembelajaran Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Agustina.M 2017. Pengaruh Kompetensi Guru, Motivasi Guru dan Lingkungan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMA Tunas Indonesia Bintaro. Bintaro: Universitas Negeri Pamulang
Arsyad, Azhar. (2011). Media pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Denim, Sudarwan. (2010). Kepemimpinan Pendidikan (Kepemimpinan Jenius IQ+EQ, Etika, Perilaku Motivasi, dan Mitos). Bandung : Alfabeta CV.
Indonesia, Humas (2006). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Anggreiny S. Pantow, Allen Ch. Manongko, Jetty Lempas,Anggreiny S. Pantow, Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Ekonomi Di Sma Negeri 1 Tompaso, Vol. 2 No. 1 (2021): Juni https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/jpe-unima/issue/view/75
Cheris Laloan, Joubert M. Dame, Angel Bakahosu, Analisis Faktor Kompetensi Guru Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Di Sma Negeri 1 Airmadidi. Vol. 4 No. 1 (2023): Juni ANALISIS FAKTOR KOMPETENSI GURU TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI DI SMA NEGERI 1 AIRMADIDI | Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi (unima.ac.id)
Jerry Wuisang, Devyano Ranti, Kevin Rumengan, Pengaruh Kompetensi Guru Dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa kelas X di SMKS POOPO. https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/jpe-unima/issue/view/309
Udin Syaefuddin Sa'ud dan Abin Syamsuddin Makmun, Perencanaan Pendidikan: Pendekatan Komprehensif (Cet.IV;Bandung: Rosda, 2009), hal.16 2 Republik Indonesia, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen pasal 1 paragraf 10
M. Ghola 2021. Pengaruh kompetensi pedagogik guru dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa di SMK Negeri 1 Banyuanyar.Malang: Universitas Kanjuruhan Malang
Prastiwi, H. (2008). Tingkat Kompetensi Profesi Guru di MAN Maguwoharjo Depok.
Eus Karnawati. Pengelolaan Kelas: Guru Profesional Inspiratif, Kreatif, Menyenangkan dan Berprestasi, h. 76
Popi Sopiatin, Pengelolaan Pembelajaran Berdasarkan Kepuasan Siswa (Bogor: Ghalia Indonesia, 2010), h. 67.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabet
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Indah Mamahit, Meike Mamentu, Iwan Kandori
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.