PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL DAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DISEKOLAH SMA NEGERI 1 TONDANO
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i2.8425Keywords:
Professional Competence, Personality competence, Student Learning OutcomesAbstract
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kepribadian dan kompetensi profesional guru mempengaruhi hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Tondano. Penelitian ini menggunakan teknik survei kuantitatif dengan ukuran sampel 30 siswa. Kuesioner, metode observasi, dan prosedur dokumentasi adalah metode yang digunakan dalam pengumpulan data. Teknik analisis regresi berganda dan analisis korelasi berganda digunakan untuk menguji temuan penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi profesional dan kepribadian terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Tondano. Metode penelitian ini adalah metode survey pendekatan kuantitatif dengan sampel 30 siswa. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah teknik kuisioner dan dokumentasi. Hasil penelitian dianalisis dengan metode analisis regresi linier ganda. Berdasarkan hasil penelitian diatas terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Kompetensi Profesional dan Kompetensi kepribadian Guru terhadap Hasil Belajar, dimana persamaan regresi berganda dalam penelitian ini menunjukkan nilai Koefisien regresi X1 sebesar 0,364 dan X2 sebesar 0,463 yang menyatakan bahwa setiap penambahan 1% Kompetensi Profesional dan Kompetensi Kepribadian Guru , maka nilai Hasil Belajar bertambah sebesar 0,033% dan 0,46,3%. Koefisien regresi tersebut bernilai positif, sehingga dapat dikatakan bahwa arah pengaruh variabel X1 dan X2 terhadap Y adalah positif. Sementara besarnya nilai R = 0.782. Hal ini menunjukkan bahwa hubungan variabel Kompetensi Profesional (X1), Kompetensi Kepribadian Guru (X2) secara bersama-sama dengan Hasil Belajar (Y) kuat dan positif.
Kata Kunci: Kompetensi Profesional, Kompetensi Kepribadian dan Hasil belajar siswa
ABSTRACT
The aim of this study is to determine how the personality and professional competence of teachers influence student learning outcomes at SMA Negeri 1 Tondano. This research employs a quantitative survey technique with a sample size of 30 students. Questionnaires, observation methods, and documentation procedures are the methods used for data collection. Multiple regression analysis and multiple correlation analysis are utilized to test the research findings. The purpose of this study is to understand the impact of professional competence and personality on student learning outcomes at SMA Negeri 1 Tondano. The research methodology used is a quantitative survey approach with a sample of 30 students. The data collection techniques employed are questionnaire and documentation methods. The research results are analyzed using the multiple linear regression analysis method. Based on the above research findings, there is a positive and significant influence between Professional Competence and Teacher Personality Competence on Learning Outcomes. The multiple regression equation in this study shows that the coefficient of X1 regression is 0.364 and X2 is 0.463, indicating that every 1% increase in Professional Competence and Teacher Personality Competence results in a 0.033% and 0.463% increase in Learning Outcomes, respectively. The regression coefficients are positive, indicating that the direction of influence of variables X1 and X2 on Y is positive. Meanwhile, the value of R = 0.782, indicating that the relationship between the variables Professional Competence (X1), Teacher Personality Competence (X2), and Learning Outcomes (Y) is strong and positive.
Keywords: Professional Competence,Personality competence and Student Learning Outcomes
References
, U.-UR (2005). Tentang Guru dan Dosen.
, U.-PBB (2003). Sistem Pendidikan Nasional.
Ahmad Sudrajat. (2007). Kompetensi Guru dan Peran Kepala Sekolah. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Anni, Catharina, T. et al. 2006. Psikologi Pembelajaran. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press.
Asmani, Kompetensi Guru yang Menyenangkan dan Profesional..., H. 118
Baharuddin, Psikologi Pendidikan: Refleksi Teoritis tentang Fenomena, (Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2007), H. 225
Mekar, Benyamin S. (2010). Kerangka Dasar Untuk Pembelajaran, Pengajaran,
Cece Wijaya dan A. Tabrani Rusyan. (1994). Keterampilan Dasar Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Pemuda Rosdakarya
Dalyono, M. (2009). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Darsono. 2001. Belajar dan Belajar. Semarang: Ikip Semarang Press.
Djam'an Satori, dkk, Materi Pokok Profesi Keguruan, (Tangerang Selatan: Universitas Terbuka, 2017), H.36
Djamarah, Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru, H. 132 Febrianti, M.S, N. Makaliwe (2022). Pengaruh Kompetensi Profesional dan Kompetensi Kepribadian Guru terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XII Akuntansi SMA Negeri 1 Amurang. Jurnal Pendidikan Ekonomi, http://ejournal.fekonunima.ac.id/index.php/JPE/article/view/2732
Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBM Spss. Semarang: Badan Penerbitan Universitas Diponegoro. hal 97
Hamalik, Umar. 2015. Pendidikan Guru Berbasis Pendekatan Kompetensi.
Jamal Ma'ruf Asmani, Kompetensi Guru yang Menyenangkan dan Profesional, (Jogjakarta: Power Books (Ihdina), 2009), H. 117
Kolly, M, A. Rooroh (2020). Pengaruh Kepribadian Guru dan Kompetensi Profesional terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Jurusan Administrasi Perkantoran di SMA Negeri 1Tondano.PendidikanAdministrasiPerkantoran, http://ejournal.fekonunima.ac.id/index.php/JPE/article/view/2116
M. Manulang, J. Dame (2022). Pengaruh Kepribadian Guru dan Kompetensi Profesional terhadap Motivasi Belajar Ekonomi Siswa di SMA N 1 Kawangkoan.http://ejournal.fekonunima.ac.id/index.php/JPE/article/view/3006.
Nasir, Drs. 2004. Peran Motivasi dan Kemampuan Awal Dalam Kegiatan Pembelajaran. Jakarta: Delilah Press
Nasution S. (1990:59). Definisi Pembelajaran. Bandung: Aksara Bumi
Ngalim Purwanto, Administrasi dan Pengawasan Pendidikan, (Bandung: Pemuda Rosdakarya, 2006), H. 76
Novauli, Kompetensi Guru Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar. Vol. 3. No. 7-8, (Januari 2017), hal.50
Purwanto, Psikologi Pendidikan..., H.161
P. Runtunuwu, A. Manongko, (2023) Pengaruh Kompetensi Profesional dan Pengalaman Mengajar Guru Terhadap Kemampuan Belajar Siswa SMP Nasional Karimbow. http://ejournal.fekonunima.ac.id/index.php/JPE/article/view/3197.
Raharjo, Sahid. (2014). Cara Melakukan Uji Linearitas dengan Program Spss.
Republik Indonesia. 2007. Permendiknas No.16 Tahun 2007 Tentang Standar. Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Jakarta: Sekretariat Negara. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Resyan, WD (1994). Kepribadian Guru.
Satori, dkk, Materi Pokok Profesi Guru..., H. 2.5
Sormin, “Kompetensi Guru dalam Melaksanakan dan Mengelola Proses Belajar Mengajar”, Vol. 4. No.5-6, (Desember 2017): Hal.120-121
Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabet.
Suharsimi Arikunto 2006. Prosedur Penelitian Pendekatan Praktek, Rineka Cipta. Jakarta
Suryosubroto. B, Proses Belajar Mengajar di Sekolah, (Jakarta: Rineka Cipta, 2009), H. 3
Wahyudi, “Standar Kompetensi Profesi Guru”, H.118
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ivone Nayoan, Niny Makaliwe, Gilly Tiwow
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.